Kembali

Edukasi

Perbedaan Flek Hamil dan Haid, Kenali dari Warna, Waktu, dan Gejalanya

Perbedaan Flek Hamil dan Haid, Kenali dari Warna, Waktu, dan Gejalanya


Perdarahan vagina merupakan salah satu hal yang umum dialami oleh wanita dan dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk kehamilan dan haid. Kedua kondisi ini bisa menimbulkan bercak darah atau flek, sehingga tidak jarang membuat wanita kesulitan menemukan perbedaan flek hamil dan haid.

Tentunya, flek hamil dan flek haid adalah dua hal yang berbeda. Flek haid adalah perdarahan yang terjadi secara teratur setiap bulan pada wanita yang tidak hamil dan disebabkan oleh perubahan hormon. 

Perubahan hormon ini dapat menyebabkan lapisan dinding rahim menebal dan kemudian mengelupas. Lapisan dinding rahim yang mengelupas ini kemudian keluar dari vagina dalam bentuk flek coklat.

Sementara itu, flek hamil adalah bercak darah yang keluar dari vagina pada awal kehamilan. Flek ini biasanya terjadi karena proses implantasi embrio ke dinding rahim. Proses implantasi ini dapat menyebabkan perdarahan ringan yang berwarna merah muda atau coklat muda.

Meskipun keduanya sama-sama berupa bercak darah yang keluar dari vagina, tapi ada beberapa perbedaan yang mencolok antara kedua hal tersebut. Perbedaan flek haid dan hamil dapat dilihat dari beberapa faktor, yaitu warna, waktu, durasi, volume, dan gejala yang menyertainya.

  • Warna

Perbedaan flek hamil dan haid yang bisa kamu perhatikan dengan mudah adalah dari warna darahnya. Flek hamil biasanya berwarna coklat atau coklat tua. Warna flek ini disebabkan oleh darah yang sudah lama dan menggumpal. 

Sementara itu, flek haid biasanya berwarna merah terang, merah tua, atau coklat muda karena darah yang keluar berasal dari lapisan rahim yang telah menebal dan luruh. 

  • Waktu kemunculan

Charm Girls juga bisa memperhatikan waktu muncul flek coklat sebelum haid sebagai perbedaan flek haid dan hamil. Flek hamil biasanya muncul sekitar 10-14 hari setelah pembuahan sel telur dan sperma. Hal ini disebabkan oleh implantasi embrio ke dinding rahim. Implantasi adalah proses menempelnya embrio ke dinding rahim. 

Sementara itu, flek haid biasanya muncul secara teratur setiap 21-35 hari. Hal ini disebabkan oleh siklus menstruasi yang dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron.

  • Durasi

Flek hamil biasanya berlangsung singkat, hanya beberapa jam atau paling lama 3 hari. Hal ini karena proses implantasi hanya berlangsung dalam waktu singkat. Tapi terkadang ada juga wanita yang mengalami flek hamil lalu berhenti, lalu pendarahan lagi.

Kalau flek haid biasanya berlangsung selama 3-7 hari. Hal ini karena siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari.

  • Konsistensi

Kamu juga bisa memperhatikan konsistensi atau tekstur dari darah yang muncul sebagai salah satu perbedaan flek hamil dan haid.

Flek hamil biasanya memiliki konsistensi encer. Sementara itu, flek haid biasanya memiliki konsistensi kental. Hal ini karena darah yang keluar telah bercampur dengan lendir serviks dan jaringan rahim yang luruh.

  • Volume

Volume alias jumlah darah yang keluar juga bisa jadi beda flek hamil dan haid. Flek hamil biasanya memiliki volume yang lebih sedikit dibandingkan flek haid. Flek hamil biasanya hanya berupa bercak darah yang kadang terlihat dan kadang tidak. 

Sementara itu, flek haid biasanya berawal seperti bercak lalu perlahan memiliki volume yang lebih banyak, bisa sampai menggumpal. Hal ini karena siklus menstruasi melibatkan pelepasan sel telur yang tidak dibuahi, serta lapisan rahim yang telah menebal.

Kalau flek haid yang Charm Girls alami cukup mengganggu, pastikan untuk menggunakan pantyliner yang mampu menjaga kenyamanan sepanjang hari. Seperti pantyliner Charm Pantyliner Long & Wide.

Dengan lapisan bersirkulasi udara, kamu enggak perlu khawatir merasa pengap dan lembab. Lapisan penyerapnya juga lebih panjang dan lebar, sesuai dengan kontur tubuh sehingga mencegah pantyliner bergeser. 

Charm Pantyliner Long & Wide juga mampu menyerap cairan hingga terasa bersih dan nyaman digunakan sepanjang hari. Tapi pastikan untuk mengganti pantyliner secara rutin setiap 3-4 jam sekali ya, agar kebersihan area sensitif kamu tetap terjaga!

  • Gejala lainnya

Perbedaan flek hamil dan haid lainnya adalah apakah kamu mengalami flek disertai gejala lainnya atau tidak.

Flek hamil bisa disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, kelelahan, dan perubahan mood. Charm Girls juga bisa memperhatikan gejala lain seperti naiknya suhu basal tubuh, payudara lebih sensitif, dan mood swing yang disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. 

Sedangkan kalau kamu mengalami flek haid, gejala-gejala yang dirasakan adalah gejala PMS biasanya, seperti kram perut. Tapi terkadang, gejala PMS tersebut juga belum kamu rasakan.

Flek hamil dan haid memiliki beberapa perbedaan yang dapat Charm Girls perhatikan, antara lain warna, waktu, durasi, gejala, dan penyebabnya. Dengan memahami beda flek hamil dan haid di atas, kamu dapat mengetahui apa penyebab muncul flek coklat sebelum haid? Apakah kamu sedang hamil atau menstruasi.

Kalau masih ragu dan sulit mengenali perbedaan flek hamil dan haid, sebaiknya Charm Girls memastikan dengan menggunakan alat tes kehamilan. Charm Girls juga bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih akurat lagi karena flek juga bisa disebabkan hal lain seperti kehamilan ektopik yang berbahaya, keguguran, hingga infeksi menular seksual (IMS).

perbedaan flek haid dan hamil
beda flek hamil dan haid
Komentar (0)
A

floating-icon