Kembali

Edukasi

Perlu Diketahui! Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid, Apa Saja Ya?

Perlu Diketahui! Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid, Apa Saja Ya?


Kondisi hamil maupun Premenstrual Syndrome (PMS) sama-sama melibatkan perubahan hormon pada tubuh wanita. Makanya ada banyak gejala yang sama untuk kedua kondisi tersebut, salah satunya adalah kemunculan jerawat. Terus, apakah ada perbedaan jerawat tanda hamil dan haid yang bisa kita perhatikan?

Meskipun sama-sama disebabkan oleh perubahan hormon, jerawat yang muncul saat PMS dan kehamilan ternyata memiliki beberapa perbedaan cukup signifikan sehingga masih bisa kamu bedakan satu sama lain, Charm Girls!

Jerawat Tanda PMS

PMS itu apa, sih? PMS adalah sindrom pramenstruasi yang terjadi sekitar 1-2 minggu sebelum menstruasi. Gejala PMS yang umum dialami perempuan adalah perubahan suasana hati, mudah lelah, kram perut, dan tentu saja jerawat.

Jerawat yang muncul saat PMS biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, khususnya hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini dapat meningkatkan produksi sebum, minyak alami yang diproduksi kulit. Peningkatan sebum ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Ciri-ciri jerawat haid biasanya muncul di area dagu, rahang, dan leher. Jerawat PMS ini biasanya berupa komedo putih atau komedo hitam, dan terkadang bisa menimbulkan rasa nyeri. Jerawat PMS biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah menstruasi selesai.

Jerawat Tanda Hamil

Jerawat tanda hamil juga disebabkan oleh perubahan hormon, namun pada kehamilan, perubahan hormon yang terjadi lebih kompleks. Selama kehamilan, tubuh memproduksi hormon-hormon seperti estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin (hCG). 

Peningkatan hormon-hormon ini juga dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu timbulnya jerawat. Jerawat tanda hamil biasanya muncul di trimester pertama dan kedua kehamilan dan biasanya berupa komedo putih, komedo hitam, dan papula (jerawat kecil yang meradang). 

Jerawat tanda hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah kadar hormon dalam tubuh kembali seimbang. Namun, pada beberapa perempuan, jerawat tanda hamil bisa bertahan hingga akhir kehamilan atau bahkan hingga beberapa bulan setelah melahirkan.

Begini Cara Membedakan Jerawat Tanda Hamil dan Haid

Meskipun memiliki beberapa kemiripan, jerawat tanda hamil dan haid dapat dibedakan dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Lokasi Kemunculan Jerawat

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid yang pertama bisa kamu perhatikan dari lokasi munculnya jerawat. Jerawat tanda hamil biasanya muncul di area wajah, terutama di daerah T-zone (dahi, hidung, dan dagu). 

Sedangkan jerawat PMS biasanya muncul di area dagu, rahang, dan leher. Selain jerawat besar, ada juga jerawat kecil yang muncul merata di seluruh wajah bahkan di bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada, dan bahu.

  • Bentuk Jerawat

Tekstur dari jerawat tanda hamil cenderung lebih keras karena disebabkan oleh produksi sebum saat hamil yang terlalu banyak membuat jerawat lebih mengeras. Jerawat juga akan terasa lebih sakit ketika disentuh dan kulit di sekitar jerawat 

Sementara ciri-ciri jerawat haid bentuknya lebih bervariasi bisa besar ataupun kecil, dengan tekstur yang keras dan lembut yang bergantung pada kondisi kulit Charm Girls sendiri. Warna jerawat haid juga biasanya lebih putih dan akan berubah jadi merah muda karena disertai peradangan di bawah permukaan kulit.

  • Waktu dan Durasi Kemunculan Jerawat

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid selanjutnya adalah waktu kemunculannya. Jerawat tanda hamil biasanya muncul di usia kandungan muda karena kulit lebih banyak memproduksi sebum. Sementara jerawat haid akan muncul sebelum dan selama menstruasi berlangsung.

Jerawat tanda hamil biasanya menetap di kulit dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan bisa bertahan hingga akhir kehamilan atau beberapa bulan setelah melahirkan. Sedangkan jerawat PMS biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah menstruasi selesai.

  • Gejala lainnya

Jerawat tanda hamil biasanya disertai dengan gejala kehamilan lainnya, seperti mual, muntah, payudara sensitif, dan kelelahan. Sedangkan ciri-ciri jerawat haid biasanya hanya disertai dengan gejala PMS lainnya, seperti perubahan suasana hati, mudah lelah, dan kram perut.

Buat Charm Girls yang sudah mulai mengalami berbagai gejala PMS, jangan lupa juga untuk menyiapkan pembalut yang tepat untuk menstruasi yang bisa jadi datang tiba-tiba, seperti CHARM Extra COmfort.

Pembalut ini dirancang khusus dengan pori serap extra untuk menyerap darah menstruasi dengan cepat dan maksimal, sehingga kamu bisa bebas beraktivitas di siang hari tanpa khawatir bocor. 

Selain itu, CHARM Extra Comfort juga memiliki ketebalan yang pas dan lapisan yang lembut sehingga bisa mencegah iritasi kulit dan tetap nyaman dipakai, tidak mengganjal. Jadi, kulitmu tetap nyaman dan bebas gatal, bahkan saat menstruasi.

Pembalut andalan ini tersedia dalam empat jenis, yakni Wing 23 cm, Non-WIng 23 cm, WIng 26 cm, dan Non-WIng 26 cm yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Cukup jerawat aja deh, yang bikin haid kamu enggak nyaman. Jalani menstruasi dengan tenang bareng CHARM Extra Comfort!

Bagaimana? Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid cukup mudah terlihat, kan? Tapi walaupun berbeda, kedua jenis jerawat ini sama-sama dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa tidak percaya diri. 

Sebagai solusinya, Charm Girls bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi kemunculan jerawat tanda hamil maupun jerawat tanda haid. Salah satunya adalah dengan mencuci wajah secara rutin dua kali sehari dengan sabun muka yang lembut.

Selain itu, kamu juga bisa mulai mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, minum banyak air putih, mengurangi stres, dan menghindari menyentuh wajah terlalu sering apalagi ketika tanganmu tidak dalam kondisi bersih. 

Kalau kondisi jerawatnya sudah terlalu parah dan sangat mengganggu kenyamanan kamu, ada baiknya konsultasikan ke dokter, ya. Biar bisa ditangani dengan tepat dan aman.

jerawat tanda hamil
ciri ciri jerawat haid
Komentar (0)
A

floating-icon