Kembali

Edukasi

7 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menghilangkan Nyeri Haid

7 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menghilangkan Nyeri Haid


Setiap bulan, perempuan akan mengalami menstruasi yang sering kali disertai dengan berbagai keluhan, terutama kram menstruasi atau disebut juga nyeri haid. Rasa nyeri ini biasanya bersifat sementara dan muncul di area perut bagian bawah hingga pinggang.

Rasa sakit tersebut disebabkan oleh pelepasan prostaglandin, yaitu zat yang memicu kontraksi pada rahim. Akibatnya, kamu merasakan nyeri hebat yang terkadang bahkan perlu diredakan dengan minum obat. Namun, ternyata ada cara alami untuk meredakan atau bahkan menghilangkan rasa sakit tersebut, lho!

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman untuk menghilangkan nyeri haid. Nah, dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih mendalam mengenai peran makanan dan minuman tersebut dalam meredakan kram menstruasi. Yuk, simak!

Makanan dan minuman yang bisa meredakan nyeri haid

Menjelang menstruasi, kram sering kali menjadi teman tak diundang. Kram ini muncul karena otot rahim berkontraksi untuk melepaskan salah satu lapisannya. Rasa sakit itu sebenarnya pertanda bahwa tubuhmu sedang bekerja dengan baik, Charm Girls.

Salah satu cara mengurangi nyeri haid adalah dengan memilih apa yang kita makan dan minum. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang tak cuma membantu mengurangi kram, tetapi juga ramah di kantong.

1. Buah-buahan

Bukan rahasia lagi kalau buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan magnesium yang tinggi dan serat di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan. Hasilnya, perutmu akan terhindar dari rasa kembung yang tidak nyaman.

Di antara banyaknya jenis buah, pisang merupakan salah satu yang paling baik untuk mengatasi kram menstruasi. Akan tetapi, pisang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, jadi sebaiknya kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. 

2. Kacang polong

Makan kacang-kacangan dan lentil ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama ketika kamu menstruasi. Pasalnya, kacang-kacangan adalah sumber serat, zat besi, lemak sehat, magnesium, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Makan kacang-kacangan akan membuatmu kenyang lebih lama sehingga kamu tidak banyak ngemil makanan yang mungkin memperparah gejala kram menstruasi.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam diyakini manjur dalam meredakan gejala nyeri haid karena senyawa yang terkandung di dalamnya mampu memberikan efek relaksasi pada tubuh. Ditambah lagi, konsumsi cokelat juga merangsang pelepasan hormon endorfin atau hormon bahagia.

Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mengonsumsi cokelat hitam dalam bentuk batangan maupun minuman. Karena itulah, cokelat hitam menjadi makanan dan minuman sekaligus yang baik untuk menghilangkan nyeri haid.

4. Sayuran

Sayuran adalah sumber serat penting yang membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Wortel, kentang, dan lobak yang kaya serat juga bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaanmu. Dengan pencernaan yang lancar, begah dan kembung selama menstruasi pun bisa teratasi.

Sayuran diuretik alami seperti seledri dan mentimun juga bisa mengurangi cairan yang tertimbun dalam tubuh. Dengan kandungan magnesium yang tinggi, sayuran hijau tua seperti bayam, kangkung, dan kale yang kamu konsumsi bisa mengatasi rasa kram itu.

5. Gandum dan olahannya

Gandum, terutama oat, dipercaya sebagai makanan yang baik untuk meredakan nyeri haid. Ini karena kandungan zinc, magnesium, dan vitamin B1 di dalamnya bermanfaat dalam mengatur respons tubuh terhadap peradangan dan mengurangi keparahan nyeri menstruasi.

Meski demikian, efeknya bisa bervariasi pada setiap individu. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk sebelum memasukkan gandum atau oat ke dalam pola makan harianmu selama masa haid.

6. Teh jahe dan teh lemon

Jika kamu mengalami perut kembung, perih, atau mual saat menstruasi, segelas teh jahe dengan lemon bisa membantu meredakannya. Jahe memang terkenal akan sifat anti-inflamasinya yang bisa meredakan sakit perut. Beberapa studi pun menunjukkan bahwa jahe memiliki efek serupa dengan obat ibuprofen dalam meredakan nyeri otot.

Lemon segar juga memberikan manfaat yang sama seperti jahe. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mencampur parutan jahe segar dan perasan lemon dengan air panas, serta menambahkan pemanis alami seperti madu sebelum diminum.

7. Teh chamomile

Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam teh chamomile, seperti hipurat dan glisin, bermanfaat untuk meredakan kram menstruasi. Senyawa tersebut terbukti membantu meredakan kejang otot dan mengendurkan otot rahim. Manfaatnya mirip dengan jahe dan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

Selain itu, minuman bebas kafein ini diketahui mampu merelaksasi tubuh. Jika suasana hatimu cenderung tidak stabil selama menstruasi, teh chamomile bisa menjadi pilihan yang baik untuk menenangkan diri.

Nah, itulah makanan dan minuman yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kram akibat nyeri haid. Namun, jika kamu masih ragu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter guna menentukan pola makan yang sehat selama masa menstruasi.

makanan untuk meredakan nyeri haid
minuman untuk meredakan nyeri haid
Komentar (2)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Noted
2 months ago
Balas
floating-icon