Kembali

Edukasi

Efek Kelebihan Hormon Estrogen pada Wanita!

Efek Kelebihan Hormon Estrogen pada Wanita!


Charm Girls, perempuan kerap menghadapi situasi menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang mengalami kram, bad mood, ingin menangis atau bahkan menjadi lebih pendiam dan perasa.

Sindrom pramenstruasi atau PMS adalah sebuah sindrom. Salah satu gejala utama PMS membawa kita pada petunjuk perasaan mungkin tidak seimbang.

Hati bertanggung jawab untuk mengatur dan mengeluarkan hormon. Jika tersumbat karena tekanan pola makan dan lingkungan, hormon-hormon lama akan didaur ulang ke dalam tubuh sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon, seperti dominasi estrogen. Jadi hormon estrogen berpengaruh saat masa PMS.

Nah Charm Girls, sebagai awalan kenalan dulu dengan apa itu hormon estrogen, hormon in adalah zat kimia yang dibuat oleh tubuh. Perannya sangat penting dalam mengatur aktivitas sel dan beberapa organ. 

Fungsi hormon estrogen mencakup pengaturan pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta berperan dalam suasana hati loh Charm Girls.

Pada perempuan, hormon ini diproduksi oleh ovarium dan berperan krusial dalam perkembangan karakteristik seksual serta proses reproduksi. Selain ovarium, saat hamil, plasenta juga dapat menghasilkan hormon ini.

Meskipun hormon estrogen lebih umum pada wanita, pria juga memiliki hormon ini dalam jumlah yang lebih rendah. Pada pria, estrogen diproduksi oleh testis dan membantu dalam fungsi seksual bersama dengan testosteron.

Perlu diketahui juga ada tiga jenis hormon estrogen yang diproduksi pertama estrone yang banyak diproduksi perempuan menopause, estradiol yang punya fungsi mengatur siklus menstruasi dan menjaga ketebalan dinding rahim persiapan hamil dan estriol yang dilepas selama kehamilan guna menjaga kondisi rahim dan persiapan kelahiran hingga menyusui.

Efek kelebihan hormon estrogen pada masa PMS

Tinggi rendahnya hormon estrogen punya pengaruh signifikan pada tubuh. Penyakit yang terjadi saat seseorang memiliki hormon estrogen yang tinggi adalah endometriosis. 

Penyakit ini terjadi pada orang yang memiliki terlalu banyak estrogen dibandingkan dengan progesteron. Estrogen dapat memenuhi sistem endokrin secara berlebihan.

Nah ada peristiwa saat hati lamban dan tidak mengeluarkan estrogen dengan baik, maka hormon itu akan didaur ulang sehingga jadi berlebihan.

Hati bertanggung jawab mengkonjugasikan estrogen lama sehingga menjadi larut dalam air dan keluar dari tubuh melalui urin. Karena hati memainkan peran penting dalam mengeluarkan hormon-hormon lama, ketidakseimbangan hormon apa pun dapat menunjukkan bahwa hati memerlukan dukungan.

Ciri-ciri kelebihan hormon estrogen

Dominasi estrogen sangat umum terjadi dan bukan sesuatu yang perlu ditakuti ya Charm Girls. Pasalnya ada berbagai ciri dominasi estrogen yang tinggi mulai dari PMS, perubahan suasana hati dan kemarahan.

Kemudian endometriosis, penambahan berat badan tidak normal, jerawat hormonal di sekitar area rahang, menstruasi tidak teratur, kram, kembung, pembekuan darah, kelelahan, nyeri payudara hingga kanker payudara.

Berikut penjelasan lengkap ciri kelebihan hormon estrogen:

  • Berat badan bertambah

Kadar estrogen yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penambahan berat badan. Seseorang dapat mengalami penumpukan lemak beberapa area tubuh yakni di area pinggul, bagian tengah tubuh, dan paha. Karena dominasi estrogen, pembuangan semua lemak di tubuh juga menjadi sulit.

  • Payudara bengkak atau nyeri

Tingginya kadar estrogen dalam tubuh dapat membuat payudara menjadi lebih nyeri dan bengkak terutama di sekitar puting dan area depan. Payudara kita sensitif terhadap perubahan hormon.

  • Periode menstruasi tidak teratur

Hormon estrogen berperan penting dalam mengatur siklus menstruasi bersama dengan hormon lainnya, sedikit variasi dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, sehingga terlambat atau lebih awal.

  • Menstruasi berat

Estrogen bertanggung jawab atas penebalan lapisan rahim. Dengan meningkatnya kadar hormon estrogen, lapisan rahim menebal, menyebabkan perdarahan menstruasi yang berat dan menyakitkan.

  • Perubahan suasana hati 

Dominasi estrogen dapat menyebabkan berbagai perubahan suasana hati, kecemasan, serangan panik, dan depresi.

Faktor ketidakseimbangan hormon yang buat hormon estrogen tinggi

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang mengalami peningkatan jumlah hormon estrogen, mulai dari pestisida yang membuat masalah hati. 

BPA dan plastik juga berpengaruh, karena BPA dapat meniru hormon tubuh, dan dapat mengganggu produksi, sekresi, fungsi, dan eliminasi hormon alami. Maka hindari menghindari air atau minuman yang dikemas dalam plastik.

Produk kecantikan dan pembersih konvensional seperti sabun, riasan, cat kuku, lotion dan parfum juga bisa meniru estrogen.

Dari sisi internal, kekurangan nutrisi seperti seng, magnesium, dan vitamin B semuanya berperan dalam mengatur hormon. 

Kemudian, estrogen menempel pada serat dan keluar dari tubuh melalui tinja setelah siklusnya selesai. Jika tidak buang air besar secara teratur yakni satu hingga tiga kali sehari, estrogen diserap kembali ke dalam aliran darah sehingga menciptakan dominasi estrogen.

Kenapa tingkat estrogen seseorang penting?

Estrogen umumnya kita kaitkan dengan tubuh perempuan dan memiliki berbagai fungsinya yakni:

  • Bertanggung jawab atas perkembangan seksual anak perempuan ketika mereka mencapai pubertas
  • Terlibat dalam perkembangan folikel atau telur dan ovulasi karena hormon ini berperan merangsang pertumbuhan folikel ovarium dan mempersiapkan tubuh untuk ovulasi, yaitu pelepasan sel telur dari ovarium.
  • Pengendalian pertumbuhan lapisan rahim selama siklus menstruasi dan pada awal kehamilan. Karena hormon ini mengatur siklus menstruasi dengan mempengaruhi pertumbuhan dan pelepasan lapisan rahim. Jika terjadi pembuahan, estrogen juga membantu mempertahankan lapisan rahim untuk mendukung kehamilan awal.
  • Regulasi asupan makanan, berat badan, metabolisme glukosa, dan sensitivitas insulin juga peran dari hormon estrogen juga berperan dalam mengatur nafsu makan, berat badan, dan metabolisme glukosa, serta mempengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Hormon estrogen rendah juga punya pengaruh

Anak perempuan yang belum mencapai pubertas dan wanita yang mendekati menopause kemungkinan besar juga mengalami rendahnya estrogen. Namun, wanita dari segala usia dapat mengalami penurunan estrogen.

Gejala umum estrogen rendah meliputi beberapa hal yakni peningkatan infeksi saluran kemih akibat, penipisan uretra, periode tidak teratur atau tidak ada

perubahan suasana hati, nyeri payudara, sakit kepala, depresi hingga kelelahan.

Penyebabnya bisa karena olahraga berlebihan. gangguan makan, seperti anoreksia, kelenjar hipofisis yang berfungsi rendah dan kegagalan ovarium prematur.

Jika Charm Girls mengalami gejala-gejala gangguan hormon estrogen segera kunjungi dokter atau pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan medis secara tepat.

ciri hormon estrogen tinggi
Komentar (0)
A

floating-icon