Kembali

Edukasi

Cari Tahu Disini! 5 Ciri Tuba Falopi Tersumbat

Cari Tahu Disini! 5 Ciri Tuba Falopi Tersumbat


Ternyata ada berbagai masalah kesehatan reproduksi yang dihadapi perempuan loh Charm Girls. Hal ini mencakup sejumlah kondisi yang memengaruhi kemampuan kesuburan dan kesehatan reproduksi. 

Satu masalah yang signifikan adalah penyumbatan atau hambatan pada tuba falopi. Penyebab tuba falopi tersumbat adalah karena berbagai faktor, salah satunya seperti infeksi seperti PID, endometriosis, adhesi atau perlekatan jaringan, hidrosalpinx, dan kondisi lainnya seperti fibroid rahim atau kista ovarium.

Nah saat tuba falopi terhambat, perjalanan sel telur dari ovarium ke rahim atau perjalanan sperma menuju sel telur bisa terganggu loh Charm Girls, akibatnya masalah kesuburan dan mempersulit proses kehamilan. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan untuk hamil secara alami dan meningkatkan risiko kehamilan ektopik.

Lebih jelasnya akan dibahas dalam artikel ini, yuk simak sama-sama tentang tuba falopi yang tersumbat.

Masalah tuba falopi tersumbat

Pertama-tama perlu diketahui apa itu sebenarnya tuba falopi dan kenapa dia penting. Tuba falopi adalah saluran berotot yang dilapisi dengan struktur halus menyerupai rambut. Fungsi rambut itu bekerja ke dua arah, membantu perjalanan sel telur dari ovarium ke rahim dan membantu sperma bergerak dari rahim.

Setiap bulan selama ovulasi, apa yang terjadi di tengah siklus menstruasi adalah tugas tuba falopi, saluran tuba membawa sel telur dari ovarium ke rahim.

Konsepsi juga terjadi di tuba falopi. Jika sel telur dibuahi oleh sperma, sel telur tersebut bergerak melalui saluran menuju rahim untuk implantasi.

Jika tuba falopi tersumbat, jalur sperma untuk mencapai sel telur, serta jalur kembali ke rahim untuk sel telur yang telah dibuahi, terhambat. Penyebab umum penyumbatan saluran tuba termasuk jaringan parut, infeksi, dan perlengketan panggul.

Peran tuba falopi sangatlah penting dalam proses pembuahan karena tempat sebagian besar sel telur disuntikkan.  Gejala penyumbatan tuba falopi sering kali tidak terlihat. Jika ada penyumbatan pada tuba falopi, maka peluang hamil akan menurun secara signifikan menurun.

Ciri-ciri tuba falopi tersumbat

Nah Charm Girls, gejala tersumbatnya tuba falopi kadang tidak terlihat atau timbul. Banyak perempuan yang tak sadar saluran tuba mereka tersumbat sampai pada momen hendak hamil namun mengalami masalah.

Dalam beberapa situasi, penyumbatan tuba falopi bisa menyebabkan nyeri ringan dan teratur di satu sisi perut, terutama pada kasus jenis penyumbatan yang disebut hidrosalping yakni saat cairan mengisi dan memperbesar saluran tuba yang tersumbat.

Penyebab seperti endometriosis yang mengakibatkan penyumbatan tuba falopi bisa menunjukkan gejala seperti menstruasi yang sangat nyeri dan berat, serta nyeri panggul akibat infeksi.

  • Sulit hamil

Kesulitan untuk hamil mungkin merupakan satu-satunya gejala yang muncul pada perempuan yang mengalami penyumbatan saluran tuba. Jika seseorang tidak hamil setelah satu tahun mencoba atau setelah enam bulan, jika Anda berusia 35 tahun atau lebih.

  • Nyeri panggul

Perempuan yang mengalami penyumbatan saluran tuba mungkin menunjukkan gejala seperti nyeri di panggul atau perut.

  • Nyeri saat menstruasi

Perempuan bisa menderita rasa sakit ini secara teratur pada saat menstruasi atau bisa juga terus-menerus.

  • Nyeri saat berhubungan seksual

Hal ini bisa jadi ciri adanya penyumbatan saluran tuba, selain itu perempuan juga merasakan nyeri saat buang air kecil.

  • Keputihan

Saat ada gejala tuba falopi tersumbat seseorang  bisa saja mengalami keputihan yang tidak normal yakni aneh dan berbau.

Tidak seperti anovulasi, dimana siklus menstruasi yang tidak teratur mungkin menandakan adanya masalah, penyumbatan saluran tuba memang jarang menimbulkan gejala.

Gejala pertama dari penyumbatan saluran tuba seringkali adalah infertilitas. Jika seseorang tidak hamil setelah satu tahun mencoba atau setelah enam bulan, jika Anda berusia 35 tahun atau lebih, dokter Anda akan sarankan tindakan rontgen khusus untuk memeriksa saluran tuba, dan disertai dengan berbagai tes kesuburan dasar lainnya.

Apa penyebab tuba falopi tersumbat?

Saluran tuba yang tersumbat disebabkan oleh sejumlah faktor, namun yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Endometriosis

Beberapa perempuan mungkin tidak sadar jika jaringan endometrium dapat menumpuk di saluran tuba hingga menyebabkan penyumbatan di saluran tuba. 

Selain itu, perkembangan jaringan endometrium pada permukaan luar organ lain dapat menyebabkan penyumbatan saluran tuba.

  • Penyakit Menular Seksual (IMS)

Jaringan parut yang disebabkan oleh Klamidia dan Gonore dapat menyebabkan penyumbatan pada uretra.

  • Penyakit radang panggul

Penyakit ini bisa membuat jaringan parut serta infeksi, yang keduanya dapat menyebabkan hidrosalping.

  • Fibroid

Perkembangan fibroid yang terkait dengan rahim atau di dekatnya juga bisa sebabkan saluran tuba tersumbat.

  • Kehamilan ektopik sebelumnya

Kehamilan ektopik dapat menyebabkan jaringan parut pada tuba falopi, sehingga menyebabkan penyumbatan pada tuba

  • Operasi perut

Prosedur tuba falopi yang sebelumnya juga dapat menyebabkan perlengketan, atau jaringan parut. Kondisi ini membuat saluran tuba tidak berfungsi dengan baik.

Saluran tuba yang tersumbat adalah penyebab umum infertilitas. Sperma dan sel telur bertemu di tuba fallopi untuk pembuahan dan saat tabung itu tersumbat maka sperma dan sel telur tidak bisa bertemu.

Jika kedua saluran tuba tersumbat sepenuhnya, kehamilan tanpa pengobatan tidak mungkin terjadi. Jika saluran tuba tersumbat sebagian, berpotensi hamil masih bisa terjadi, tetapi ada risiko kehamilan ektopik yang meningkat. Hal ini karena sel telur yang telah dibuahi lebih sulit bergerak melalui penyumbatan menuju rahim. 

Namun perlu dipahami juga, jika hanya satu saluran tuba yang tersumbat, maka besar kemungkinan penyumbatan tersebut tidak akan mempengaruhi kesuburan karena sel telur masih dapat berjalan melalui saluran tuba yang tidak terpengaruh.

Nah Charm Girls, pada akhirnya riwayat kesehatan jadi salah satu faktor penting saat hendak merencanakan kehamilan. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah kemungkinan seorang perempuan mengalami penyumbatan saluran tuba. Jika ada gejala seperti yang dijelaskan di atas, segera temui dokter dan lakukan tindakan medis yang dibutuhkan ya.

ciri ciri tuba falopi tersumbat
penyebab tuba falopi tersumbat
Komentar (0)
A

floating-icon