Kembali

Edukasi

Kenali jenis-jenis selaput dara

Kenali jenis-jenis selaput dara


Tubuh manusia menyimpan banyak berbagai macam misteri dan fungsi, terlebih di antaranya adalah organ reproduksi perempuan. Selaput dara adalah salah satu bagian dari organ reproduksi perempuan. Selaput dara adalah sepotong jaringan yang menutupi atau mengelilingi bagian dari lubang vagina.

Selaput dara adalah jaringan kecil dan tipis pada pembukaan vagina. Artikel ini akan menjelaskan berbagai informasi terkait selaput dara, termasuk jenis-jenis selaput dara.

Selaput dara dibentuk oleh fragmen jaringan yang tersisa dari perkembangan janin. Ukuran, bentuk, dan ketebalan selaput dara juga unik loh dan dapat berubah seiring waktu. Saat lahir, selaput dara biasanya berupa jaringan berbentuk cincin yang mengelilingi lubang vagina. 

Selaput dara memiliki reputasi sebagai indikator aktivitas seksual seperti seperti segel yang menghalangi vagina, namun tidak ada hubungan saat seorang perempuan telah melakukan hubungan seks dengan terbukanya selaput dara.

Pada kenyataannya, selaput dara lembut dan elastis dan tidak selalu menghalangi lubang vagina. Selaput dara bisa robek saat aktivitas sehari-hari, tidak melulu soal aktivitas hubungan seksual.

Kegiatan sehari-hari dapat melemahkan selaput dara atau menyebabkannya robek. Penting untuk diketahui bahwa selaput dara adalah bagian jaringan yang fleksibel yang secara bertahap aus hingga robek. Setelah robek, seseorang mungkin merasa tidak nyaman atau melihat darah. Beberapa aktivitas umum yang dapat merobek selaput dara adalah seperti naik sepeda, senam, menunggangi kuda, memasukkan tampon atau pemeriksaan panggul atau tes Pap.

Selaput dara adalah sepotong tipis jaringan yang terletak di pembukaan vagina. Selaput dara harus terbuka untuk memungkinkan darah menstruasi dan sekresi normal keluar dari vagina. Selaput dara datang dalam berbagai bentuk.

Selaput dara adalah jaringan elastis yang dapat meregang saat bergerak, sedikit lebih tebal saat lahir tetapi seiring waktu akan kehilangan elastisitas karena hormon dan aktivitas dengan gerak yang mempengaruhi vagina.

Selaput dara memiliki warna yang sama dengan kulit di sekitar vagina atau berwarna daging, bisa membentuk bulan sabit di bawah lubang vagina atau mengelilingi lubang vagina.

Tidak seperti jaringan dan organ lain yang memiliki tugas, selaput dara tidak memiliki tujuan, tidak mempengaruhi tubuh atau serta sistem reproduksi atau kesehatan. Beberapa percaya bahwa selaput dara bertindak sebagai perisai untuk mencegah bakteri dan benda asing kecil lainnya memasuki tubuh, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal itu. Sejauh menyangkut fungsi selaput dara, ada sedikit atau tidak ada bukti bahwa selaput dara memberikan manfaat atau fungsi apapun bagi tubuh.

Jeni-Jenis Varian Selaput Dara

Perlu diketahui ada berbagai macam-macam hymen yang perlu diketahui loh Charm Girls. Selaput dara yang paling umum pada wanita muda berbentuk seperti bulan sabit. Bentuk ini memungkinkan darah menstruasi mengalir keluar dari vagina.

Hymen imperforata

Ini adalah suatu kondisi di mana selaput dara gagal membuka dan akhirnya sepenuhnya menutupi lubang vagina, menghalangi darah menstruasi dan sekresi mengalir keluar. Selaput dara imperforata dapat ditemukan saat lahir, tetapi lebih sering didiagnosis selama masa pubertas. Seorang gadis remaja dengan selaput dara imperforata biasanya tak alami menstruasi dan nyeri perut atau panggul. Hal ini disebabkan vagina dipenuhi darah haid yang tidak bisa keluar.

Selaput Dara Mikroperforas

Selaput Dara Mikroperforas suatu kondisi di mana selaput dara memiliki bukaan yang sangat kecil. Darah menstruasi dan cairan vagina dapat mengalir keluar dari vagina, tetapi seorang perempuan bisa saja mengalami kesulitan atau ketidakmampuan untuk berhubungan seksual lewat vagina. 

Dalam beberapa kasus, seorang remaja dengan selaput dara mikroperforasi mungkin tidak menyadari bahwa dia memiliki bukaan yang sangat kecil. Nah Jika bisa memasukkan tampon ke dalam vagina, mungkin nantinya tidak bisa melepasnya saat sudah penuh dengan darah.

Selaput Dara Cribiform

Selaput Dara Cribiform adalah kondisi selaput dara mengandung banyak lubang kecil, mungkin bisa menstruasi melalui lubang tersebut, tetapi tidak akan bisa memasukkan tampon dengan mudah.

Septa selaput dara

Septate hymen terjadi ketika selaput dara memiliki pita jaringan ekstra di tengah yang menyebabkan dua lubang vagina kecil, bukan satu. Darah menstruasi dan cairan vagina dapat mengalir keluar dari vagina, tetapi seorang perempuan mungkin mengalami kesulitan atau ketidakmampuan untuk menggunakan tampon atau melakukan hubungan seksual melalui vagina. 

Bagaimana cara mengetahui apakah selaput dara sehat?

Jika Charm Girls punya masalah dengan selaput dara, kemungkinan besar akan mengetahuinya setelah mencapai pubertas. Dalam kebanyakan kasus, seorang perempuan tidak dapat memasukkan atau menggunakan tampon selama menstruasi. Dalam kasus yang sangat jarang, seorang perempuan mungkin tidak mendapatkan menstruasi sama sekali karena selaput dara menutupi lubang vaginanya.

Jika mengalami ini segera temui penyedia layanan kesehatan dan akan ada diagnosis jika memang terjadi kelainan selaput dara pada saat remaja.

macam macam hymen
bentuk hymen normal
Komentar (26)
A

An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
floating-icon