Kembali

Edukasi

Berikut jenis warna darah haid dan teksturnya

Berikut jenis warna darah haid dan teksturnya


Menstruasi adalah salah satu cara yang baik untuk mengetahui bagaimana keadaan tubuh kita loh Charm Girls, dengan mengetahui warna, tekstur, dan bau, akan ada wawasan yang bagus tentang bagaimana tubuh kita bekerja, contohnya saja darah haid, ternyata ada macam jenis warna darah haid yang punya arti berbeda loh. Hal ini memungkinkan seseorang belajar selaras dan paham dengan kondisi tubuh.

Perubahan warna darah haid adalah normal. Warna darah menstruasi yang berbeda dapat memberitahu sejumlah informasi tubuh, mulai dari usia darah hingga seberapa jauh periode seseorang akan berlangsung. 

Sementara kesehatan secara keseluruhan umumnya mempengaruhi panjang siklus menstruasi dan durasi periode.

Darah haid terdiri dari darah yang sama, yang mengalir melalui pembuluh darah, tetapi juga mengandung jaringan yang telah ditumpahkan dari endometrium atau lapisan rahim. Maka dari itu warna dan konsistensinya berbeda dari apa yang akan kita lihat jika darah keluar dari jari tangan yang terluka.

Jenis warna darah haid dan teksturnya

Berikut adalah beberapa alasan mengapa darah periode dapat bervariasi dalam warna:

1.Merah terang 

Ketika darah menstruasi berwarna merah cerah, itu berarti darah melewati vagina segera setelah memasuki rahim,darah merah cerah terjadi di awal menstruasi. Darah merah cerah juga bisanya terasa bersamaan dengan kram, ini artinya saat itu rahim berkontraksi, dan kontraksi menyebabkan aliran darah menjadi lebih berat.

2.Merah Tua, Coklat, hingga Hitam

Darah haid yang lebih tua dapat muncul dengan warna merah tua, coklat hingga hitam. Warna-warna ini menunjukkan aliran yang lebih lambat. Bagi kebanyakan orang, darah menjadi lebih gelap selama siklus menstruasi berlangsung. Ini karena darah yang lebih tua dari bagian lapisan rahim yang lebih dalam ditumpahkan belakangan.

Darah coklat juga sering terjadi pada minggu-minggu setelah seorang perempuan melahirkan. Perdarahan postpartum disebut lokia. Namun, dalam beberapa kasus, darah merah tua atau coklat mungkin merupakan tanda awal kehamilan, kemudian darah hitam mungkin merupakan tanda penyumbatan vagina.

3.Merah Muda

Biasanya darah haid terlihat merah muda di awal atau akhir haid saat pendarahan lebih ringan. Perubahan warna berasal dari pencampuran lendir normal dengan darah. Nah Charm Girls jika ada darah merah muda yang keluar selama fase lain dari siklus hal itu mungkin disebabkan oleh penurunan berat badan yang signifikan. pola makan yang tidak sehat, anemia.

Jika Charm Girls mengalami kondisi ini segera temui penyedia layanan kesehatan apalagi saat mencurigai salah satu dari penyebab ini dapat mempengaruhi darah haid. Charm Girls juga bisa mendapat manfaat dari menemui ahli gizi.

4.Oranye, Abu-abu, atau Hijau

Darah period oranye bisa menjadi hasil normal dari cairan serviks yang bercampur dengan darah. Bercak oranye yang tidak terkait dengan menstruasi bisa berarti hamil. Ini dapat terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Ini terjadi antara sekitar 10 dan 14 hari setelah pembuahan.

Namun, warna jingga, abu-abu, atau hijau pada darah haid atau keputihan sering kali merupakan tanda infeksi, seperti trikomoniasis, nakterial vaginosis (BV), beberapa infeksi menular seksual (IMS), serta gejala infeksi lainnya yang meliputi gatal dan ketidaknyamanan pada vagina, debit dengan bau yang tidak sedap, termasuk bau "mencurigakan". 

Arti tekstur darah haid

Selain warna, darah haid juga memiliki tekstur dan konsistensi yang berbeda serta bisa menjadi tanda kesehatan lapisan rahim. Darah menstruasi juga terdiri dari jaringan endometrium, sehingga teksturnya bervariasi sebagai akibatnya. Apakah itu kental, menggumpal, atau halus dan ringan, viskositas aliran yang berbeda (yaitu kekentalan darah menstruasi) adalah normal selama haid, jadi tidak perlu khawatir ya Charm Girls.

1.Normal

Darah menstruasi 'normal' akan berbeda dari orang ke orang, tetapi biasanya konsistensinya lebih kental pada awal menstruasi. Setiap siklus menstruasi yang dialami akan sedikit berbeda, mungkin di awal akan mengalami pendarahan menjadi lebih seperti cairan encer.

2.Berair atau tipis

Dalam kebanyakan kasus, tekstur yang lebih encer dan encer adalah tanda aliran menstruasi yang ringan. Jika disertai dengan warna darah merah muda terang, ini bisa menjadi tanda stres atau pra-menopause.

3.Bergumpal atau tebal dan menggumpal

Gumpalan dan gumpalan tebal dalam darah menstruasi benar-benar normal, terutama pada hari-hari terberat saat menstruasi berlangsung. Hal ini sangat umum terjadi pada warna darah haid yang lebih gelap karena telah menumpuk, dibandingkan dengan aliran darah merah segar yang lebih cepat.

4.Seperti jelly

Darah haid yang licin dan bertekstur seperti jelly bercampur dengan lendir serviks yang tinggi adalah hal yang benar-benar normal.

5.Berserabut

Darah haid yang berserat, biasanya berwarna merah tua hingga coklat tua, berarti darah yang lebih tua. Ini hanyalah jenis bekuan darah lainnya dan benar-benar normal ya Charm Girls.

Dengan ada berbagai macam warna darah dan tekstur haid ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan saat darah haid teksturnya berubah secara signifikan, segera temui dokter untuk mengobatinya atau mengetahui apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Contohnya, ketika gumpalan darah menstruasi berukuran serupa dengan bola golf atau secara konsisten seukuran koin maka kamu bisa menemui dokter. Kondisi ini merupakan indikasi keguguran atau fibroid rahim pertumbuhan kecil non-kanker di dalam rahim.

Jadi adalah hal yang normal jika darah menstruasi berubah warna sepanjang siklus menstruasi yakni setiap hari, bulan ke bulan, atau bahkan sepanjang hidup kamu ya Charm Girls.

macam warna darah haid
Komentar (27)
A

An
Anonymous
Nice info
9 months ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
9 months ago
Balas
An
Anonymous
Iy bener banget
9 months ago
Balas
floating-icon