Kembali

Edukasi

Berbahaya gak ya penyakit anyang anyangan pada wanita?

Berbahaya gak ya penyakit anyang anyangan pada wanita?


Charm Girls, berbagai fenomena serta kondisi bisa muncul dan dirasakan di area intim wanita atau organ reproduksi Penyakit anyang anyangan pada wanita adalah kondisi ketika seorang wanita merasa nyeri atau perih ketika buang air kecil. Dalam istilah medis, kondisi penyakit anyang-anyangan pada wanita disebut juga dengan disuria, hal ini bisa terjadi saat wanita alami gangguan pada saluran kemih.

Pada dasarnya, anyang-anyangan tidak disebut sebagai satu penyakit, tetapi gejala yang muncul akibat masalah kesehatan. Beberapa penyebab sering anyang anyangan adalah infeksi kandung kemih, radang prostat. 

Penyebab anyang anyangan wanita

Gejala anyang-anyangan atau disuria sering kali disalah artikan sebagai infeksi saluran kemih loh Charm Girls, padahal sebenarnya kondisi ini hanya satu tanda dari infeksi saluran kemih, tidak menunjukkan sepenuhnya seseorang mengalami infeksi. 

Disuria atau anyang-anyangan adalah salah satu gejala. Namun ada beberapa penyebab sering anyang-anyangan pada wanita:

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih jadi salah satu penyebab umum dari kondisi disuria. Infeksi saluran kemih terjadi karena infeksi bakteri pada saluran kemih. Bakteri bisa berasal dari lubang anus yang masuk ke saluran kemih karena proses pembersihan yang salah. Maka dari itu penting untuk membersihkan area anus dari arah vagina ke belakang, bukan sebaliknya.

Bakteri juga dapat berkembang akibat sering menunda buang air kecil. Infeksi kemudian menyebabkan radang pada saluran kemih dengan gejala nyeri saat buang air kecil.

 2. Batu Ginjal

 Disuria juga bisa menjadi salah satu batu ginjal yang berasal dari endapan mineral dan garam yang mengeras. Batu ini kadang terdapat di area yang sama dengan mengalirnya urine ke kantung kemih, makanya menimbulkan anyang-anyangan.

 3. Kista Ovarium

Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah kista, jika terjadi pada salah satu atau kedua sisi ovarium maka bisa menekan kandung kemih, sehingga seseorang bisa merasakan anyang-anyangan atau disuria. 

Beberapa gejala kista ovarium lainnya, selain anyang-anyangan adalah nyeri pada perut bagian bawah, ada masalah pencernaan, dan perubahan pada siklus menstruasi.

4. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Infeksi menular seksual juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan loh Charm Girls. Karena sejumlah penyakit IMS seperti klamidia, gonore, dan herpes bisa berpengaruh pada saluran kemih. Penderita IMS biasanya juga akan mengalami gatal dan sensasi terbakar pada kemaluan, keputihan abnormal, atau luka atau lepuhan di kulit selain dengan anyang-anyangan.

5. Cystitis

Cystitis atau sindrom nyeri kandung kemih jadi kondisi yang memunculkan iritasi di kandung kemih. Selain nyeri saat buang air kecil, gejala lain dari cystitis adalah urine keruh serta berbau menyengat.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

 Anyang-anyangan yang menimbulkan rasa nyeri bisa membuat aktivitas seseorang terganggu. Kondisi ini juga bisa membuat penderita bolak-balik ke kamar mandi karena selalu ada keinginan untuk buang air kecul.

Ada beberapa cara yang bisa Charm Girls lakukan jika memang mengalami anyang-anyangan atau ada kerabat yang mengalaminya.

1. Minum air putih 

Cara menghilangkan anyang-anyangan bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan dua liter air per hari. Nantinya frekuensi buang air kecil akan meningkat dan dengan demikian akan lebih banyak bakteri yang ikut terbuang bersama urine.

2. Jangan tahan-tahan  jika ingin ke toilet 

 Meski terasa nyeri biasakan pergi ke kamar mandi jika memang sudah ingin buang air kecil. Menahan buang air kecil bisa sebabkan bakteri berkembang biak dengan mudah dan akhirnya gejala disuria makin buruk.

3. Kompres hangat

Selain itu cara menangani anyang-anyangan, seseorang bisa menempelkan kompres hangat perut bagian bagian bawah selama 15 menit sebanyak 3-4 kali hingga kondisi anyang-anyangan membaik.

4. Perhatian sama makanan dan minuman yang dikonsumsi

Saat berada dalam kondisi anyang-anyangan atau sedang mengalami kondisi medis lainnya memang menjaga asupan makanan dan minuman jadi hal yang diperhatikan:

  • Makanan pedas.
  • Alkohol.
  • Makanan dan minuman asam.
  • Makanan dan minuman dengan pemanis buatan.
  • Makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi.

Kapan waktu yang tepat menemui dokter untuk menangani anyang-anyangan

Jika Charm Girls atau orang sekitar mengalami anyang-anyangan kamu bisa menemui dokter. Nantinya usai pemeriksaan riwayat dan fisik, dokter bisa saja meminta tes laboratorium mendiagnosis penyebab gejala disuria, setelah itu Charm Girls bisa mulai menjalani pengobatan

Dokter bisa saja menanyakan intensitas nyeri buang air kecil yang dialami selama anyang-anyangan, yakni apakah imulai secara tiba-tiba atau bertahap, terjadi sekali atau berkali-kali  hingga terasa saat awal buang air kecil.

Dokter bisa saja menanyakan apakah anyang-anyangan yang dialami juga disertai dengan gejala lainnya seperti demam, keputihan yang tidak normal hingga nyeri panggul

Charm Girls juga mungkin memerlukan tes urin atau tes lain untuk memastikan diagnosis yang diberikan oleh dokter.

penyebab sering anyang anyangan
penyebab anyang anyangan wanita
Komentar (50)
A

Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Gejala anyang-anyangan atau disuria sering kali disalah artikan sebagai infeksi saluran kemih loh
9 months ago
Balas
An
Anonymous
ilmu baru
9 months ago
Balas
An
Anonymous
sangat bermanfaat
9 months ago
Balas
floating-icon