Kembali

Edukasi

Manfaat minum susu saat haid

Manfaat minum susu saat haid


Siklus haid biasanya terjadi pada kisaran antara 21 hingga 35 hari dan terjadi sekitar tiga sampai tujuh hari. Siklus menstruasi sangat dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan setiap hari, salah satunya dari konsumsi makanan dan minuman yang akan menjadi satu hal penting.

Ada berbagai minuman yang punya manfaat saat haid, seperti jamu-jamuan hingga jus buah, selain itu ternyata ada juga manfaat minum susu saat haid,  meski susu kerap kali masuk dalam daftar minuman yang dilarang dikonsumsi ketika perempuan datang bulan. Apalagi saat perempuan  mengalami PMS.

PMS (sindrom pramenstruasi) adalah kondisi medis yang disebabkan oleh respons tubuh terhadap siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh. Pada beberapa perempuan, perubahan hormon normal terkait dengan penurunan serotonin. Ini adalah bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati. Perubahan ini menyebabkan gejala PMS setiap bulan. 

Gejala PMS terkait erat dengan perubahan kadar estrogen, serotonin, dan progesteron. Estrogen meningkat selama paruh pertama siklus menstruasi dan turun selama paruh kedua. Pada beberapa perempuan, kadar serotonin sebagian besar tetap stabil. Tetapi pada perempuan dengan PMS, serotonin turun saat estrogen turun.

Saat PMS dan haid berlangsung perempuan dihadapkan dengan berbagai larangan salah satunya pemilihan makanan dan minuman yang tepat serta aman bagi tubuh. Salah satunya adalah konsumsi susu dan produk sejenis susu. Makan pizza saat datang bulan dengan keju yang lumer memang tampaknya nikmat ya.

Minum susu hangat saat haid juga diperbolehkan. Kandungan kalsium di susu bisa meredakan nyeri dan gejala PMS seperti nyeri pinggang, kram perut serta mood yang buruk, namun tidak semua jenis susu baik untuk dikonsumsi, yang perlu dihindari adalah jenis susu murni.

Selain itu mengkonsumsi banyak produk susu bukanlah ide yang baik loh karena dapat menyebabkan kram pada perut. Produk susu seperti susu, keju, dan es krim mengandung asam arakidonat (asam lemak omega-6) dapat meningkatkan peradangan dan memperparah nyeri haid loh Charm Girls.

Selain itu, susu juga dapat menyebabkan kembung, gas, kram, dan diare yang akan menambah masalah menstruasi. Produk susu mengandung asam lemak omega-6, asam arakidonat. Ini menghasilkan peningkatan tingkat peradangan yang dapat memperburuk nyeri haid. Padahal, asam arakidonat bisa berperan sebagai pemicu kram menstruasi.

Jenis susu yang bisa dikonsumsi saat haid

Jadi apa yang Charm Girls tidak dapat minum susu selama menstruasi? Tentu saja boleh kok. Saat ini banyak ditawarkan beberapa alternatif susu sapi. Charm Girls bisa minum buttermilk, susu almond, dan bahkan susu kedelai.

Susu kacang kedelai bisa meredakan nyeri haid, karena mengandung antioksidan isoflavon untuk meringankan nyeri.

Sedangkan susu almond baik dikonsumsi bagi perempuan yang sulit datang bulan atau siklus haidnya tidak teratur. Jika menstruasi tidak lancar, bisa menyebabkan masalah pada area reproduksi. Lalu, buttermilk atau lassi dapat membantu menghidrasi tubuh dan mengisi kembali nutrisi yang hilang.

Kemudian jika Charm Girls khawatir kehilangan semua nutrisi yang dapat ditawarkan dari segelas susu, ada loh alternatif lain yang sesuai. Susu bisa ditukar dengan sumber kalsium nabati, seperti kol, bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain itu ada beberapa minuman yang baik dikonsumsi saat haid, ini dia daftarnya.

1. Air

Minum banyak air selalu penting, dan ini terutama berlaku selama haid atau tidak had, ini dapat berpengaruh untuk siklus menstruasi yang lebih baik. Tubuh jadi terhidrasi.

2. Teh jahe

Jahe dapat membantu Charm Girls mengatasi gejala menstruasi. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, yang meredakan pembengkakan di perut selama menstruasi dan membantu mengurangi kembung.

3. Buah yang dijadikan jus

Buah-buahan kaya air, seperti semangka dan mentimun, bagus untuk tetap terhidrasi. Buah-buahan manis dapat membantu mengekang keinginan akan gula tanpa mengkonsumsi banyak gula rafinasi, yang dapat menyebabkan kadar glukosa melonjak dan kemudian turun. 

Minuman yang seharusnya dihindari saat haid

Selain itu Charm Girls juga harus mengenali minuman yang memang tidak bisa ditoleransi dengan baik, dan bisa berdampak signifikan selama haid. Perlu adanya kepekaan terhadap suatu jenis minuman dan hindari jika memang bisa mengganggu kondisi saat haid.

1.Minuman bersoda

Hindari minuman bersoda yang dapat menyebabkan perut kembung, dan jika meningkat bisa menyebabkan siklus haid menjadi terhambat. 

2.Kopi

Minuman berkafein seperti kopi juga bisa meningkatkan gas dan memicu perut kembung. 

3.Alkohol

Kram bisa terjadi karena konsumsi alkohol yang menyebabkan dehidrasi. Kemudian jika Charm Girls memang sudah mengalami kram, alkohol dapat memperparahnya.

Bukan hanya minuman, Charm Girls juga perlu hindari beberapa makanan saat haid. Makanan berlemak tinggi karena punya efek kuat pada aktivitas hormon. Bukan hanya itu hindari juga beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, buncis, polong, hingga makanan yang terbuat dari olahan biji-bijian tersebut karena bisa menyebabkan kembung.

manfaat minum susu saat haid
Komentar (20)
A

Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
aat PMS dan haid berlangsung perempuan dihadapkan dengan berbagai larangan salah satunya pemilihan makanan dan minuman yang tepat serta aman bagi tubuh.
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
10 months ago
Balas
floating-icon