Kembali

Edukasi

Telat Haid 2 Minggu Keluar Flek Coklat, Ada Apa ya?

Telat Haid 2 Minggu Keluar Flek Coklat, Ada Apa ya?


Telat haid selama 2 minggu keluar flek coklat bisa menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita. Beberapa wanita mungkin akan langsung panik dan mengira bahwa mereka hamil, Charm Girls pernah mengalaminya? Padahal sebenarnya kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor lainnya, lho.

Flek coklat yang setelah terlambat haid bisa menjadi tanda adanya perubahan hormon dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa flek coklat juga bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lain seperti infeksi atau polip pada rahim. Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab dari telat haid dan flek coklat tersebut agar dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Apa Saja Penyebab Telat Haid dan Keluar Flek Coklat?

Sebelumnya, Charm Girls harus bisa mengidentifikasi dulu seperti apa karakteristik flek coklat seminggu sebelum haid yang kamu alami. 

Perdarahan pada masa menstruasi dapat bervariasi dalam warna dan tekstur, tapi umumnya berwarna lebih gelap dari perdarahan pada umumnya. Flek atau perdarahan yang terjadi di luar periode menstruasi cenderung berwarna lebih muda seperti merah muda hingga cokelat, memiliki volume darah yang lebih sedikit, mudah mengering, dan meninggalkan noda di celana dalam. Flek atau perdarahan tidak normal ini seringkali menjadi tanda bahwa ada kondisi tertentu dalam tubuh, terutama jika terjadi pada waktu yang tidak menentu. 

Namun tenang aja, karena sebagian besar penyebab telat haid 2 minggu keluar flek coklat tuh nggak perlu dikhawatirkan, Charm Girls. Beberapa faktor di bawah ini bisa dianggap sangat normal.

1.Gejala PMS

Sebelum siklus menstruasi, banyak wanita mengalami pre-menstrual syndrome (PMS). Nah, salah satu gejala PMS yang mungkin terjadi adalah flek coklat sekitar 1-2 sebelum darah haid keluar.

2.Sisa darah haid

Pernah mengalami haid sudah berhenti tapi keluar flek coklat? Bisa jadi itu adalah sisa darah dari periode menstruasi kita yang sebelumnya. Sisa darah tersebut bakal luruh dan tercampur sama cairan keputihan dan jadi flek coklat.

3.Cedera vagina

Telat haid 2 minggu keluar flek coklat  juga bisa disebabkan oleh cedera vagina. Misalnya, ketika ada penetrasi seksual yang terlalu kasar, pemeriksaan vagina seperti pap smear, atau penggunaan kondom dan tampon yang membuat iritasi pada miss v. 

Makanya, penting untuk menggunakan pembalut yang nyaman, lembut, dan mampu menyerap aliran darah tanpa membuat iritasi. Kamu sudah pernah coba pembalut Charm Extra Comfort Maxi? 

Pembalut dari Charm yang bisa memberikan kenyamanan sempurna, selalu bikin kamu percaya diri. Dengan pori serap extra, bisa menyerap cairan lebih sempurna. Panjangnya yang mencapai 26 cm juga bakal bikin kamu tenang beraktivitas. Nggak bakal bocor belakang! Ketebalannya pun pas, nggak akan mengganjal yang bikin selalu nyaman dipakai.

4.Alat kontrasepsi

Kalau Charm Girls baru saja memasang alat kontrasepsi seperti spiral juga bisa jadi penyebab telat haid dan keluar flek coklat. Selain itu, bergesernya posisi KB spiral juga bisa menyebabkan sedikit perdarahan.

5.Kehamilan

Penyebab flek coklat setelah terlambat haid yang satu ini patut kamu perhatikan apalagi kalau kamu memang aktif secara seksual. Setelah pembuahan sel telur, ada kemungkinan kamu mengalami flek cokelat atau merah muda yang disebut perdarahan implantasi. 

Meski tidak semua wanita mengalaminya, ada gejala yang bisa membantu membedakan apakah itu tanda kehamilan atau bukan. Misalnya, kamu  mungkin merasa payudara lebih sakit atau kencang, lebih lelah dari biasanya, sering buang air kecil, atau mual dan muntah.

6.Keguguran

Selain jadi tanda kehamilan, penyebab telat haid dan keluar flek coklat juga bisa jadi keguguran. Ketika embrio atau janin tidak berkembang, akan terjadi flek coklat, perdarahan, atau keluarnya gumpalan darah. 

7.Perimenopause

Khusus untuk Charm Girls yang memasuki usia paruh baya, sekitar 40-50 tahun, telat haid 2 minggu keluar flek coklat juga bisa jadi tanda-tanda perimenopause. Hal tersebut adalah masa peralihan sebelum menstruasi berhenti total atau menopause.

Kapan Harus Khawatir?

Memang sih, sebagian besar penyebab munculnya flek coklat dan telat haid tidak mengkhawatirkan. Namun, kamu nggak bisa benar-benar santai, Charm Girls. Apalagi kalau kamu mengalami gejala lain yang bisa jadi tanda dari masalah kesehatan lainnya.

1.PCOS

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) merupakan kondisi medis yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon androgen pada wanita. Salah satu gejalanya adalah siklus haid yang tidak teratur dan seringkali diiringi dengan munculnya flek cokelat di luar jadwal haid. 

2.Radang panggul

Penyakit radang panggul (PID) merupakan infeksi yang menyerang organ reproduksi wanita, seperti rahim, serviks, ovarium, atau tuba fallopi. Penyebabnya adalah bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual tanpa kondom. Gejala yang sering muncul adalah flek darah kecokelatan yang berbau tidak sedap, sakit saat berhubungan seks, keputihan tidak normal, serta nyeri pada panggul dan sekitar perut bagian bawah.

Ketika infeksi sudah parah, gejala bisa semakin parah dengan munculnya demam hingga menggigil. Penting untuk segera melakukan pengobatan karena jika tidak, infeksi bisa menyebar ke organ-organ sekitarnya dan menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksi. 

3.Penyakit menular seksual

Flek cokelat berbau tak sedap bisa menjadi tanda adanya penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore. Beberapa gejala umum dari penyakit kelamin adalah rasa terbakar atau sakit pada vagina, gatal, nyeri pinggul, dan keluarnya cairan vagina yang tidak normal. Sayangnya, beberapa orang tidak merasakan gejala yang jelas. Jadi, jika kamu sering berganti pasangan, penting untuk rutin melakukan tes penyakit kelamin.

4.Kanker serviks

Flek cokelat sebelum haid juga bisa menjadi tanda dari kanker serviks, sebuah kondisi serius yang memerlukan perawatan medis segera. Gejala-gejala lain dari kanker serviks meliputi sakit saat berhubungan seks, menstruasi yang lebih lama dan parah, perubahan jadwal BAB, nyeri panggul, penurunan berat badan yang tiba-tiba, dan kelelahan tanpa sebab. 

Makanya, untuk menghilangkan kekhawatiran penyebab telat haid 2 minggu keluar flek coklat yang berbahaya seperti di atas, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika keluar flek coklat berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, sering terjadi setelah berhubungan seksual, dan flek coklatnya berbau tidak sedap. 

Apalagi kalau ditambah gejala lain seperti kram perut dan vagina gatal. Tak perlu bertanya-tanya kenapa keluar flek coklat dan perut ngilu, sebaiknya cepat ke dokter agar ketahuan apa sebabnya dan apa pengobatan yang tepat dilakukan.

telat haid dan keluar flek coklat
Komentar (16)
A

Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
Pernah mengalami haid sudah berhenti tapi keluar flek coklat? Bisa jadi itu adalah sisa darah dari periode menstruasi kita yang sebelumnya. Sisa darah tersebut bakal luruh dan tercampur sama cairan keputihan dan jadi flek coklat.
9 months ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
9 months ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
9 months ago
Balas
floating-icon