Kembali

Girl's Life

Sering Mengalami Keputihan Berlebihan?

Sering Mengalami Keputihan Berlebihan?


Apakah Charm Girls sering mengalami keputihan berlebihan? Jika ya, maka kamu tidak sendirian. Kondisi ini merupakan masalah yang sering dialami oleh sebagian besar wanita di seluruh dunia. 

Keputihan pada dasarnya adalah proses alami dalam sistem reproduksi wanita. Namun, keputihan yang terlalu banyak dan berlebihan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius, lho. Lantas, kenapa keputihan banyak sekali keluar?

Penyebab keputihan berlebihan bisa berbagai macam, mulai dari infeksi bakteri, jamur, atau virus pada organ reproduksi, serta perubahan hormonal dan kebersihan diri yang buruk. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan gatal pada area genital, serta bau yang tidak sedap.

Untuk mengatasi keputihan berlebihan, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Soalnya kalau kondisi ini tidak ditangani dengan baik, dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada organ reproduksi dan memperburuk kesehatan reproduksi wanita, lho. Seram!

Bagaimana cara mengatasi keputihan yang berlebihan?

Keputihan yang berlebihan bisa membuat wanita merasa tidak nyaman dan risih. Makanya, penting untuk mengatasi penyebab keputihan berlebihan agar kondisi ini tidak lagi mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pertama, pastikan untuk menjaga area genital tetap kering dan bersih. Charm Girls sebaiknya menghindari penggunaan produk pembersih seperti vaginal douche yang bisa merusak keseimbangan bakteri vagina. Kamu juga bisa mengonsumsi yoghurt atau suplemen yang mengandung Lactobacillus untuk menjaga keseimbangan bakteri dalam vagina.

Kedua, kenakan celana berbahan katun dan hindari celana dalam yang terlalu ketat. Pastikan juga untuk membersihkan vagina dari depan ke belakang setelah berkemih agar bakteri tidak masuk ke dalam vagina, dan hindari penggunaan semprotan higienis atau bedak di area genital.

Ketiga, kompres dingin dan berendam dengan air hangat untuk meredakan gatal dan pembengkakan dan gejala serta penyebab keputihan berlebihan lainnya. 

Charm Girls juga sebaiknya tak perlu menggunakan pantyliner. Namun jika terpaksa untuk menjaga celana dalam tidak lembab, sebaiknya pilih yang tidak mengandung pengharum dan pastikan untuk menggantinya tiap maksimal 4-6 jam sekali.

Kamu bisa mencoba Charm Pantyliner Quick Fresh Non-Perfumed, nih. Pantyliner praktis yang terdiri dari dua lembar pantyliner, membuatnya jadi lebih mudah untuk diganti. Kamu cuma perlu melepas lembar atas untuk ganti ke lembar baru.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengganti pantyliner setiap 4-6 jam sekali, menghindari kelembaban di area miss v. Tenang saja, kemampuan menyerap cairannya juga bisa diandalkan sehingga terus terasa bersih. 

Bentuknya yang sesuai dengan kontur tubuh pun nyaman banget digunakan. Jalani aktivitasmu dengan nyaman walau keputihan menyerang dengan Charm Pantyliner Quick Fresh Non-Perfumed!

Terakhir, hindari hubungan seksual terlebih dahulu jika mengalami keputihan yang berlebihan dan berbau lebih dari seminggu. Sebaiknya kamu juga menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dan hindari berganti pasangan seksual agar terhindari dari risiko infeksi menular seksual.

Keputihan berlebihan apakah berbahaya?

Lantas, keputihan terus menerus pertanda apa, ya? Apakah bisa berbahaya bagi kesehatan kita? Jangan khawatir dulu, pertama kamu harus membedakan apakah keputihan yang kamu alami itu normal atau abnormal. Caranya mudah, kok.

Keputihan normal biasanya tidak berbau aneh, warnanya bening atau putih susu jernih, serta teksturnya licin dan lengket dengan konsistensi bisa cair atau pun kental. Biasanya muncul beberapa hari di antara siklus haid atau selama ovulasi.

Sementara keputihan abnormal biasanya cairannya kental dan berbau busuk menusuk, amis, atau anyir. Cairannya pun berlebihan, seperti sedang menstruasi. Lalu warnanya tidak bening melainkan kuning, hijau, coklat, dan kadang disertai darah sehingga menyisakan bercak pada pakaian dalam. Biasanya, keputihan yang berlebihan dan abnormal juga disertai gejala lain seperti luka, gatal, rasa panas, atau pembengkakan di sekitar vagina.

Nah, kalau kamu sudah mengalami berbagai tanda keputihan abnormal di atas, barulah kamu wajib khawatir karena bisa jadi itu adalah gejala dari kondisi kesehatan lain. Misalnya, ada infeksi menular seksual seperti vaginosis bakterialis, trikomoniasis, chlamydia, gonorea atau kencing nanah, herpes kelain, serta kelainan organ reproduksi lainnya, Charm Girls.

Kalau dibiarkan begitu saja, kondisi tersebut juga bisa menimbulkan berbagai komplikasi medis, lho. Seperti infeksi dan peradangan pada organ reproduksi, toxic shock syndrome, polip serviks, kemandulan, kehamilan ektopik, dan komplikasi kehamilan.

Jika itu terjadi, segeralah temui dokter untuk penanganan medis yang tepat. Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan sesuai dengan penyebab keputihan berlebihan. Misalnya, antibiotik untuk menghilangkan bakteri penyebab keputihan setiap hari atau obat antijamur jika disebabkan oleh infeksi jamur. 

Jadi, tak perlu lagi panik ketika mengalami keputihan banyak dan cair di luar siklus menstruasi. Kondisi tersebut sebenarnya normal, pastikan saja agar kamu mengatasinya agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

keputihan yang berlebihan
penyebab keputihan berlebihan
Komentar (25)
A

An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
floating-icon