Kembali

Girl's Life

Apakah menu sahur dan buka puasa mempengaruhi siklus menstruasi?

Apakah menu sahur dan buka puasa mempengaruhi siklus menstruasi?


Saat bulan Ramadan dan menjalankan ibadah puasa makanan yang masuk ke dalam tubuh diharapkan dapat memberikan energi lebih guna menunjang ibadah selama seharian penuh dari sahur hingga berbuka puasa. Berbagai jenis menu sahur dan buka puasa hadir untuk memberi pilihan panganan puasa yang bisa menunjang keberlangsungan ibadah umat Muslim.

Charm Girls puasa adalah proses ibadah menahan makan dan minum. Puasa umumnya berlangsung sebelum fajar hingga saat matahari tenggelam. Di Indonesia sendiri umumnya berlangsung sekitar 13 jam 16 menit. 

Nah Charm Girls, selain untuk ibadah puasa Ramadan punya banyak manfaat bagi tubuh seseorang seperti salah satunya adalah mengatur kolesterol jahat hingga detoksifikasi tubuh. 

Namun, tak sedikit yang merasa menstruasi jadi tidak teratur selama berpuasa, apakah memang puasa memengaruhi siklus haid? dan apakah ada pengaruh dari menu  menu sahur dan buka puasa? Di kondisi sedang berpuasa, tubuh mengalami perubahan kebiasaan, mulai dari pola makan, aktivitas hingga jenis dan poris makanan yang dimakan. 

Siklus haid biasanya terjadi pada kisaran antara 21 hingga 35 hari dan terjadi sekitar tiga sampai tujuh hari, namun saat bulan puasa, ada kemungkinan seorang perempuan mengalami haid yang tidak teratur. Siklus menstruasi sangat dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan setiap hari, salah satunya dari konsumsi makanan yang ini akan menjadi satu hal penting saat sahur dan berbuka puasa.

Charm Girls, ada sementara beberapa makanan yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Haid bisa datang dengan kelelahan, kembung, nyeri payudara, kram perut, perubahan suasana hati dan kulit berjerawat, atau ada juga yang menstruasinya jadi terlambat, terlalu cepat atau bahkan terlalu deras.

Pola makan yang seimbang dapat berperan dalam mengoptimalkan berbagai fase siklus menstruasi. Pola makan yang optimal berbeda untuk setiap orang, apalagi di saat bulan puasa, makanan tertentu dapat memberi beberapa manfaat namun ada juga yang bisa berpengaruh buruk pada siklus menstruasi. 

Nutrisi memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak mengherankan jika apa yang dimakan dapat memengaruhi kondisi selama berbagai fase siklus menstruasi.

Menu sahur dan buka puasa mempengaruhi siklus menstruasi

Secara umum ada beberapa makanan yang memang harus dihindari selama proses menstruasi atau jelang menstruasi, di saat berpuasa pola makanan juga jadi penting dan berpengaruh signifikan untuk menunjang kesiapan tubuh selama puasa.

Agar siklus haid tidak berpengaruh signifikan selama berpuasa, manfaatkan menu sahur atau buka puasa yang baik untuk tubuh dan tidak mengganggu siklus menstruasi Charm Girls. Berikut adalah menu makanan sahur dan buka puasa baik dikonsumsi.

1. Air

Minum banyak air selalu penting, dan ini terutama berlaku selama puasa dan berpengaruh untuk siklus menstruasi. Usahakan minum air secukupnya saat sahur, setelah berbuka puasa dan selama malam hingga sahur.

2. Buah

Buah-buahan kaya air, seperti semangka dan mentimun, bagus untuk tetap terhidrasi. Buah-buahan manis dapat membantu mengekang keinginan akan gula tanpa mengkonsumsi banyak gula rafinasi, yang dapat menyebabkan kadar glukosa melonjak dan kemudian turun. Selama berbuka puasa cari buah yang memang bisa menghidrasi diri.

3. Sayuran berdaun hijau

Jangan hanya mencari makanan manis untuk berbuka, segera cari sayur berdaun hijau yang punya kadar zat besi, ini baik untuk siklus menstruasi. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam dapat meningkatkan kadar zat besi. Bayam juga kaya akan magnesium.

4. Ayam

Ayam adalah makanan kaya zat besi dan protein lainnya yang dapat tambahkan ke dalam menu sahur dan buka puasa. Mengonsumsi protein sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan loh Charm Girls, dan ini dapat membantu tetap kenyang.

5. Ikan

Kaya akan zat besi, protein, dan asam lemak omega-3, ikan merupakan tambahan yang bergizi selama berpuasa. Mengkonsumsi zat besi akan menangkal penurunan kadar zat besi yang mungkin alami saat menstruasi tiba di waktu bulan puasa. Omega-3 dapat mengurangi intensitas nyeri haid, menurut sebuah studi tahun 2012.

6. Tahu 

Sumber protein yang populer untuk vegetarian dan vegan, tahu terbuat dari kedelai. Kaya akan zat besi, magnesium, dan kalsium.

Makanan yang seharusnya dihindari

Selain itu ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dalam daftar menu buka dan sahur yang bisa pengaruhi siklus haid.

Hindari makanan pedas, saat berpuasa perut akan kosong dan jika dimasukkan makanan pedas secara mendadak bisa membuat perut sakit, menyebabkan diare, sakit perut, dan bahkan mual. Jika perut sulit mentolerir makanan pedas atau jika tidak terbiasa memakannya, sebaiknya hindari makanan tersebut selama berpuasa, apalagi ini bisa berpengaruh saat menstruasi.

Selain itu Charm Girls juga harus mengenali makanan yang tidak bisa ditoleransi dengan baik. Kamu perlu memiliki kepekaan terhadap makanan, hindari makanan tersebut, terutama selama sahur dan berbuka puasa karena dikhawatirkan bisa berpengaruh pada siklus menstruasi.

Hindari minuman bersoda, berbuka dengan soda dapat menyebabkan kembung, dan jika meningkat bisa menyebabkan siklus haid menjadi terhambat. Minuman berkafein seperti kopi juga bisa meningkatkan gas dan memicu perut kembung. 

Jangan masukkan makanan olahan ke dalam daftar makanan sahur dan berbuka puasa karena bisa menyebabkan  haid terlambat. Karena makanan olahan mengandung sodium tinggi dan bisa menyebabkan kembung. Charm Girls juga perlu hindari makanan berlemak tinggi karena punya efek kuat pada aktivitas hormon. Bukan hanya itu hindari juga beberapa jenis kacang-kacangan seperti kcang merah, kacang hitam, buncis, polong, hingga makanan yang terbuat dari olahan biji-bijian tersebut karena bisa menyebabkan kembung.

menu buka dan sahur
Komentar (292)
A

An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
Balas
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
Balas
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
An
Anonymous
ok, thanks infonya
a year ago
Balas
floating-icon