Kembali

Girl's Life

Mitos atau fakta keramas saat haid menyebabkan kanker rahim?

Mitos atau fakta keramas saat haid menyebabkan kanker rahim?


Efek keramas saat haid

Selain mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman, perempuan yang haid kerap kali menghadapi berbagai larangan, mulai dari minum es, potong kuku hingga katanya keramas saat haid menyebabkan kanker rahim.

Cuci rambut saat haid terkadang tidak bisa dihindari karena kondisi tubuh saat beraktivitas berlebih atau memang sudah jadwalnya untuk keramas.

Sedangkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam ‘Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam’ pada 2016, juga menyebutkan jika menjaga kebersihan adalah hal terpenting saat haid, termasuk melakukan keramas. Kemudian dijelaskan juga bahwa keramas adalah upaya menjaga kebersihan diri yang dilakukan secara berkala. Bahkan belum ada penelitian tentang efek negatif keramas saat haid.  

Apakah keramas bisa menyebabkan kanker rahim?

Keramas dan kanker rahim tidak punya hubungan sama sekali. Kanker rahim adalah istilah umum yang menjelaskan sel kanker pada uterus atau rahim. Ada dua jenis kanker rahim, yaitu kanker endometrium dan sarkoma rahim. Tak ada dukungan dasar ilmiah yang jelas soal larangan cuci rambut saat haid yang bisa menyebabkan kanker rahim.

Kanker rahim dapat dipicu oleh siklus menstruasi yang bermasalah. Namun, faktor terbesar yang berisiko memicu kanker adalah rahim terpapar hormon estrogen terlalu lama. Paparan hormon estrogen yang terlalu lama bisa disebabkan beberapa hal yakni menstruasi lebih cepat atau di bawah 12 tahun, menopause terlambat yakni di atas 50 tahun atau tidak serta belum pernah hamil. Tiga hal itu bahkan tak ada hubungannya dengan kebiasaan keramas saat haid.

Selain itu keramas nyatanya tidak menyebabkan masalah hormon yang jadi salah satu faktor risiko kanker rahim. Karena pada dasarnya produksi hormon dalam tubuh dipengaruhi oleh kelenjar endokrin yang tersebar di beberapa bagian tubuh ya Charm Girls. Ketidakseimbangan hormon muncul karena pubertas, menstruasi, kehamilan, menyusui dan menopause bukan karena biang keroknya keramas.

Selain itu kanker rahim juga disebabkan oleh berat badan yang berlebihan atau obesitas, menjalani terapi hormon atau kanker payudara serta mewarisi sindrom Lynch atau kanker usus besar, usia lanjut tingga belum pernah hamil juga masuk faktor risiko kanker rahim.

Menjaga kebersihan saat haid

Charm Girls, mencuci rambut selama siklus menstruasi tidak memiliki efek samping. Pada dasarnya mandi saat haid tidak hanya sangat aman namun amat baik bagi perempuan. Membersihkan kepala saat haid bisa berpengaruh baik pada tubuh. Mitos yang muncul malah akan membuat perempuan semakin tidak nyaman menjalani proses menstruasi yang berulang terus menerus setiap bulannya. Sudah nyeri dan mood berantakan, perempuan masih dihadapkan dengan berbagai mitos yang merepotkan dan merugikan.

Mandi saat haid memiliki beberapa manfaat, yang terpenting adalah kebersihan. Meskipun beberapa mitos menstruasi dan mandi terdengar tidak berbahaya, dampaknya terhadap kebersihan menstruasi berpotensi menimbulkan implikasi kesehatan yang serius.

Mempraktikkan kebersihan yang baik saat Charm Girls sedang menstruasi dapat membantu mencegah iritasi dan infeksi kulit, termasuk infeksi ragi vulvovaginal, vaginosis bakterial (BV)

infeksi saluran kemih (ISK). Bukan hanya itu mandi atau menjaga kebersihan selama haid akan mencegah bau tidak sedap di area bawah atau vagina. 

Selain kebersihan, mandi termasuk cuci rambut saat haid juga menawarkan manfaat lain, seperti relaksasi. Mandi air panas dapat membantu rileks dan mengendurkan otot yang tegang, memberikan kelegaan alami dari kram dan gejala menstruasi lainnya, seperti sakit kepala dan nyeri punggung bawah. Mandi air panas sebelum tidur juga dapat membantu tidur lebih nyenyak. Selain itu mandi air hangat bisa membantu meredakan kram.

Mandi dan cuci rambut saat haid dengan nyaman

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa mandi dan cuci rambut saat haid tidak menyebabkan kanker rahim dan berbahaya, namun baik untuk menjaga kebersihan tubuh saat haid. Karena saat haid perempuan akan cenderung lebih sensitif dan perlu menjaga kesehatan serta kebersihan organ reproduksi secara ekstra. Bayangkan saat kamu sedang haid dan tidak mengganti pakaian padahal darah haid di pakaian dalam sudah membuat tidak nyaman, belum lagi saat masih harus beraktivitas seperti sekolah atau bekerja.

Saat mandi atau cuci rambut Charm Girls bisa menggunakan aromaterapi guna meredakan stress, membuat rileks setelah menghadapi hari yang melelahkan. Jangan lupa untuk menyalakan playlist lagu yang membuat naik mood. 

Manjakan diri dengan sabun atau shampoo pilihan Charm Girls yang wangi, menyegarkan dan membuat mandi lebih menyenangkan. Apalagi saat mandi menggunakan air hangat. Jangan lupa luangkan waktu untuk memanjakan diri ya Charm Girls, apalagi haid yang dihadapi tidak selalu berjalan mulus disertai rasa nyeri atau mood yang buruk. Cukup luangkan waktu 30 menit untuk mandi dan cuci rambut saat haid dan hilangkan penat.

apakah saat haid tidak boleh keramas
cuci rambut saat haid
Komentar (130)
A

An
Anonymous
Nahh ini yang sering dibilang sama orang2 mitos2 kaya gini perlu diluruskan kebenarannya
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nahh ini
a year ago
An
Anonymous
Nahh ini
a year ago
An
Anonymous
Nahh ini
a year ago
An
Anonymous
Nahh ini
a year ago
An
Anonymous
Nice artikel
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice artikel
a year ago
An
Anonymous
Nice artikel
a year ago
An
Anonymous
Nice artikel
a year ago
An
Anonymous
Nice artikel
a year ago
An
Anonymous
Hei Cha! Aku mau nanya, event rewardnya ga ada lagi ya? Terima kasih
a year ago
Balas
floating-icon