Kembali

Edukasi

8 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Haid untuk Redakan Nyeri

8 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Haid untuk Redakan Nyeri


Sebagian wanita sering kali mengalami gejala yang mengganggu menjelang haid, mulai dari kram, kembung, hingga perubahan suasana hati. Nah, untungnya, gejala tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah-buahan.

Semua jenis buah memang baik untuk kesehatan, tetapi ada beberapa jenis buah yang paling baik dikonsumsi saat haid. Buah-buahan ini umumnya kaya akan kandungan air serta zat gizi yang diperlukan untuk mengurangi keparahan gejala PMS.

Apa saja buah-buahan tersebut dan apakah buah yang sering kamu konsumsi juga ada di dalamnya? Yuk, simak dalam uraian berikut ini!

Macam-macam buah yang baik dikonsumsi saat haid

Selama haid, tubuhmu akan kehilangan cukup banyak darah sehingga kamu mudah lelah dan lemas. Selain itu, ada pula gejala lainnya, seperti kram perut, pusing, mual, dan mood swing yang bikin kamu jadi tidak nyaman beraktivitas.

Untuk mengatasi dan mencegah berbagai gejala tersebut, kamu dapat mengonsumsi beberapa jenis buah di bawah ini.

1. Jeruk

Salah satu buah yang baik dikonsumsi saat haid adalah jeruk. Pasalnya, buah ini kaya akan vitamin C, magnesium, kalium, serta vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Ini tentu pas banget buat orang yang gampang sakit ketika haid.

Selain itu, mengonsumsi jeruk juga dipercaya menjadi salah satu cara agar cepat PMS, lho. Meskipun hal ini belum terbukti secara ilmiah, nggak ada salahnya untuk mencoba buah sitrus ini demi mendapatkan kandungan gizinya.

2. Semangka

Buah selanjutnya yang baik dikonsumsi ketika haid adalah semangka. Ini karena ketika menstruasi, tubuh wanita akan kehilangan banyak darah dan air. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mendapatkan cukup air selama masa haid berlangsung. 

Semangka sangat tinggi kandungan air. Makanya, makan semangka saat haid akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu, Charm Girls. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan asupan vitamin A, B6, C, serta kalium.

3. Anggur

Mengonsumsi buah anggur dipercaya dapat membantu mengatasi haid tidak teratur dan sakit perut akibat PMS. Pasalnya, anggur mengandung sejumlah gizi yang penting selama menstruasi, seperti tembaga, vitamin A, C, dan B5. 

Buah anggur, khususnya anggur merah, juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Asupan kalium bisa membantu mengatur tekanan darah, mencegah nyeri otot panggul, dan mengurangi kembung akibat PMS.

4. Segala macam beri

Semua jenis beri, baik itu bluberi, stroberi, atau blackberry, adalah buah yang sangat baik dikonsumsi saat haid. Pasalnya, buah berbentuk bola kecil yang kaya zat gizi ini bisa membantu meredakan kram haid dan mencegah kembung.

Buah beri juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari zat berbahaya yang disebut radikal bebas. Selain melindungimu dari penyakit, antioksidan juga membantu memperbaiki mood dan mengurangi keparahan nyeri haid.

5. Pir

Salah satu pilihan makanan terbaik untuk dikonsumsi ketika menstruasi adalah buah pir. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin C, dan tembaga. Ketiganya bermanfaat untuk menjaga sistem imun serta mengurangi mood yang buruk dan peradangan akibat PMS.

6. Pisang

Kalau bicara tentang buah yang baik untuk dikonsumsi saat haid, tentu kita nggak boleh melewatkan pisang. Buah berwarna kuning itu ternyata kaya akan zat gizi yang tubuh perlukan selama menstruasi, terutama kalium, magnesium, dan vitamin B6.

Berkat ketiga zat gizi tersebut, mengonsumsi pisang bisa membantu mengatur tekanan darah, mengurangi kembung, serta mengatasi nyeri dan masalah pencernaan. Jadi, tak heran kalau banyak yang mengolah pisang menjadi jus pereda nyeri saat haid.

7. Apel hijau

Omong-omong tentang jus pereda nyeri saat haid, kamu juga bisa menggunakan bahan lain berupa apel hijau. Di dalam apel hijau, terdapat kandungan besi dan magnesium yang tinggi untuk mengatasi kram dan kelelahan saat haid.

Tidak cuma itu, magnesium juga dapat membantu mengurangi retensi air (kelebihan air yang menumpuk) di dalam perut. Ini akan meredakan kembung yang biasanya menjadi masalah utama perempuan saat menstruasi.

8. Nanas

Satu lagi jenis buah yang baik dikonsumsi saat haid adalah nanas. Ini lantaran nanas mengandung enzim bromelain, yaitu enzim yang terbukti memiliki sifat anti-inflamasi (antiradang) sehingga dapat mengatasi keluhan nyeri dan kram ketika haid.

Ditambah lagi, nanas juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Asupan vitamin C yang cukup membantu menjaga kekebalan tubuh, jadi kamu pun tidak akan gampang sakit selama menstruasi.

Nah, itu dia sederet buah-buahan yang baik dikonsumsi selama menstruasi. Meskipun buah sangat bermanfaat, perlu dicatat bahwa makan buah bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi gejala menstruasi ya, Girls!

Jika makan buah-buahan tidak cukup untuk meredakan keluhan selama haid, kamu pun bisa melakukan cara lain, seperti mengompres perut dengan lap hangat, berjalan kaki, memijat perut, atau mengonsumsi obat pereda nyeri kalau memang tidak tertahankan.

Untuk mencegah nyeri haid yang parah, jangan lupa jalani gaya hidup sehat sebelum dan selama haid. Minum air putih yang banyak, makan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan asin, dan sebisa mungkin hindari hal-hal yang membuatmu stres.

makan semangka saat haid
jus pereda nyeri haid
Komentar (48)
A

An
Anonymous
Sangat informatif
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
floating-icon