Kembali

Edukasi

Inilah Tahapan Masa Pubertas, Charm Girls Sudah Mengalaminya?

Inilah Tahapan Masa Pubertas, Charm Girls Sudah Mengalaminya?


Masa pubertas adalah masa yang penuh dengan perubahan. Pada masa ini, tubuh remaja perempuan mengalami banyak sekali tahapan masa pubertas meliputi perubahan fisik, perubahan hormonal, menstruasi, perubahan emosional, dan perubahan sosial. 

Tahapan-tahapan ini dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan remaja perempuan, Charm Girls. Makanya, penting banget agar kamu memahami tahapan-tahapan ini agar bisa menjalani masa pubertas dengan sehat dan bahagia.

Berikut adalah beberapa tahapan masa pubertas yang harus dilalui remaja perempuan:

  • Tahap 1

Tahap masa pubertas pada perempuan dimulai ketika kita masih berusia antara 8-11 tahun. Pada tahap ini, perubahan fisik memang belum terlalu terlihat. Tapi otak kita sudah mulai mengirim sinyal ke tubuh untuk mempersiapkan diri mengalami pubertas. Tapi untuk sisi psikis, mulai ada perubahan yang terjadi. Anak-anak mungkin akan lebih mudah berubah perasaannya.

  • Tahap 2

Tahap masa pubertas selanjutnya pada pubertas perempuan adalah menstruasi pertama, yang biasanya terjadi pada usia 9-11 tahun. Masa-masa ini adalah awal mula perkembangan fisik dan perubahan pada tubuh bakal mulai terlihat.

Mulai dari payudara yang tumbuh sedikit dan terkadang gatal atau sakit ketika tersentuh, rahim mulai membesar, dan rambut kemaluan mulai tumbuh di bibir vulva.

  • Tahap 3

Di usia 12 tahun, tahapan masa pubertas selanjutnya makin terlihat. Payudara semakin berkembang, rambut kemaluan tumbuh lebih tebal dan keriting, serta ada juga rambut di ketiak. Jerawat juga lebih banyak muncul di wajah dan punggung, serta lemak yang terbentuk di pinggul dan paha.

Nah, di tahapan ini pula kita akan mengalami menstruasi pertama atau menarche karena organ reproduksi sudah mulai matang. Siklusnya memang kadang masih berantakan, tapi akan berangsur normal setelah 1 tahun. Pada tahap masa pubertas ini, perempuan harus mulai memperhatikan kebersihan dan kesehatan organ intimnya.

Untuk menstruasi pertama, pastikan kamu menggunakan pembalut yang nyaman untuk aktivitas sehari-hari, nih. Misalnya seperti pembalut Charm Slim Protect+, pembalut paling tipis dengan ketebalan hanya 0,1 cm yang bikin serasa nggak pakai. Kamu bisa tetap bebas bergerak dan beraktivitas apa pun tanpa khawatir terganggu.

Tenang aja, pori serap extra tetap bisa menyerap banyak cairan sampai kering dan tidak menyebar, kok. Nggak perlu khawatir bocor, deh. Oh ya, kamu juga bisa pakai Charm Slim Protect+ 26 cm untuk mencegah bocor belakang di siang hari. Double block line-nya bisa menahan cairan, dan bantalan fleksibelnya bakal pas di tubuh dan selalu kembali ke bentuk semula. Anti nyelip!

  • Tahap 4

Tahap pubertas selanjutnya bisa dialami remaja perempuan di usia antara 12-14 tahun. Saat ini, fisik kita sudah jauh lebih matang seluruhnya, Charm Girls. Mulai dari payudara yang penuh, menstruasi teratur, organ reproduksi sudah berkembang penuh, rambut kemaluan dan ketiak yang lebih lebat, dan tinggi badan yang pertambahannya agak melambat. 

  • Tahap 5

Tahap ini biasanya dimulai sejak remaja 15 tahun sampai 18 tahun. Ini adalah fase puncak perkembangan anak. Jaringan payudara sudah tumbuh sepenuhnya, putting tampak menonjol dan areola tampak mendatar kembali serta berwarna lebih gelap. Sementara rambut kemaluan akan tumbuh lebat bahkan melampaui daerah selangkangan dan menyebar sampai ke paha bagian dalam.

Tahap terakhir dalam masa pubertas bagi perempuan adalah perkembangan psikologis. Tahap ini berfokus pada perubahan sikap dan kepribadian remaja perempuan yang semakin matang. Di tahap pubertas ini, remaja perempuan mengalami perubahan dalam berpikir dan merasa lebih dewasa.

Tips menjalani tahap masa pubertas

Masa pubertas merupakan masa yang penuh dengan perubahan dan tantangan bagi remaja perempuan. Tidak jarang banyak remaja perempuan yang merasa kesulitan dan kebingungan dalam menghadapi perubahan fisik dan emosi yang terjadi pada dirinya. 

Lantas, adakah beberapa tips yang bisa membantu kita melewati semua tahap pubertas tersebut dengan lebih nyaman dan mudah? Tentunya ada, Charm Girls. Berikut beberapa di antaranya.

1.Jaga kebersihan

Selama masa pubertas, sangat penting untuk menjaga kebersihan diri. Ini termasuk mandi setiap hari, mengganti pakaian dalam secara teratur, dan membersihkan area intim dengan benar. Jika tidak menjaga kebersihan diri dengan baik, dapat menyebabkan infeksi dan masalah kesehatan lainnya.

2.Makan makanan sehat

Makan makanan sehat sangat penting selama masa pubertas. Ini membantu menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit. Makanan sehat termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak seperti ikan dan ayam. Hindari makanan cepat saji dan makanan yang tinggi lemak dan gula.

3.Olahraga yang teratur

Berolahraga secara teratur sangat penting selama masa pubertas. Ini membantu menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit. Olahraga yang disarankan termasuk berjalan kaki, berlari, bersepeda, dan berenang.

4.Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting selama masa pubertas. Ini bisa membantu tubuhmu memulihkan diri dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit. Cobalah untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam.

5.Hindari rokok dan alkohol

Merokok dan minum alkohol sangat berbahaya selama masa pubertas. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan dapat mempengaruhi perkembangan tubuh kamu, lho. 

6.Kelola stres

Bukan rahasia kalau stres memang sulit dikelola. Tapi kamu mungkin mencobanya dengan cara yang sehat seperti berolahraga, meditasi, atau melakukan hobi yang kamu sukai.

7.Bicara dengan orangtua atau dokter

Jika kamu mengalami masalah selama masa pubertas, sangat penting untuk bicara dengan orang tua atau dokter. Jangan ragu atau pun takut, ya. Mereka dapat memberikan saran dan dukungan yang kamu butuhkan. Pastikan untuk bertanya pada orang dewasa yang benar-benar kamu percaya.

8.Bersenang-senang

Terakhir, jangan lupa untuk bersenang-senang selama masa pubertas. Ini adalah masa yang penuh dengan perubahan dan tantangan, tetapi juga merupakan waktu yang menyenangkan dan menarik. 

Terkadang, kamu akan merasa lelah dan stres dengan segala perubahan yang terjadi. Memberikan waktu dan ruang untuk diri sendiri dapat membantu meredakan stres dan memberikan kesempatan untuk merenung dan memperkuat diri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri selama masa pubertas. Ingatlah bahwa kamu tidak sendirian dan bahwa banyak orang mengalami hal yang sama. Charm Girls bisa mencoba untuk menikmati setiap momen dan menjalani tahapan masa pubertas dengan sehat dan bahagia.

tahap masa pubertas
tahap pubertas
Komentar (76)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
10 months ago
An
Anonymous
Nice info
10 months ago
An
Anonymous
Nice info
10 months ago
An
Anonymous
Nice info
10 months ago
An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
10 months ago
Balas
floating-icon