Kembali

Edukasi

5 Manfaat Mengonsumsi Vitamin C untuk Wanita Haid

5 Manfaat Mengonsumsi Vitamin C untuk Wanita Haid


Asam askorbat atau yang secara umum dikenal sebagai vitamin C memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh alias sistem imun. Nah, kamu bisa merasakan manfaat ini terutama selama masa menstruasi.

Bahkan, banyak orang percaya bahwa salah satu cara agar PMS cepat datang adalah dengan makan makanan mengandung vitamin C. Meski belum ada bukti ilmiah pasti mengenai hal ini, memang benar bahwa vitamin C dapat meningkatkan kadar hormon tertentu yang mengontrol siklus menstruasi.

Lantas, apa saja, ya, manfaat selengkapnya dari vitamin C untuk perempuan yang lagi haid? Lalu, bagaimana cara mengonsumsinya? Yuk, cari tahu jawabannya di dalam artikel ini!

Manfaat vitamin C untuk perempuan yang sedang haid

Vitamin C merupakan antioksidan alami yang dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan tubuh untuk melawan penyakit. Dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C secara rutin, kesehatan pun akan terjaga.

Selain itu, vitamin C juga membantu mengurangi keluhan selama menstruasi, terutama terkait siklus menstruasi yang tidak teratur. Pasalnya, vitamin yang satu ini dipercaya dapat merangsang kontraksi dan peluruhan dinding rahim.

Nah, berikut ini beragam manfaat vitamin C untuk siklus haid wanita yang harus kamu ketahui.

1. Mempercepat haid

Tahukah kamu bahwa salah satu cara agar cepat PMS adalah dengan mengonsumsi sumber vitamin C? Pada sejumlah penelitian, diketahui bahwa hormon reproduksi yang disebut estrogen akan meningkat setelah tubuh menerima vitamin C.

Vitamin C memang tidak mempercepat haid secara langsung, tetapi perannya cukup penting untuk siklus haid yang normal. Ditambah lagi, vitamin ini juga melindungi sel-sel tubuhmu dari kerusakan, termasuk yang dapat mengacaukan siklus haid.

2. Memperlancar haid

Selain membuat haid lebih cepat datang, konsumsi makanan mengandung vitamin C juga penting agar haid tetap lancar. Pasalnya, vitamin dengan nama lain asam askorbat ini akan menurunkan hormon reproduksi lainnya yang disebut progesteron.

Peningkatan produksi estrogen dan penurunan produksi progesteron akan merangsang kontraksi otot rahim. Hasilnya, jaringan serta darah yang ada pada lapisan rahim akan luruh dan keluar dari vagina.

3. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Biasanya, alasan orang mengonsumsi vitamin C adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini berkaitan dengan fakta bahwa vitamin C mampu mendorong pertumbuhan limfosit, yaitu sel darah putih yang menjaga tubuh dari infeksi.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C bisa mempercepat penyembuhan luka atau rasa sakit yang berhubungan dengan PMS. Nah, manfaat ini tentu penting untuk kamu yang ingin selalu fit dan aktif meskipun sedang haid.

4. Mengurangi nyeri haid

Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi (antiradang) yang baik untuk perempuan selama haid. Peradangan di dalam tubuh bisa memperparah nyeri haid. Berkat sifat antiradang di dalamnya, vitamin C mungkin dapat mengurangi keluhan ini.

Kamu bisa menemukan vitamin C dengan mudah dalam banyak makanan, mulai dari buah jeruk, kiwi, jambu biji, hingga tomat dan paprika. Saking berlimpahnya vitamin C, kamu pun bisa menemukannya dalam sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.

5. Menjaga kulit tetap sehat

Perubahan hormon estrogen dan progesteron menjelang menstruasi bisa menimbulkan jerawat. Ini tentu mengganggu banget, terutama buat kamu yang sangat peduli dengan penampilan. Nah, untungnya, kamu dapat menjaga kulit tetap sehat dengan vitamin C, Charm Girls!

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, yakni protein yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan jaringan tubuh. Dengan makan makanan kaya vitamin C, kamu turut membantu produksi kolagen sehingga kulitmu tetap bersih dan sehat.

Bagaimana cara mengonsumsi vitamin C untuk haid?

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin C dengan sendirinya. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti:

  • buah-buahan sitrus (jeruk, lemon, kiwi),
  • sayuran hijau,
  • jambu biji,
  • paprika merah,
  • pepaya,
  • mangga, dan
  • stroberi.

Kamu juga bisa menemukan vitamin ini dalam bentuk suplemen tablet, tapi sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Sebagai catatan, tubuh hanya dapat menyerap sekitar 90 miligram (mg) vitamin C untuk pria dan 75 mg untuk wanita setiap harinya. 

Kebutuhan tersebut sebenarnya sudah bisa terpenuhi dengan makanan yang beragam. Jadi, kamu tidak perlu mengonsumsi vitamin C ratusan mg per hari hanya agar cepat haid. Apalagi, konsumsi vitamin C yang berlebihan justru bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, diare, mual, dan bahkan kram perut.

vitamin c untuk mempercepat haid
vitamin c agar cepat haid
Komentar (26)
A

An
Anonymous
Thanks cha
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
floating-icon