Kembali

Girl's Life

Yuk, Kenali Ciri-Ciri PCOS Sejak Dini!

Yuk, Kenali Ciri-Ciri PCOS Sejak Dini!


Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kelainan yang terjadi saat tubuh wanita memproduksi lebih banyak androgen (hormon pria) dari seharusnya. Kadar hormon androgen yang tinggi lantas menyebabkan munculnya kantong-kantong berisi cairan di dalam ovarium.

Dengan adanya kantong tersebut, proses ovulasi pun tidak bisa berjalan secara normal. Nah, masalah hormonal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari yang ringan seperti haid tidak teratur hingga yang lebih parah. 

Lantas, apa saja ciri-ciri PCOS pada wanita? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak untuk mengetahui jawabannya!

Apa saja ciri-ciri PCOS?

Beberapa wanita mungkin udah pernah mengalami gejala PCOS selama menstruasi. Sementara itu, ada juga yang baru tahu kondisinya setelah mengalami gejala PCOS lainnya, seperti kenaikan berat badan secara drastis atau kesulitan untuk hamil. 

Nah, berikut adalah berbagai ciri PCOS pada wanita.

1. Haid tidak teratur

PCOS adalah salah satu penyebab haid tidak lancar. Ini karena PCOS menyebabkan pembentukan banyak kantong berisi cairan (kista) di dalam ovarium. Kista yang banyak tersebut membuat ovarium kesulitan melepaskan sel telur. Akibatnya, proses pelepasan sel telur (ovulasi) pun gagal terjadi.

Selain itu, PCOS menyebabkan kadar hormon estrogen, progesteron, LH, dan FSH di dalam tubuh pengidapnya jadi tidak seimbang. Sebagai dampaknya, siklus menstruasi jadi tidak teratur atau bahkan tidak datang sama sekali.

2. Menstruasi berat

PCOS dapat mengganggu keseimbangan hormon-hormon di dalam tubuh. Salah satu dampaknya adalah lapisan dinding rahim jadi lebih tebal dari seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan menstruasi yang lebih lama dengan perdarahan yang lebih banyak.

3. Pertumbuhan rambut yang berlebihan

Pertumbuhan rambut berlebih merupakan ciri-ciri PCOS yang sangat umum. Lebih dari 70% wanita dengan PCOS mengalami pertumbuhan rambut di wajah, punggung, perut, dan dada. Kondisi ini juga bisa disebut sebagai hirsutisme.

4. Munculnya jerawat

Salah satu efek tingginya hormon pria di dalam tubuh wanita adalah produksi minyak berlebih, termasuk pada wajah. Akibatnya, muncul banyak jerawat di area wajah, dada, bahkan punggung bagian atas.

5. Penambahan berat badan secara drastis

Sekitar 80% wanita dengan PCOS mengalami penambahan berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan oleh hilangnya fungsi sel untuk merespons insulin, sedangkan tubuh tetap memproduksinya. Insulin adalah hormon yang mengubah gula darah jadi energi.

Akibatnya, kamu terus merasa lapar meski sudah makan banyak. Gula dari makanan tidak diubah menjadi energi sehingga tubuhmu terus mengirimkan sinyal lapar. Seiring waktu, kondisi ini bisa menyebabkan kelebihan berat badan hingga obesitas.

6. Masalah pada kulit

Satu lagi ciri PCOS pada wanita yaitu munculnya bercak gelap pada kulit. Biasanya, bercak tersebut muncul di area lipatan, seperti leher, selangkangan, dan bagian bawah payudara. Selain itu, kadar insulin yang tinggi juga bisa menyebabkan penebalan pada kulit. Kulit yang menebal ini akan tampak lebih gelap dari area kulit di sekitarnya.

7. Sakit kepala

Perubahan hormon yang cukup drastis bisa memicu rasa sakit pada kepala, baik yang ringan hingga berat. Itulah kenapa wanita yang mengalami PCOS kerap mengeluhkan sakit kepala, bahkan hampir setiap hari.

Apa penyebab PCOS?

Sebenarnya, penyebab PCOS belum diketahui secara pasti. Namun, banyak penelitian menyatakan bahwa gangguan hormon ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Ovarium wanita berperan dalam memproduksi sejumlah hormon, di antaranya estrogen (hormon wanita) dan juga androgen (hormon pria). Nah, agar fungsi tubuh bisa bekerja dengan baik, produksi keduanya harus seimbang.

Akan tetapi, wanita pengidap PCOS mempunyai kadar androgen yang lebih tinggi dan estrogen yang cukup rendah. Ketidakseimbangan inilah yang menimbulkan beragam ciri PCOS pada tubuh wanita.

Bagaimana cara mengatasi PCOS?

Meskipun PCOS tidak bisa disembuhkan, ada beberapa pengobatan untuk mengatasi gejala-gejalanya. Oleh sebab itu, jika kamu merasa mengalami gejala PCOS, segeralah konsultasikan hal tersebut dengan dokter. 

Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan panggul untuk menentukan apakah masalahnya ada pada ovarium atau organ reproduksi lainnya. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan darah lengkap untuk mengukur kadar kolesterol, insulin, dan hormon androgen dalam tubuhmu.

Nah, berikut ini cara mengatasi gejala PCOS yang disarankan oleh layanan kesehatan.

1. Perawatan medis untuk wanita dengan PCOS

Berikut beberapa perawatan medis yang bisa diberikan untuk mengatasi gejala PCOS.

  • Penggunaan pil KB untuk mengatasi gangguan keseimbangan hormon sehingga ovulasi bisa berjalan secara normal.
  • Obat untuk meningkatkan kadar insulin. Akan tetapi, obat ini tidak dianjurkan untuk pengidap PCOS yang sedang hamil.
  • Obat kesuburan agar wanita dengan PCOS bisa hamil.
  • Perawatan rambut untuk mengatasi rambut-rambut halus yang tumbuh berlebih.
  • Pembedahan ovarium untuk mengembalikan fungsi normal ovulasi.

2. Diet dan gaya hidup untuk mengatasi PCOS

Selain perawatan medis, kamu juga bisa mengatasi gejala PCOS dengan menerapkan diet dan gaya hidup sehat seperti berikut.

  • Olahraga teratur untuk menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga juga bisa memperbaiki kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit diabetes.
  • Mengonsumsi karbohidrat dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  • Tidur dengan cukup untuk menghindari gangguan hormon insulin lebih lanjut.
  • Mengelola stres dengan baik guna mencegah kemunculan gejala PCOS lainnya.

Sindrom polikistik (PCOS) merupakan masalah keseimbangan hormon akibat tingginya kadar hormon pria di dalam tubuh wanita. Ciri-ciri PCOS pada wanita antara lain haid yang tidak teratur, masalah kulit, dan tumbuhnya rambut halus pada beberapa bagian tubuh.

PCOS memang tidak bisa sembuh, tapi kamu nggak perlu berkecil hati. Wanita dengan PCOS tetap bisa hidup normal dengan menjalani pengobatan dari dokter dan menjalani gaya hidup sehat. Pengobatan pun akan lebih efektif kalau kondisi ini terdeteksi lebih awal. Jadi, kalau kamu merasakan gejalanya, konsultasikan ke dokter ya, Charm Girls!

ciri ciri pcos pada wanita
ciri pcos pada wanita
Komentar (59)
A

An
Anonymous
Ok
a year ago
Balas
An
Anonymous
Ok
a year ago
Balas
An
Anonymous
Ok
a year ago
Balas
floating-icon