Kembali

Girl's Life

Apa ya, Penyebab Nafsu Makan Bertambah Menjelang Haid?

Apa ya, Penyebab Nafsu Makan Bertambah Menjelang Haid?


Nggak sedikit cewek yang mengeluhkan jadi lebih suka makan atau ngemil selama PMS atau menjelang hari pertama menstruasi. Kamu salah satunya? Kira-kira, apa penyebab nafsu makan bertambah menjelang haid, ya? Apakah hal itu normal, atau kita wajib waspada?

Tenang dulu, Charm Girls. Nafsu makan meningkat saat PMS adalah hal yang sangat normal, kok. Itu merupakan salah satu tanda tanda menstruasi yang wajar dialami wanita mana pun. Hormon serotonin, progesteron, dan estrogen adalah alasan kenapa menjelang haid nafsu makan meningkat. 

Seperti diketahui, kadar hormon pada tubuh wanita bakal sangat naik-turun selama siklus haid terjadi. Nah, ternyata perubahan kadar hormon progesteron dan estrogen bisa membuat wanita lebih ingin makan makanan tinggi karbohidrat seperti makanan cepat saji dan juga gula.

Selain itu, penyebab nafsu makan bertambah menjelang haid lainnya adalah penurunan hormon serotonin, yang berfungsi memicu rasa bahagia. Serta peningkatan hormon kortisol yang adalah penyebab hormon stres.

Semua hormon tersebut ternyata saling terkait dan memengaruhi suasana hati kita. Kita dibuat begitu sensitif dan tidak stabil, serta mencari cara untuk memperbaikinya. Nah, tubuh kita menggunakan makanan dengan karbohidrat tinggi, berlemak, dan manis sebagai cara meningkatkan hormon serotonin dan jadi “obat” mood swing tersebut, Charm Girls. 

Nggak heran kalau banyak wanita yang mengonsumsi lebih banyak kalori saat PMS, yakni hingga sekitar 500 kalori lebih banyak dari biasanya. Makanya nggak heran kalau berat badan kita jadi bertambah.

Adakah cara mengatasi nafsu makan meningkat saat PMS?

Kalau kamu juga merasakan gejala yang sama, nggak perlu khawatir. Soalnya, ada cara mudah untuk mengontrol masalah tersebut, Charm Girls. Hal tersebut sangat mudah dilakukan, asalkan kamu konsisten.

Berdasarkan berbagai penelitian, wanita PMS bukannya makan dengan porsi lebih banyak. Namun jadi lebih sering ngemil saja karena kita merasa mudah lapar dan hanya ingin mengunyah sesuatu.

Penyebab nafsu makan bertambah menjelang haid, tapi kamu bisa menahan diri melakukan berbagai faktor yang menyebabkan berat badan bertambah. Misalnya, mengalihkan camilan ke makanan yang lebih sehat.

Jangan pilih makanan cepat saji atau makanan manis penuh gula. Kurangi makanan mengandung karbohidrat olahan seperti biskuit, roti, kue kering, dan nasi putih. Kalau mau roti pun, sebaiknya pilih roti dengan gandum utuh.

Coba pilih karbohidrat kompleks yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, seperti oatmeal, nasi merah, ubi, buah-buahan manis, buah kering, dan kacang-kacangan. Kamu juga bisa mengalihkannya pada daging, ikan, sayur-sayuran, serta makanan berkalsium tinggi seperti jus jeruk, susu, keju, dan yoghurt. 

Sebaiknya kurangi juga makanan yang mengandung estrogen karena bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara dan kanker rahim. Beberapa jenis makanan tersebut adalah biji rami, anggur merah, biji wijen, sayuran cruciferous, dan lainnya.

Oh ya, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan untuk meredakan suasana hati yang buruk, serta mengalihkan rasa laparmu. Tak perlu lakukan olahraga berat, cukup yang bisa membuat tubuh dan hati rileks saja. Jangan lupa juga untuk minum air yang banyak, ya.

Lantas, haruskah kamu mengunjungi dokter jika mengalami gejala tersebut?

Sebenarnya, penyebab nafsu makan bertambah menjelang haid adalah normal. Tapi memang, jika nafsu makan meningkat saat PMS sudah dirasa sangat tidak wajar, kamu sebaiknya mengunjungi dokter gizi untuk berkonsultasi.

Soalnya, kalau nafsu makanmu meningkat dengan sangat parah disertai dengan mood swing yang begitu ekstrem dan rasa lapar berlebihan, itu bisa jadi tanda-tanda gangguan disforik pramenstruasi (PMDD), lho. Soalnya, kondisi tersebut cukup serius dan bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

Selain menjaga asupan tubuh, kita juga nggak boleh lupa untuk menggunakan pantyliner yang bisa memberikan kenyamanan maksimal selama momen PMS. Aman sepanjang hari, suasana hati pun terjaga.

Kamu sudah pernah coba pantyliner Charm Cooling Fresh Slim atau Long & Wide? Pantyliner dengan inovasi baru yang dilengkapi ekstrak daun mint, bisa memberikan sensasi dingin menyegarkan dan mengurangi rasa gerah, lembab, dan bau tak sedap pada area miss v.

Jangan khawatir merasa nggak nyaman, karena lapisannya tipis banget sampai-sampai berasa tidak memakai. Walaupun tipis, tapi daya serapnya maksimal banget. Bisa menyerap cairan hingga terasa tetap bersih dan nyaman digunakan.

Pantyliner Charm Cooling Fresh juga dilengkapi perekat kuat dan dengan bentuk yang mengikuti bentuk tubuh. Cegah geser dan nyelip. Area permukaannya pun lembut banget, nggak perlu khawatir iritasi sepanjang hari!

nafsu makan meningkat saat PMS
Komentar (21)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
a year ago
Balas
An
Anonymous
Ya begitulah
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks cha
a year ago
Balas
floating-icon