Kembali

Girl's Life

Ciri-ciri gangguan tiroid pada wanita

Ciri-ciri gangguan tiroid pada wanita


Gangguan tiroid pada wanita bisa saja terjadi. Penyakit ini adalah gangguan yang dipicu oleh kelainan fungsi atau bentuk kelenjar tiroid. Meski bisa terjadi pada laki-laki namun lebih banyak atau lebih sering terjadi pada perempuan.

Nah Charm Girls, sebelum mengenal gangguan tiroid pada wanita dan bahayanya, pertama perlu dipahami dulu, kelenjar tiroid adalah kelenjar kecil yang terletak pada leher dan berbentuk seperti kupu-kupu. Kelenjar ini punya fungsi untuk menghasilkan hormon tiroid yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. 

Gangguan pada kelenjar tiroid dan hormon tiroid bakal menimbulkan penyakit tiroid yang berbeda, ini tergantung dari jenis dan penyebabnya ya Charm Girls.

Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita karena kinerja dari kelenjar hormon tiroid berkaitan erat dengan hormon estrogen. Penyakit ini bukan tergolong menular ya Charm Girls tapi jadi salah satu penyakit turunan yang bisa diturunkan. Gangguan tiroid seperti kelenjar yang terlalu aktif (hipertiroid) atau kurang aktif (hipotiroid) dapat menyebabkan hormon tidak seimbang. 

Beberapa ciri dari kelenjar tiroid adalah saat seseorang mulai merasa mudah lelah, rambut rontok, perubahan berat badan hingga terasa nyeri di otot atau sendi. Jika memang itu terjadi, jangan segan untuk menemui dokter.

Charm Girls, penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak melihat berapa usia seseorang. Tetapi ada faktor yang bisa membuat seorang perempuan berisiko alami penyakit tiroid. Seperti haid yang sangat sedikit, haid sangat banyak, siklus haid tidak teratur, atau tidak haid padahal belum menopause juga disebabkan oleh gangguan tiroid.

  • Perempuan
  • Berusia di atas 60 tahun
  • Punya keluarga dengan riwayat penyakit tiroid
  • Punya riwayat menderita penyakit kronis, seperti diabetes atau penyakit autoimun
  • Pernah menjalani pengobatan dengan iodium radioaktif
  • Pernah operasi tiroid
  • Pernah jalani radioterapi di dada

Penyebab penyakit tiroid pada wanita

Mengetahui penyebabnya bisa meminimalisir bahaya penyakit tiroid pada wanita, ada beberapa penyebab dari penyakit ini ya Charm Girl, yang pasti penyakit ini terjadi saat kelenjar tiroid mengalami perubahan bentuk atau produksi terlalu sedikit, bisa juga terlalu sedikit hormon tiroid. 

1.Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi ini terjadi saat jumlah hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid terlalu sedikit.

2. Hipertiroidisme

Berbeda di O dan E, Hipertiroidisme adalah kondisi ini terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.

3. Kanker Tiroid

Kemudian kanker tiroid adalah penyakit yang terjadi ketika munculnya jaringan kanker pada kelenjar tiroid.

4. Gondok

Selain itu ada penyakit gondok umumnya terjadi karena adanya pembengkakan kelenjar tiroid dan terlihat benjolan di leher

Penyakit tiroid disebabkan oleh berbagai macam, tergantung dari jenisnya juga loh Charm Girls. Pertama faktor genetik, penyakit autoimun, peradangan yang terjadi pada kelenjar tiroid, kekurangan yodium, melahirkan, gangguan pada kelenjar pituitari atau hipofisis.

Bahaya gangguan tiroid pada wanita dan efeknya juga bisa membuat siklus haid tak normal. Efek gangguan tiroid pada wanita dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi. Perempuan dengan gangguan tiroid bisa mengalami pubertas dini atau terlambat, haid yang tidak normal, gangguan kesuburan, kista yang lebih berisiko, mual parah saat hamil, komplikasi kehamilan, menopause dini, hingga perdagangan tiroid pasca melahirkan.

Ada beberapa gejala dari penderita hipertiroidisme mulai dari 

  • Termor
  • Jantung berdebar
  • Berat badan menurun
  • Mudah berkeringat
  • Gangguan tidur
  • Gugup, cemas, dan mudah tersinggung

Penderita hipotiroidisme dapat mengalami gejala berupa:

Mudah mengantuk dan cepat lelah

Mudah lupa

Mudah merasa kedinginan

Kulit dan rambut menjadi kering

Rambut mudah rontok

Suara serak

Pembengkakan di bagian tubuh

Menstruasi yang lebih banyak dari biasanya pada wanita

Cara mengatasinya 

Cara menyembuhkan kelenjar tiroid tergantung pada jenis, gejala, dan penyebab yang mendasarinya, Charm Girls bisa memilih cara alami atau secara medis.

1. Minyak Kelapa membantu mencegah dan menyembuhkan masalah pada kelenjar tiroid, karena memiliki asam lemak yang bisa bantu kelenjar tiroid berfungsi dengan baik. 

2. Cuka Sari Apel yang membantu proses penyembuhan kelenjar tiroid dengan gangguan, bisa membantu tubuh mengatur hormon, meningkatkan sistem metabolisme, dan membersihkan racun dari tubuh serta membantu proses penyerapan nutrisi.

3. Jahe kaya akan mineral penting seperti potasium dan magnesium, membantu peradangan yang jadi salah satu penyebab utama masalah tiroid

4. Vitamin B atau lebih tepatnya B12 punya peran penting untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Saat vitamin B12 di tubu menurun maka akan terjadi disfungsi kelenjar tiroid dan menghambat kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon penting yang mengatur banyak fungsi tubuh. Vitamin B lainnya bisa didapat dari telur, daging, ikan, kacang-kacangan, susu, keju, dan wijen.

Selain cara alami, Charm Girls bisa mencoba cara medis, seperti di bawah ini.

1. Obat Tiroid yang disesuaikan dengan jenis penyakit kelenjar tiroid, jika hipertiroidisme maka perlu konsumsi obat yang menghentikan produksi hormon tiroid, biasanya methimazole dan propylthiouracil. 

Sedangkan hipotiroidisme akan diberikan obat untuk menambahkan kembali hormon tiroid, biasanya levothyroxine.

Dengan obat penyakit tiroid bisa dikontrol dan kehidupan bisa dijalani dengan normal.

2.Yodium Radioaktif

Terapi radiasi atau yodium radioaktif adalah pengobatan bagi yang mengalami hipertiroidisme. Yodium radioaktif akan rusak sel-sel tiroid dan mencegahnya menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah besar.

3. Beta blocker

Pengobatan beta blocker adalah untuk meredakan gejala akibat kelebihan kelenjar tiroid, namun tidak mengubah jumlah hormon dalam tubuh tetapi fungsinya membantu mengendalikan gejala yang timbul.

4. Operasi Tiroid

Tiroidektomi atau operasi tiroid dengan pengangkatan sebagian atau keseluruhan dari kelenjar tiroid anda.Resikonya adalah berhentinya dari memproduksi hormon tiroid, makan perlu konsumsi obat hormon pengganti tiroid selamanya.

bahaya penyakit tiroid pada wanita
Komentar (22)
A

An
Anonymous
informasi yang sangat bermanfaat
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
floating-icon