Kembali

Edukasi

Kenali sindrom pubertas, ini faktanya

Kenali sindrom pubertas, ini faktanya


Charm Girls, setiap anak bakal melewati masa pubertas sebelum menuju remaja, tidak jarang banyak anak yang bertanya-tanya apa itu pubertas dan bagaimana mempersiapkan diri untuk memasuki masa pubertas yang kerap diwarnai perubahan fisik dan perubahan hormon pada remaja. Ada juga berbagai gangguan di dalamnya, atau disebut dengan sindrom pubertas.

Apa itu sindrom pubertas?  Ini adalah satu kondisi saat anak perempuan atau laki-laki mengalami pubertas lebih awal atau pubertas dini. 

Pasalnya, pubertas adalah masa yang penting karena banyak hal yang terjadi dan berubah pada diri seorang anak menuju remaja,  baik fisik maupun psikologis,  tetapi tidak semua anak juga mengalami perubahan yang sama, ada juga yang mengalami kelainan genetik atau disebut sindrom kallman.

Pubertas, proses dimana tubuh anak berkembang menjadi tubuh dewasa, dipicu oleh hormon. Sindrom pubertas biasanya disebabkan oleh masalah yang mempengaruhi kelenjar yang memproduksi hormon itu,

Nah masalah ini bisa menyebabkan pubertas dimulai lebih awal atau lebih lambat dari biasanya. Pubertas yang terlambat atau lebih awal mungkin tidak memerlukan perawatan yang berlebihan ya Charm Girls, namun tergantung situasinya.

Tetapi perlu diingat bahwa pubertas adalah masa penting  bagi manusia karena mempengaruhi pertumbuhan anak serta kesejahteraan emosional. Bagi anak perempuan, siklus haid juga jadi bagian dari pubertas.

Penyebab dari gangguan pubertas atau sindrom pubertas

Ada beberapa gangguan pubertas paling umum mulai dari hiperplasia adrenal kongenital, pubertas tertunda (terlambat), kelainan genetik yang mengganggu pubertas, seperti sindrom Turner, sindrom Klinefelter, testo toksikosis, dan lainnya, termasuk juga sindrom kallman, sindrom McCune-Albright atau ada juga yang karena sindrom pubertas karena adanya pubertas sebelum waktunya (awal).

Gejala sindrom pubertas dapat dilihat dari beberapa hal khususnya bagi anak perempuan, yakni:

  • Jerawat dan bau badan pada anak perempuan di bawah usia 8 tahun atau anak laki-laki di bawah usia 9 tahun
  • Perkembangan payudara pada anak perempuan di bawah usia 8 tahun
  • Percepatan pertumbuhan pada anak perempuan di bawah usia 8 tahun 
  • Tidak ada perkembangan payudara pada usia 13 tahun
  • Tidak haid (menstruasi) pada usia 15 tahun
  • Rambut kemaluan atau ketiak pada anak perempuan di bawah usia 8 tahun

Pubertas remaja perempuan terjadi sangat awal atau terlambat

Charm Girls, perlu dipahami tidak semua orang akan mengalami pubertas pada waktu yang bersamaan, akan ada yang alami pubertas dini, namun ada juga yang pubertasnya tertunda.

Pubertas sebelum waktunya (awal) bisa jadi tanda bahaya jika ada beberapa hal yang menandakan perkembangan yang tidak biasa pada anak perempuan, jika perubahan tubuh yang berlangsung sangat cepat, perubahan tubuh yang terjadi “tidak teratur”, seperti mulai menstruasi sebelum payudara berkembang. Kemudian putusnya hubungan utama antara pertumbuhan rambut kemaluan dan perkembangan payudara, contohnya adalah seperti tidak ada rambut kemaluan tetapi payudara berkembang penuh, atau sebaliknya.

Cara mengatasi sindrom pubertas

Nah Charm Girls, perawatan sindrom pubertas tergantung daripada penyebabnya, seorang anak mungkin membutuhkan beberapa hal, termasuk observasi apakah kondisi tersebut cenderung sembuh dengan sendirinya, kemudian ada juga cara seperti terapi hormon, serta penghambat pubertas.

Jika seorang anak mengalami sindrom pubertas seperti pubertas dini, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Seorang anak yang alami pubertas ini bakal bertumbuh lebih tinggi dari anak-anak seusianya. Tapi saat menginjak usia dewasa, penderita biasanya akan memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari rata-rata.

Oleh karena itu, pengobatan pubertas dini bertujuan agar anak tumbuh normal hingga dewasa, terutama dalam hal tinggi badan. Metode pengobatan tergantung penyebabnya. 

Pubertas dini yang tidak disebabkan oleh penyakit atau kondisi tertentu dapat diatasi dengan terapi analog GnRH, dokter endokrin akan berikan suntikan untuk menghambat perkembangan tubuh anak dengan pubertas dini, setiap bulan hingga anak mencapai usia pubertas normal. Umumnya, proses pubertas akan kembali berlangsung sekitar 16 bulan setelah suntikan dihentikan.

Tetapi jika anak perempuan mengalami pubertas yang terlambat atau seperti sindrom Kallman maka pengobatannya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pubertas yang terlambat juga bisa disebabkan saat anak mengalami gangguan hormon seksual, gangguan hormon pertumbuhan, kekurangan gizi hingga riwayat keluarga

Jika seorang anak mengalami sindrom kallman terapi utama penyakit ini adalah terapi penggantian hormon (hormone replacing therapy). Terapi tergantung usia seseorang saat terdiagnosis, maka jumlah penggantian hormon disesuaikan dengan kadar hormon seks normal pada rentang usia. Pengobatan dilakukan untuk jangka panjang, alasannya agar ada keseimbangan kadar hormon seks di tubuh anak.

Ada beberapa pilihan pengobatan yang mungkin direkomendasikan dokter lainnya, yakni  konseling genetik yang juga penting untuk dipertimbangkan, tujuannya untuk memahami risiko pewarisan sifat pada keturunannya selanjutnya.

Selain memperhatikan setiap perubahan diri atau anak bagkan adik perempuan saat pubertas, Charm Girls perlu memperhatikan sisi pubertas lainnya yakni siklus haid. Saat menghadapi ini jalani dengan produk sanitasi atau pembalut yang baik seperti CHARM Cooling Fresh Night, yang bisa membuat segar dan percaya diri. 

Terdapat sensasi menyegarkan dengan back wing yang bikin nyaman maksimal. Belum lagi ada zona triple proteksi yang bikin kamu jadi makin aman.

CHARM Cooling Fresh Night punya ukuran hingga 35 centimeter dengan atau tanpa sayap, dalam satu packnya Charm Girls bisa mendapatkan 8 pcs pembalut untuk menjaga vagina tetap aman dan sehat selama siklus menstruasi. Charm Girls bisa mendapatkannya di e-commerce kepercayaan kamu atau di supermarket terdekat. CHARM hadir dengan produk yang mudah dijangkau dimanapun dan kapanpun.

Pubertas memang jadi masa yang penting bagi anak perempuan untuk menuju dewasa, bukan hanya soal haid tapi banyak hal yang harus dipelajari, termasuk jika adanya sindrom pubertas.

sindrom kallman
apa itu sindrom pubertas
Komentar (23)
A

An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
An
Anonymous
Sangat bermanfaat
a year ago
Balas
floating-icon