Kembali

Edukasi

Cara Melakukan Pijatan untuk Nyeri Haid

Cara Melakukan Pijatan untuk Nyeri Haid


Tahukah kamu, kalau pijatan untuk nyeri haid sangatlah mudah dilakukan? Tak perlu datang ke terapis khusus, karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dan menjadi salah satu cara mengurangi sakit mens paling efektif.

Seperti diketahui, salah satu hal yang bikin sebal saat siklus haid datang adalah nyeri haid yang kadang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nggak hanya menyerang bagian perut, punggung, dan pinggang saja. 

Namun kadang juga sampai sakit kepala dan badan jadi lemas banget. Hal tersebut disebabkan karena otot rahim berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan darah dan jaringan pada rahim. 

Nah, pijatan pada beberapa titik refleksi nyeri haid ternyata sangat bisa membantu mendorong aliran darah jadi lebih lancar. Sehingga sakit akibat menstruasi pun bisa dengan cepat diatasi. 

Apalagi jika kamu melakukan pijatan untuk nyeri haid dengan krim atau minyak esensial macam clary sage, lavender, dan marjoram yang bermanfaat menghilangkan rasa sakit serta radang dismenore. Wah, kamu pasti jadi lebih rileks dan rasa sakit pun berkurang.

Amankah pijatan untuk nyeri haid?

Sebenarnya, kamu bisa saja memijat sendiri bagian tubuh yang boleh dipijat saat haid. Tapi Charm Girls juga bisa datang ke terapi pijat profesional agar hasilnya lebih optimal.

Titik refleksi nyeri haid berada di bagian telapak tangan dan kaki. Soalnya, di sanalah letak titik saraf reproduksi wanita. Jenis pijatan untuk nyeri haid lainnya adalah jenis pijat refleksi. Soalnya ada jalur syaraf yang terhubung dan bisa memberikan stimulan ke organ tubuhmu. 

Selain itu, ada juga pijat swedia dengan minyak esensial dan juga pijat lymphatic drainage massage. Pada intinya, yang penting kamu harus fokus saat memijat agar hasilnya terasa.

Di mana saja titik refleksi nyeri haid?

Walaupun boleh memijat tubuh, tapi titiknya tak sembarangan. Soalnya, kalau sembarangan bisa-bisa malah menyebabkan masalah lainnya. Beberapa bagian tubuh yang boleh dipijat saat haid di antaranya adalah sebagai berikut:

1.Antara jempol dan telunjuk

Titik refleksi nyeri haid yang satu ini sangat efektif menghilangkan rasa sakit pada kepala. Titiknya adalah di punggung tangan pada tonjolan tertinggi di antara ibu jari dan telunjuk. Pijat dengan ringan sebanyak 30 hitungan. Bisa juga bertahap masing-masing 10 hitungan.

2.Atas mata kaki

Pijatan untuk nyeri haid selanjutnya, ambil jarak sebesar empat jari di atas mata kaki. Lalu pijat bagian tersebut sebanyak 10x3 hitungan. Selain untuk meredakan sakit, kamu juga bisa melakukan pijat kaki untuk melancarkan haid.

3.Bawah tempurung lutut

Bagian tubuh yang boleh dipijat saat haid selanjutnya adalah di bawah tempurung lutut. Sama dengan bagian atas mata kaki. Letakkan empat jari tangan dari bagian bawah tempurung lutut. Lalu pijat titik tersebut selama 10x3 hitungan. 

4.Daun telinga

Tekan bagian kecil di atas daun telingamu yang berbentuk seperti segitiga agak ke dalam. Pijat dengan lembut sebagai pijatan untuk nyeri haid.

5.Perut

Selain bagian tubuh tersebut, Charm Girls juga bisa memijat perut selama 5 menit setiap harinya. Jangan lakukan terlalu keras, ya. Kamu juga bisa memijatnya dari area sekitar pusar sampai area sekitar perut, samping, dan punggung.

6.Punggung

Gunakan ibu jari dan pijat kembali ke luar ke kedua sisi punggung. Berikan tekanan dan pijatan di bagian itu secara perlahan dan lembut.

Kamu juga bisa memijat bagian punggung dalam ke arah tulang ekor, di tengah punggung dengan telapak tangan yang terbuka ke luar. Berbaringlah selama lima menit untuk meredakan sakit perut.

Selain itu, kamu juga bisa meredakan perut sakit saat haid dengan berolahraga ringan. Misalnya, berjalan kaki, yoga, meditasi, bersepeda, atau joging. Charm Girls juga bisa mengonsumsi makanan pereda nyeri haid seperti pepaya, flaxseed, kacang kenari, almond, biji labu, sayuran hijau berdaun, ayam, ikan, dan masih banyak lagi.

Kalau memang sakit menstruasimu tidak hilang juga atau bahkan makin parah, sebaiknya langsung hubungi dokter agar bisa terdeteksi apakah ada masalah medis lainnya atau tidak.

Nah, kalau menstruasi lagi banyak banget, kamu nggak boleh melupakan pembalut yang bikin nyaman nih, Charm Girls. Apalagi saat tidur, wajib banget pakai pembalut yang bisa melindungi kamu sepanjang malam.

Kayak Charm Sleep Protect+ Panties. Pembalut berbentuk celana yang bisa mencegah bocor dengan memberikan perlindungan penuh dari segala sisi. Bebas gerak tanpa khawatir bocor karena pembalut nggak akan geser!

Bagian penyerapannya juga sangat bisa diandalkan karena daya serapnya mencapai dua kali pembalut malam, lho. Desainnya yang seperti celana dalam juga sangat nyaman. Bahannya juga sangat lembut, jadi nggak perlu khawatir iritasi. Ukurannya yang all size juga pasti muat kamu pakai!

bagian tubuh yang boleh dipijat saat haid
titik refleksi nyeri haid
Komentar (135)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
a year ago
Balas
An
Anonymous
Iya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Oke
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Sangat bermanfaat
a year ago
Balas
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Thanks for information
a year ago
Balas
floating-icon