Kembali

Girl's Life

Kenali Penyebab Bau Badan Pada Wanita

Kenali Penyebab Bau Badan Pada Wanita


Bau badan pada wanita bisa jadi sumber banyak masalah. Salah satunya kepercayaan diri kita bakal turun drastis. Padahal, hal itu adalah modal yang penting untuk tetap semangat menjalani hari. 

Sudah segala cara kamu lakukan agar badan tidak bau. Mulai dari menggunakan deodoran, rajin mandi, mengenakan pakaian yang menyerap keringat, dan lainnya. Tapi bau badan tetap saja menyiksa. Kira-kira apa yang salah, ya? Apakah ada lagi cara menghilangkan bau badan secara alami cepat dan permanen?

Tentunya ada banyak alternatif yang mungkin bisa membantumu, Charm Girls. Tapi  sebaiknya, ketahui dulu apa saja penyebab faktor yang menyebabkan bau badan, karena sebenarnya nggak cuma keringat saja, loh. Dengan begitu, kamu bisa cari tahu cara mengatasinya yang paling tepat.

Apa penyebab bau badan?

Perlu diketahui, kalau penyebab bau badan bukanlah keringat, melainkan bakteri. Pada dasarnya, keringat manusia tidak berbau. Bau badan muncul ketika bakteri pada tubuh bertemu dengan keringat, yang lalu mengubahnya jadi asam. Bakteri ini juga berkembang biak melalui keringat.

Tapi selain bakteri, ada juga beberapa faktor yang menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh kita. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Hormon

Tubuh wanita memang memiliki hormon yang sangat fluktuatif. Apalagi bagi remaja yang sedang mengalami pubertas, selain bisa berkeringat lebih banyak, kita juga bisa menghasilkan hormon yang nggak stabil. Nah, perubahan hormon tidak stabil juga bisa jadi salah satu penyebab bau badan pada wanita, lho.

  1. Obesitas

Bagi wanita obesitas, ada risiko bau badan yang lebih tinggi. Hal ini karena orang gemuk biasa memiliki banyak pori-pori tersembunyi dalam lipatan tubuhnya yang hangat, beruap, dan gelap. Tempat paling pas untuk bakteri penyebab bau badan berkembang biak.

  1. Infeksi

Jika kulit kamu mengalami infeksi, bisa juga menyebabkan bau badan pada wanita, lho. bakteri pada kulit yang terinfeksi bisa menghasilkan keringat berurea yang berbau tidak sedap.

  1. Penyakit

Penyakit genetik langka bernama Trimethylaminuria juga bisa jadi salah satu penyebab bau badan. Penyakit tersebut membuat tubuh tidak bisa menghasilkan senyawa kimi trimethylamine yang tidak bisa dipecah oleh tubuh, dan akhirnya menimbulkan bau tidak sedap. Penyakit lainnya adalah diabetes, gagal ginjal, kadar gula darah rendah, liver, dan disfungsi metabolisme. 

  1. Konsumsi obat-obatan

Bau badan pada wanita juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menghasilkan keringat berlebih ketika dikonsumsi. Misalnya, obat antipsikotik, antidepresan, aspirin, dan acetaminophen.

  1. Kehamilan

Bagi kamu yang sedang hamil, bau badan bukanlah hal yang aneh. Soalnya, tubuh wanita hamil akan memproduksi salah satunya hormon estradiol yang bisa menyebabkan bau menyengat pada tubuh. 

  1. Stres

Waspada buat para remaja yang ciri ciri pubertasnya adalah mengalami stres tingkat tinggi. Ternyata, kadar stres tinggi juga bisa menyebabkan gangguan fisik, termasuk bau badan berlebih pada tubuh, lho.

  1. Makanan tertentu

Nah, memang ada makanan penyebab bau badan di luar sana yang sebaiknya kita hindari. Beberapa di antaranya adalah makanan pedas, berlemak, dan berbau tajam. Bawang merah dan bawang putih, atau kari, misalnya. 

Bagaimana cara mengatasi bau badan wanita?

Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan agar badan tidak bau? Ada beberapa hal yang bisa kamu coba. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Rajin mandi

Menjaga kebersihan diri wajib dilakukan. Charm Girls dianjurkan mandi setidaknya sekali sehari, apalagi jika baru pulang dari luar rumah atau habis berolahraga. Lalu pastikan kamu mengeringkan badan dengan benar agar badan tidak bau. Pastikan mengeringkan badan sebaik mungkin terutama pada area yang sering menghasilkan keringat, seperti ketiak.

  1. Pakai sabun antibakteri

Jika bau badan pada wanita yang kamu alami disebabkan oleh trimethylaminuria, kamu nggak bisa cuma mandi dengan sabun biasa. Tapi sebaiknya Charm Girls juga menggunakan sabun penghilang bau badan seperti sabun antibakteri atau bahkan sabun asam untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

  1. Pakaian menyerap keringat

Mencegah bau badan pada wanita juga bisa dilakukan dengan mengenakan pakaian bersih dan menyerap keringat, seperti bahan katun agar tubuh tidak merasa gerah.

1.Hindari makanan tertentu

Tentunya kamu wajib menghindari berbagai makanan penyebab bau badan, Charm Girls. Selain segala sesuatu yang berlemak, pedas, dan berbau tajam, makanan yang termasuk dalam keluarga cruciferous seperti brokoli, kubis, brussels, dan lainnya juga bisa membuat tubuh lebih berkeringat yang berisiko membuat tubuh berbau tidak sedap.

2.Jaga kadar stres

Menjaga kadar stres tetap rendah juga bisa kamu lakukan agar badan tidak bau. Kamu bisa coba berbagai teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi.

3.Gunakan deodoran

Tentunya bau badan pada wanita bisa dicegah dengan menggunakan deodoran, antiperspiran, atau produk kombinasi keduanya untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Oh ya, Charm Girls juga bisa sekalian mencukur bulu ketiak secara teratur.

4.Gunakan bahan-bahan alami

Apa penyebab bau badan bisa dihilangkan dengan cara alami? Tentu saja biasa. Ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau badan alami. Pertama, menggunakan campuran baking soda dengan sedikit air hangat pada ketiak.

Bagi yang berkulit sensitif bisa juga menggunakan campuran cuka sari apel dengan air, tea tree oil, dan daun sirih lalu mengoleskannya pada ketiak sebagai deodoran alami.

Nah, jika semua cara tersebut sudah kamu lakukan tapi tetap tidak berhasil, sebaiknya kunjungi dokter saja agar bisa diatasi secara menyeluruh. Siapa tahu ada masalah lainnya yang tersembunyi.

Mengatasi bau badan pada wanita sudah berhasil, tapi masa sih, area miss v masih berbau ketika menstruasi datang? Hal tersebut nggak cukup diatasi dengan menjaga kebersihan saja, lho. Namun bisa juga dengan menggunakan pembalut herbal dengan bahan daun sirih dari Charm.

Adalah Charm Daun Sirih + Herbal yang mengandung daun sirih + herbal pilihan seperti manjakani, kunyit, jahe, dan lidah buaya yang mengandung antiseptik alami, memberikan perlindungan higienis, cegah bau tidak sedap dan melindungi miss v dari infeksi bakteri.

Selain itu, pori serap extra juga bisa memberikan absorbansi maksimal, mengunci cairan di dalam yang mencegah bocor meski sedang banyak bergerak. Lapisan kapasnya juga lembut banget, bisa cegah iritasi. Cocok banget buat Charm Girls berkulit sensitif yang lagi aktif banget. Nggak cuma bau badan yang hilang, tapi bau miss v pun bukan lagi ancaman.

agar badan tidak bau
apa penyebab bau badan
Komentar (61)
A

An
Anonymous
Sangat bermanfaat
a year ago
Balas
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Ya
a year ago
An
Anonymous
Thanks for information ❤️
a year ago
Balas
An
Anonymous
Sipp
a year ago
Balas
floating-icon