Kembali

Girl's Life

Periode Haid yang Normal Seperti Apa? Yuk, Cari tahu di Sini!

Periode Haid yang Normal Seperti Apa? Yuk, Cari tahu di Sini!


Siklus haid merupakan jarak waktu antara hari pertama menstruasi hingga hari pertama haid bulan berikutnya. Menurut penelitian, rata-rata perempuan mengalami menstruasi setiap 28–35 hari dengan tiap masa menstruasi berlangsung selama 2–7 hari.

Namun, siklus haid sering kali datang lebih awal atau lebih lambat dari perkirakan. Jika ini terjadi, kamu nggak perlu khawatir, sebab siklus haid yang berubah-ubah umum terjadi. Tubuh manusia memang selalu mengalami perubahan seiring waktu. 

Lantas, berapa lama periode haid yang tergolong normal, ya? Nah, untuk menjawab hal tersebut, yuk simak artikel ini. Charm Girls Talk akan mengulas mengenai periode haid yang normal dan yang tidak.

Periode haid yang normal itu seperti apa?

Siklus menstruasi merupakan serangkaian perubahan alami pada sistem reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Pada fase ini, ovarium akan melepaskan sel telur yang telah berkembang sekali setiap bulan. Jika sel telur nggak dibuahi, lapisan rahim akan luruh dan keluar melalui vagina. Kondisi ini pun disebut sebagai menstruasi.

Panjang siklus menstruasi biasanya berkisar antara 28–35 hari, tergantung perubahan hormon di dalam tubuh. Oleh karena itu, dimulainya siklus haid terkadang nggak bisa diprediksi. Istilah periode haid “normal” pun nggak bisa diukur hanya dengan hitungan hari tersebut.

Namun, normal atau tidaknya periode haid masih bisa dibedakan melalui pengamatan khusus, lho. Pengamatan tersebut mencakup beberapa hal berikut.

1. Waktu periode haid yang normal

Periode haid dapat dihitung sejak hari terakhir menstruasi hingga hari pertama haid berikutnya. Rata-rata perempuan mengalami menstruasi setiap 28 hari, tapi siklus yang berkisar antara 21–45 hari juga masih dapat dikatakan normal.

Pasalnya, tubuh perempuan mengalami banyak perubahan seiring bertambahnya usia. Perempuan cenderung memiliki siklus menstruasi yang lebih panjang dan tidak teratur pada tahun kedua setelah menstruasi pertama. Bahkan, siklus haid berubah jadi lebih pendek dan konsisten ketika kamu berada di usia 40-an. 

Oleh karena itu, Charm Girls nggak perlu khawatir jika waktu periode haid datang lebih awal atau lebih lambat beberapa hari dari bulan sebelumnya. Asalkan nggak ada gejala aneh atau gangguan pada tubuh, perbedaan periode haid sangatlah wajar.

2. Aliran darah haid yang normal

Menstruasi terjadi karena sel telur yang dilepas ovarium tidak dibuahi. Maka dari itu, lapisan rahim akan meluruh melalui Miss V. Lalu, darah yang keluar tersebut dinamakan sebagai menstruasi.

Nah, aliran darah yang ringan, sedang, atau bahkan berat bisa dianggap normal. Akan tetapi, kalau darah haidmu begitu banyak sampai kamu sering banget bocor dan harus ganti pembalut kurang dari dua jam sekali, ada baiknya konsultasi ke dokter ya, Girls.

3. Gejala haid yang normal

Banyak perempuan mengalami sindrom pramenstruasi (PMS), yaitu sekumpulan gejala yang muncul pada tubuh beberapa hari sebelumnya datangnya haid. Tanda-tandanya antara lain:

  • munculnya jerawat pada wajah,
  • kram pada punggung dan perut bawah,
  • cepat merasa lapar,
  • mengalami gangguan tidur,
  • suasana hati berubah-ubah,
  • payudara terasa kencang, dan
  • perut kembung.

Periode haid yang tidak normal itu seperti apa?

Periode haid dapat berubah dari waktu ke waktu. Menurut beberapa studi, diperlukan waktu hingga tiga tahun bagi seseorang untuk memiliki siklus haid yang teratur.

Siklus menstruasi bisa dibilang tidak normal kalau lebih singkat dari 21 hari atau lebih lama dari 45 hari. Kamu mungkin telat menstruasi selama berbulan-bulan, ada bulan yang terlewat tanpa menstruasi, atau muncul gejala tertentu pada tubuh.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar siklus haid yang tidak normal.

1. Penyebab siklus haid nggak normal

Berikut beberapa hal yang bisa bikin siklus haid seseorang jadi nggak normal.

  • Sedang mengandung atau menyusui. Salah satu tanda kehamilan adalah haid yang nggak kunjung datang. Sementara itu, menyusui bisa memperlambat periode haid setelah kehamilan.
  • Penurunan berat badan yang drastis. Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia atau olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan siklus haid jadi nggak normal.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Perempuan dengan PCOS umumnya mengalami menstruasi yang nggak teratur serta pembesaran ovarium.
  • Penyakit radang panggul (PID). Salah satu infeksi pada organ reproduksi ini juga bisa bikin perdarahan menstruasi jadi nggak normal.
  • Kegagalan ovarium prematur. Ini adalah kondisi ketika ovarium kehilangan fungsi normalnya sebelum seseorang berusia 40 tahun. Akibatnya, haid datang paling cepat setahun sekali.

2. Tanda siklus haid nggak normal

Banyak wanita yang mencatat tanggal dimulainya dan berakhirnya menstruasi agar bisa memantau perubahan pada siklus menstruasinya. Nah, kamu pun dapat melakukan hal yang sama supaya periode haid tetap terpantau.

Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter bila mengalami kondisi berikut ini.

  • Periode haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 45 hari.
  • Menstruasi berhenti selama lebih dari 90 hari tanpa kehamilan.
  • Menstruasi menjadi nggak teratur setelah sebelumnya teratur.
  • Perdarahan selama lebih dari tujuh hari.
  • Perdarahan di antara periode menstruasi.
  • Nyeri parah dan tak wajar selama menstruasi.

Apabila kamu kurang yakin apakah siklus haidmu dapat dikatakan normal, coba pantau dulu selama beberapa bulan. Lacak siklus haidmu dengan mencatat hari pertama dan terakhir menstruasi di kalender atau aplikasi pada ponsel, ya.

Perhatikan apakah kamu selalu haid pada tanggal yang sama. Kalaupun telat atau lebih awal, selisihnya pun hanya beberapa hari. Namun, jika kamu sudah yakin bahwa ada yang salah dengan siklus menstruasimu, segeralah berkunjung ke dokter.

siklus menstruasi tidak normal
tanda haid normal
Komentar (26)
A

An
Anonymous
nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Yas
a year ago
floating-icon