Kembali

Girl's Life

Gimana Sih, Cara Biar Cepat Menstruasi? Ini 7 Tipsnya!

Gimana Sih, Cara Biar Cepat Menstruasi? Ini 7 Tipsnya!


Menstruasi terkadang menjadi penghalang acara khusus yang akan kamu hadiri. Selain bikin nggak nyaman, menstruasi yang datang tiba-tiba juga dapat merusak suasana. Makanya, banyak perempuan mencari berbagai cara biar menstruasi cepat datang.

Siklus menstruasi sendiri normalnya berlangsung antara 21–35 hari. Meski menstruasi bukanlah hal yang bisa dihindari atau dipercepat begitu aja, ternyata beberapa studi telah menemukan cara untuk memajukan siklus menstruasimu, lho.

Kalau kamu kepo bagaimana cara agar cepat menstruasi, yuk, simak artikel ini sampai habis. Nggak cuma seputar cara mempercepat menstruasi, risiko yang mungkin timbul pun akan dikupas tuntas.

Apa manfaat mempercepat menstruasi?

Setiap bulannya, perempuan akan mengalami perdarahan normal melalui vagina yang biasa disebut menstruasi. Perdarahan tersebut terjadi karena tidak adanya pembuahan pada rahim sehingga lapisan dinding rahim pun meluruh. Kondisi ini bisa berlangsung selama 3–7 hari.

Efek yang ditimbulkan dari menstruasi pun beragam, seperti sakit perut, pusing, mual, sampai badan lesu. Adanya gejala sindrom pramenstruasi (PMS) tersebut membuat banyak perempuan berusaha mempercepat siklus haid mereka karena khawatir akan bertepatan dengan acara-acara khusus yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Namun, sebenarnya apa saja sih, manfaat mempercepat haid dan mengapa banyak perempuan menginginkannya? Nah, mungkin ada faktor yang lebih kompleks mengapa perempuan ingin menstruasi lebih cepat dari biasanya, seperti:

  • menstruasi nggak kunjung datang selama berbulan-bulan,
  • siklus haid nggak teratur sehingga sulit buat memprediksi kapan haid selanjutnya akan datang,
  • Membantu perempuan yang tengah menjalani program kehamilan, serta
  • membantu mempercepat selesainya siklus haid karena adanya kegiatan khusus.

Mempercepat menstruasi itu aman atau tidak, ya?

Menstruasi terkadang datang secara tiba-tiba atau lebih lambat dari tanggal prediksi. Maka dari itu, memaksa siklus menstruasi untuk datang lebih cepat nggak sepenuhnya aman, Girls. Terlebih, jika kamu menggunakan obat yang berhubungan dengan hormon.

Untuk mempercepat datangnya menstruasi, banyak juga wanita yang menggunakan sebuah zat bernama emmenagogue. Namun, sayangnya, beberapa emmenagogue ini mengandung sifat abortifacient yang bisa menyebabkan keguguran pada kehamilan.

Oleh karena itu, kamu nggak boleh mencoba sembarang cara atau obat agar PMS dan menstruasi cepat berlalu. Diperlukan sumber tepercaya untuk mencari tahu mengenai obat atau ramuan yang akan kamu konsumsi.

Cara biar cepat menstruasi

Memang ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mempercepat datangnya menstruasi. Akan tetapi, nggak sedikit bahan atau obat pelancar haid yang nyatanya berbahaya untuk dikonsumsi.

Kalau mau lebih aman, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut, Charm Girls!

1. Konsumsi vitamin C

Vitamin C diduga dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Meski hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, perubahan hormon tersebut diyakini bisa memicu kontraksi pada rahim sehingga lapisan rahim pun meluruh.

Jika kamu ingin mempercepat menstruasi dengan cara ini, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah jeruk, buah beri, bayam, paprika merah, tomat, serta brokoli. Suplemen juga boleh dikonsumsi, tapi jangan berlebihan, ya!

2. Makan nanas

Di dalam buah nanas, terdapat enzim bromelain yang mampu mencerna protein. Nah, enzim tersebut diyakini bisa memengaruhi hormon estrogen dan beberapa hormon lain dalam tubuh yang memengaruhi datangnya menstruasi.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan rutin biar menstruasi cepat datang, tapi jangan mengharapkan hasil instan ya, Girls! Pasalnya, bahan alami seperti nanas pasti butuh waktu sebelum bisa menimbulkan efek pada tubuhmu.

3. Minum rebusan atau teh jahe

Salah satu bahan alami untuk mempercepat datangnya haid adalah jahe. Meski belum ada pembuktian secara ilmiah, bahan herbal ini dipercaya bisa memicu kontraksi pada otot rahim yang nantinya menyebabkan luruhnya lapisan rahim.

Kamu bisa mengolah jahe menjadi minuman herbal, seperti teh jahe. Cara membuatnya pun mudah sekali, cukup rebus potongan jahe di dalam air selama 5–7 menit, Setelah itu, tuang air rebusan jahe ke dalam gelas dan berikan pemanis sesuai selera. Minum secara rutin sampai kamu merasakan manfaatnya.

4. Tambahkan kunyit ke dalam masakan

Kunyit merupakan suplemen alami yang diyakini bisa merangsang aliran darah dalam panggul. Jadi, apabila kamu ingin mempercepat siklus menstruasi, cobalah konsumsi makanan atau olahan yang menggunakan kunyit secara rutin.

5. Mengonsumsi dong quai (ginseng betina)

Cara lain yang bisa kamu lakukan biar menstruasi cepat datang adalah mengonsumsi suplemen dong quai atau ginseng betina. Awalnya, ramuan ginseng betina ditemukan oleh orang Tiongkok untuk menyelesaikan masalah menopause atau haid yang telat.

Ramuan ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke panggul dan merangsang otot-otot rahim agar berkontraksi. Kamu bisa menemukan dong quai dengan mudah di toko online dalam bentuk teh.

7. Kelola stres sebaik mungkin

Stres bisa menjadi penyebab telat haid, lho, Charm Girls. Ketika stres, tubuhmu akan memproduksi hormon kortisol. Produksi kortisol yang kelewat banyak bisa mengganggu produksi hormon-hormon yang mengatur siklus haid sehingga haid jadi terlambat.

Makanya, untuk mempercepat datangnya menstruasi, kamu dianjurkan mengelola stres dengan baik. Sebagai contoh, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas untuk relaksasi tubuh, seperti:

  • latihan pernapasan,
  • melakukan meditasi secara rutin,
  • mengurangi kegiatan olahraga yang berlebihan, atau
  • mengompres perut dengan handuk hangat.

Nah, itu dia berbagai cara agar kamu bisa cepat menstruasi. Tingkat keberhasilannya tentu berbeda-beda pada tiap orang, jadi jangan berkecil hati kalau apa yang kamu lakukan belum memberikan hasil. Yang penting, tetap jalani gaya hidup sehat supaya siklus haidmu juga tetap teratur.

cara agar cepat menstruasi
bagaimana agar cepat menstruasi
Komentar (35)
A

An
Anonymous
Sangat bermanfaat
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
floating-icon