Kembali

Girl's Life

Tips cara menghilangkan jerawat di badan secara alami

Tips cara menghilangkan jerawat di badan secara alami


Bukan hanya di wajah, ternyata jerawat juga bisa muncul di berbagai area tubuh lainnya yang bahkan tidak diduga atau sulit untuk dijangkau, seperti punggung atau bahkan di leher. Jerawat adalah salah satu penyakit kulit kronis yang dominan di dunia.Meski demikian, ada cara menghilangkan jerawat di badan secara alami dan tak perlu pusing menggunakan bahan yang justru membahayakan bagi tubuh.

Jerawat adalah kondisi kulit umum, disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat atau meradang atau peningkatan bakteri penyebab jerawat pada kulit. Charm girls, tahukah jika jerawat dapat terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari kasus ringan hingga peradangan parah dan pembentukan kista.

Jerawat terbentuk dari berbagai penyebab kadang-kadang, kulit teriritasi oleh benda-benda yang bersentuhan dengannya dan timbul jerawat.

Penyebab jerawat di tubuh

Ada sejumlah faktor, khususnya, dapat berkontribusi pada munculnya jerawat di tubuh, termasuk genetika, hormon, dan stres. Beberapa penelitian menyatakan adanya jerawat tubuh dengan pilihan gaya hidup tertentu. Tingkat keparahan kondisi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor loh Charm Girls, yakni:

  • Usia
  • Kebiasaan diet
  • Tingkat stres
  • Pola tidur
  • Bobot
  • Konsumsi obat-obatan dan alkohol
  • Predisposisi genetik
  • Keteraturan siklus menstruasi

Kebanyakan orang yang berjerawat di masa remaja, tetapi seseorang yang berusia antara 21 dan 25 tahun dengan kulit berminyak punya peluang tinggi untuk berjerawat. Jerawat tubuh biasanya disebut bukan sebagai ancaman kesehatan yang signifikan, namun, Charm Girls jerawat di tubuh sering jadi titik awal untuk harga diri rendah, kecemasan, dan depresi.

Charm Girls, ada beberapa jenis jerawat di tubuh yang juga berbeda penyebabnya, berikut penjelasannya.

1.Mekanika jerawat.

Sangat umum bagi seseorang untuk berjerawat di bagian tubuh karena kontak terus-menerus dengan peralatan olahraga yang digunakan. Nama resmi untuk kondisi ini adalah acne mechanica. Hal ini terjadi ketika peralatan olahraga menjebak keringat di kulit saat digunakan. Gesekan dan panas yang dihasilkan dapat menyebabkan kulit semakin teriritasi, menyebabkan ruam dan bintik-bintik.

Lokasi breakout untuk acne mechanica bergantung pada peralatan yang digunakan. Gejalanya bervariasi, mulai dari benjolan kecil tidak berwarna pada kulit hingga kista yang dalam dan nyeri dan bisa hilang bertahap dengan memakan waktu beberapa pekan.

2.Jerawat kosmetik

Beberapa produk rambut mungkin menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di garis rambut dan belakang leher. Bergantung pada panjang rambut, masalah ini mungkin meluas ke punggung, bahu, bahkan hingga di dada.

Dokter kulit menyebut kondisi ini sebagai jerawat kosmetika. Karena banyak sampo, kondisioner, dan produk penataan rambut yang mengandung minyak dan silikon, produk tersebut dapat dengan mudah menyebabkan benjolan dan komedo putih. Menghentikan penggunaan produk apapun yang disebabkan berjerawat biasanya jadi upaya atau obat terbaik untuk jenis jerawat tubuh ini. ‌

3.Kebersihan yang buruk

Saat Charm Girls tidak menjaga kebersihan dan keringat berlebih, hal itu bisa sebabkan kulit menjadi bertingkah loh. ‌Membersihkan kulit‌ secara teratur adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

4.Paparan sinar matahari 

Matahari yang mengenai kulit secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab jerawat tubuh. Saat terbakar sinar matahari, kulit akan mengering. Akibatnya, tubuh melakukan kompensasi berlebihan dengan memproduksi lebih banyak minyak, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di area yang terkena.

Cara menghilangkan jerawat di badan secara alami

Ada sejumlah cara untuk menghilangkan jerawat di badan, yang bisa dilakukan Charm Girls secara alami dan dipraktekkan di rumah saja. Berikut penjelasannya, yuk simak.

1.Mandi secara teratur

Jika Charm Girls tidak mandi setiap hari nantinya jerawat akan mungkin lebih mudah tumbuh di dada. Mandi teratur membantu menghilangkan unsur-unsur yang menyumbat pori-pori, termasuk bakteri, sel kulit mati, kotoran, dan minyak (sebum).

Untuk mengurangi kemungkinan jerawat dada, pastikan mandi setiap hari. Ini termasuk bulan-bulan yang lebih dingin dan lebih kering ketika Charm Girls mungkin merasa tidak perlu mandi. Pakai air hangat tetapi bukan panas untuk hasil yang lebih baik. Charm Girls juga dapat mempertimbangkan bilasan terakhir dengan air dingin untuk membantu menutup pori-pori.

2.Minyak pohon teh atau tea tree oil 

Tea tree oil  adalah obat kulit alternatif yang banyak digunakan untuk mengobati jerawat dan kondisi lainnya. Produk dengan 5 persen minyak ini dapat bekerja sebaik benzoil peroksida 5 persen. Namun, kuncinya adalah kesabaran ya Charm Girls. Minyak pohon teh bekerja sedikit lebih lambat daripada obat konvensional karena dari bahan alami.

3.Kayu manis dan madu

Kayu manis dan madu berpotensi membuat obat jerawat yang ampuh saat dioleskan ke dada. Kayu manis punya kemampuan antimikroba dan madu mentah dapat berfungsi sebagai agen pelawan bakteri. Jika keduanya digabungkan dapat mengurangi bakteri dan peradangan yang menyebabkan jerawat. Campuran kedua bahan alami ini aman digunakan setiap minggu atau sesuai kebutuhan. 

Cara menggunakannya adalah, campurkan 1 sendok teh kayu manis dengan 2 sendok makan madu mentah hingga membentuk pasta. Oleskan masker ke seluruh dada dan membilasnya setelah 30 menit, atau bisa menggunakannya sebagai perawatan yang didiamkan semalaman.

4.Teh hijau 

Teh hijau sangat tinggi antioksidan dengan meminumnya saja dapat meningkatkan kesehatan dan juga dapat membantu mengurangi jerawat. Dari penelitian 2017, ada kemungkinan karena polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Studi tahun 2020 menyebutkan bahwa mengoleskan ekstrak teh hijau ke kulit secara signifikan mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat. Charm Girls bisa  melakukannya dengan seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3 hingga 4 menit dan diamkan hingga dingin. Kemudian oleskan teh ke kulit dengan kapas atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan tepuk kulit hingga kering. Charm Girls bisa menambahkan sisa daun teh ke madu dan membuat masker.

Charm Girls, jika ada cara-cara menghilangkan jerawat di badan secara alami atau pengobatan perawatan diri tidak menghilangkan jerawat segera temui dokter dan bisa meresepkan obat yang lebih kuat. 

Jika jerawat terus berlanjut atau parah, mungkin Charm Girls bisa mencari perawatan medis dari dokter spesialis kulit seperti dokter kulit atau dokter kulit anak.

Komentar (26)
A

nu
nurwijayanti
ok
a year ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks for information
a year ago
Balas
floating-icon