Kembali

Girl's Life

Sering merasa rambut rontok saat haid? Ini faktanya!

Sering merasa rambut rontok saat haid? Ini faktanya!


Rambut rontok saat haid kerap jadi masalah yang sering diungkapkan para perempuan. Rontoknya rambut bahkan dikaitkan dengan hormon dan wajar jika rambut rontok saat haid. Belum lagi saat haid perempuan menghadapi kondisi lainnya mulai dari jerawat, perubahan mood, nyeri di perut hingga badan yang lemas.

Charm Girls ketahui bahwa perubahan hormonal juga dapat mempengaruhi aspek lain dari penampilan dan kondisi tubuh manusia apalagi perempuan yang sedang haid. Suka atau tidak suka menstruasi adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan setiap wanita ya Charm Girls, dengan mengedukasi diri kita jadi lebih bisa memahami setiap fenomena yang ada di dalam tubuh serta meminimalisir kondisi buruk dan meningkatkan kualitas tubuh yang baik saat menghadapi siklus alami sebagai perempuan. 

Perlu diketahui saat haid, perempuan akan berurusan lebih banyak dengan hormon lebih dari hari-hari biasa. Hormon-hormon ini dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan yang ada.

Penyebab rambut rontok saat haid 

Ada beberapa korelasi antara menstruasi yang deras atau berat dengan rambut yang rontok saat haid. Ketika seseorang mengalami aliran menstruasi yang deras setiap bulan ada kecenderungan menjadi anemia. Jenis anemia ini berkembang perlahan dan seiring waktu, jadi mungkin tidak mengenali gejala umum kelelahan dan peningkatan detak jantung, tetapi mungkin mulai merasakan kerontokan pada rambut.

Saat kadar testosteron meningkat, kadar estrogen akan berada pada titik terendah pada tahap awal siklus haid. Dengan turunnya kadar estrogen, kadar zat besi dalam tubuh juga turun. Inilah alasan mengapa seseorang kehilangan lebih banyak rambut dari biasanya selama menstruasi. Dalam banyak kasus, pendarahan hebat memicu penipisan dan kerontokan rambut.

Bukan hanya perubahan suasana hati hingga jerawat, hormon mengendalikan segalanya selama menstruasi. Jadi, kulit kepala juga terasa sensitif saat haid dan hormon juga memiliki kendali atas kulit kepala. Dengan permulaan siklus haid, hormon yang meningkatkan kepekaan rasa sakit mulai diproduksi dan hormon inilah yang menyebabkan kulit kepala menjadi lembut dan lebih sensitif.

Selain rambut rontok, saat haid seseorang juga bisa mengalami rambut dengan minyak berlebih, karena saat haid tubuh menghasilkan lebih banyak testosteron yang meningkatkan sekresi sebum. Inilah yang membuat rambut lengket, berminyak dan berminyak.

Kemudian, bukan hanya karena haid, setelah hamil kerontokan rambut juga umum terjadi sekitar tiga bulan setelahnya. Kerontokan rambut sebenarnya dapat dipicu oleh apapun yang melibatkan perubahan keseimbangan hormon estrogen dalam sistem tubuh seseorang. Kerontokan rambut dapat terjadi akibat  penghentian pil KB atau jenis metode KB hormonal lainnya, keguguran atau lahir mati, abortus hingga ketidakseimbangan hormon

Cara mengatasi rambut rontok saat haid 

Charm Girls, selain merasakan perubahan mood, rambut yang rontok saat haid juga menjadi satu buah pikiran baru yang dihadapi, berikut adalah beberapa cara atasi rambut rontok saat haid.

1.Suplemen zat besi

Jika kerontokan rambut berlebihan, Charm Girls mungkin memerlukan suplemen zat besi yang harus konsultasikan dengan dokter loh. Sejauh menyangkut pengobatan rumahan, cobalah untuk tidak mengepang rambut dan hindari gaya rambut yang ketat untuk mencegah kerontokan lebih lanjut ya.

2.Menyisir rambut dengan hati-hati

Selain itu, bersikaplah lembut saat menyisir rambut dan hindari tarikan dan tarikan yang biasanya dilakukan. Gunakan sisir bergigi lebar atau sikat rambut yang lembut agar rambut mudah diatur.

3.Gunakan minyak kelapa

Untuk mengatasi rambut yang terlanjur banyak rontok saat haid gunakan minyak kelapa.Sebuah studi pada tahun 2018 menyatakan bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerontokan rambut akibat kerusakan sinar ultraviolet atau kebiasaan berdandan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini. Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dapat menguatkan rambut dan menghindari kerontokan akibat kerusakan.

4.Cuci rambut saat haid

Beberapa orang berpikir seorang perempuan tidak boleh mandi atau mandi ketika sedang haid. Beberapa bahkan berpikir dia seharusnya tidak cuci rambut saat haid. Ini tidak benar ya Charm Girls. Tidak ada alasan untuk tidak mandi saat haid. Faktanya, mandi air hangat bisa membantu meredakan kram, terlebih lagi kebersihan jadi terjaga dan tubuh menjadi lebih segar, namun sekali lagi lakukan keramas dengan hati-hati dan jangan gosok rambut secara berlebihan ya Charm Girls.

5.Pakai minyak esensial

Menggunakan minyak esensial tertentu ke kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.  Minyak rosemary yang dioleskan ke kulit kepala mungkin sama efektifnya dengan minoxidil.

Berikut ini adalah minyak esensial yang menjanjikan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut:

  • Minyak jojoba
  • Minyak lavender
  • Minyak peppermint
  • minyak pohon teh

Para peneliti masih perlu melakukan studi yang lebih besar mengenai efek minyak esensial pada pertumbuhan rambut untuk menentukan keefektifannya untuk penyebab rambut rontok lainnya.

Jadi, pada akhirnya Charm Girls dengan fluktuasi kadar hormon yang berbeda selama menstruasi, rambut juga meresponsnya secara berbeda.

cuci rambut saat haid
Komentar (33)
A

nu
nurwijayanti
ok
a year ago
Balas
An
Anonymous
Mau tuker hadiahh
a year ago
Balas
An
Anonymous
😭😭😭
a year ago
Balas
floating-icon