Kembali

Edukasi

Penyebab Selaput Dara Sobek? Apa Saja ya…

Penyebab Selaput Dara Sobek? Apa Saja ya…


Ternyata, bukan cuma berhubungan intim saja yang bisa jadi penyebab selaput dara sobek, lho. Tapi ada banyak sekali faktor lainnya.

Seperti diketahui, selaput dara atau hymen adalah jaringan tipis yang membatasi vagina dengan bagian luar alat reproduksi wanita. Bentuk selaput dara seperti apa, sih? Bentuknya tipis dan kecil, menutupi jalan masuk vagina.

Jaringan tipis ini sudah terbentuk sejak perkembangan janin. Tapi seiring waktu bisa berubah bentuk, menipis, atau bahkan robek, Charm Girls.

Tiap wanita pun pasti memiliki ukuran, bentuk, dan ketebalan selaput dara yang berbeda. Ada yang tebal dan elastis, ada juga yang tipis dan mudah robek. Bahkan ada wanita yang terlahir tanpa selaput dara.

Biasanya, gejala setelah selaput dara robek adalah sakit di bagian organ intim dan adanya bercak darah atau pendarahan. Tapi uniknya, nggak semua wanita mengalami tanda tanda selaput dara robek itu, lho. 

Itulah kenapa nggak jarang ada wanita yang sama sekali nggak bisa merasakan tanda selaput dara robek karena kondisi jaringannya yang elastis atau bahkan nggak punya selaput dara.

Selama ini, banyak yang mengaitkan robeknya selaput darah dengan keperawanan seseorang. Tapi sebenarnya penyebab selaput dara sobek nggak sepenuhnya berkaitan dengan virgin tidaknya seseorang. Karena ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini. Apa saja?

Penyebab selaput dara robek

Hingga kini masih banyak orang yang mengira bahwa satu-satunya penyebab selaput dara sobek adalah karena berhubungan seksual. Dengan kata lain, mereka yang selaput daranya masih utuh atau belum robek sajalah yang termasuk kategori perawan.

Padahal, masih banyak faktor lain yang jadi penyebab selaput dara robek, lho. Misalnya, berolahraga terlalu keras, penggunaan tampon dan menstrual cup, atau wanita tersebut memang terlahir tanpa selaput dara atau struktur selaput daranya lebih elastis atau tebal sehingga sulit robek.

Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa hal yang bisa jadi penyebab robeknya selaput dara selain berhubungan intim:

1.Kecelakaan/cedera

Kecelakaan atau cedera sangat bisa jadi penyebab selaput dara sobek. Misalnya, saat organ intim kita terbentur saat kita jatuh. Hal ini terjadi karena area vulva atau perineum tak kuat menopang berat atau benturan sebagai efek kecelakaan atau cedera.

Cara mengecek selaput darah robek atau tidak setelah mengalami kecelakaan, kamu mungkin akan mengalami bercak darah.

2.Olahraga tertentu

Beberapa olahraga tertentu sangat bisa menyebabkan selaput dara robek. Misalnya, olahraga seperti berkuda, bersepeda, sepeda gimnastik, menari, atau olahraga lain yang menggunakan banyak gerakan kaki.

Apalagi kalau Charm Girls tidak melakukan olahraga dengan teknik yang benar. Tekanan pada area selangkangan bisa menjadi awal dari tanda tanda selaput dara robek.

3.Penggunaan tampon atau menstrual cup

Selain menggunakan pembalut, kamu mungkin pernah mempertimbangkan tampon atau menstrual cup. Ternyata, penggunaan kedua hal tersebut bisa jadi pemicu selaput dara sobek, lho.

Karena bagaimana pun, tampon dan menstrual cup kan memang digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina. Apalagi jika kamu memasukkan tampon terlalu dalam.

Alterantifnya, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pembalut saja yang tak sampai digunakan ke bagian dalam organ intim. Misalnya, pembalut Charm Safe Night untuk tidur nyenyak di malam hari saat siklus menstruasi datang.

Charm Safe Night dengan pori serap aktif bisa menyerap dan menampung cairan hingga lapisan bawah selama 12 jam, mencegah permukaan terasa basah. Liquid seal body fit-nya juga bisa menahan cairan sesuai lekuk tubuh. Meskipun berguling, pembalut tetap pas di badan.

Ada empat varian yang bisa kamu gunakan, Wing 29 cm, Wing 35 cm, Gathers 25 cm, dan Gathers 42 cm. Untuk varian gathers, ada pelindung samping yang bisa mencegah kebocoran samping selama tidur.

4.Pemeriksaan vagina/panggul

Pemeriksaan vagina atau panggul secara medis tak bisa dihindari. Itu memang sangat diperlukan untuk mengetahui apakah kita mengalami masalah medis.

Nah, pemeriksaan alat reproduksi wanita biasanya menggunakan alat khusus yang dimasukkan ke dalam vagina. Itu juga bisa jadi penyebab selaput dara sobek, lho.

Tak cuma alat medis, jika kamu sengaja memasukkan benda tertentu atau alat bantu seksual ke dalam organ intim, itu juga bisa membuat selaput darah robek, lho.

5.Peregangan yang berlebihan

Hati-hati saat melakukan peregangan alias stretching, Charm Girls! Hymen alias selaput dara juga bisa pecah, robek, atau meregang ketika kamu melakukan aktivitas peregangan yang terlalu berat.

Jadi, sudah tahu kan apa saja penyebab selaput dara sobek? Seperti yang sudah dijelaskan, hal itu tidak serta merta disebabkan oleh hubungan intim saja. 

Kamu tak perlu panik jika merasa mengalami ciri ciri selaput dara sudah robek. Itu hal yang normal, apalagi kalau kamu memang mengalami hal-hal di atas.

tanda selaput dara robek
tanda tanda selaput dara robek
Komentar (37)
A

Pp
Puput permata sari
Ok
17 days ago
Balas
Ap
Atri pujiningsih
Ok
17 days ago
Balas
Fy
Fitri yanti agustina
Ok
17 days ago
Balas
floating-icon