Kembali

Edukasi

Masih Bingung Tanda Tanda akan Haid Seperti Apa? Yuk, Simak!

Masih Bingung Tanda Tanda akan Haid Seperti Apa? Yuk, Simak!


Biasanya, wanita bakal mengalami beberapa tanda tanda akan haid setiap bulannya. Namun banyak yang masih belum sadar. Charm Girls salah satunya?

Soalnya, tanda akan haid pada beberapa wanita memang seringkali berbeda-beda. Selain itu, tanda-tanda menstruasi dan hamil juga bisa dibilang hampir mirip. Makanya banyak yang sulit membedakan keduanya.

Gejala haid dan tanda hamil memang bisa sangat mirip. Soalnya, kedua siklus tersebut sama-sama melibatkan peran hormon progesteron. 

Biar nggak bingung lagi, berikut ini tanda-tanda akan haid yang bisa kamu perhatikan. Selain untuk persiapan siklus bulanan, juga bisa untuk membedakan apakah kamu hamil atau tidak.

Begini ciri-ciri haid normal

Sebelum menstruasi datang, banyak wanita yang mengalami gejala PMS. Memang sih, banyak wanita yang tidak merasakan gejala apa pun. Makanya banyak yang bingung gejala PMS berapa hari sebelum haid.

Namun biasanya, berikut ini ciri-ciri haid normal yang umum dirasakan hampir semua wanita:

1.Kram perut

Kram perut adalah salah satu tanda akan haid yang paling umum dirasakan. Biasanya, semua wanita akan mengalaminya sekitar 1-2 hari menjelang menstruasi dimulai. Jadi tak perlu lagi bertanya-tanya sakit perut sebelum haid apakah normal atau tidak, ya.

2.Jerawatan

Munculnya jerawat juga jadi salah satu tanda-tanda seminggu sebelum haid, walaupun banyak juga wanita yang tak mengalaminya.

Gejala ini muncul karena kadar hormon tubuh yang meningkat dan menyebabkan wajah memproduksi minyak (sebum) berlebihan. Alhasil, pori-pori tersumbat dan muka jadi jerawatan.

3.Nyeri payudara

Biasanya, payudara akan terasa bengkak, padat, dan nyeri sekitar 1-2 hari menjelang haid. Termasuk ciri-ciri haid pertama karena rasa sakitnya akan hilang ketika haid pertama dimulai. 

4.Flek darah

Sebelum menstruasi benar-benar dimulai dengan aliran yang deras, biasanya flek darah juga jadi salah satu tanda akan haid. Charm Girls mungkin akan mengalami flek beberapa hari sebelum atau ada juga yang sesudah menstruasi selama paling lama seminggu. Warna darah haid cenderung kental, merah tua atau coklat gelap.

5.Perut kembung

Pencernaan pun ikut terpengaruh, lho. Biasanya, perut akan terasa tidak nyaman atau kembung ditambah sedikit mual dan kadang sampai diare. Hal itu karena hormon prostaglandin sedang meningkat dan memicu usus berkontraksi.

6.Sakit punggung

Selain kram perut, punggung kita juga biasanya akan terasa tidak nyaman. Biasanya rasa sakit terpusat di area punggung bawah dan menjalar sampai betis ketika mendekati jadwal haid.

7.Mood swing

Tanda tanda akan haid yang terakhir adalah mood swing atau perubahan suasana hati yang biasanya terjadi beberapa hari menjelang haid. Tapi setelah haid, biasanya hal itu akan hilang kok.

Harus bagaimana jika alami ciri-ciri menstruasi tidak normal?

Hal-hal di atas menjadi tanda tanda akan haid yang normal. Tapi, kamu harus waspada nih, karena ada juga gejala yang justru berbahaya dan bisa jadi penanda adanya kondisi medis yang lebih serius, lho. Apa saja?

1.Nyeri haid mengganggu aktivitas

Kram perut dan rasa nyeri yang mungkin terasa di beberapa bagian lain pada tubuhmu seperti punggung bagian bawah sangatlah normal. Biasanya, kram perut akan berlangsung selama 2-4 hari dalam siklus haid.

Kalau nyeri haid yang normal sih, biasanya masih bisa dikendalikan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun kalau kamu merasa rasa sakitnya sudah tidak normal bahkan tidak membaik bahkan setelah mengonsumsi obat pereda nyeri, kamu wajib waspada ya, Charm Girls.

Soalnya, itu bisa jadi gejala kondisi seperti dismenore, fibroid, endometriosis, adenomiosis, penyakit radang panggul, atau bahkan penyakit menular seksual.

2.Nyeri payudara

Nyeri payudara memang normal terjadi saat menstruasi. Tapi kalau rasa nyerinya berlebihan dan diikuti gejala lain seperti terdapat benjolan dan perubahan puting susu atau kulit payudara, wah kamu harus berhati-hati, Charm Girls!

3.Mood swing yang parah

Mood swing memang jadi tanda akan haid yang normal. Tapi kalau perubahan suasana hatinya begitu drastis sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, wajib waspada karena itu bisa jadi tanda gangguna disforik pramenstruasi (PMDD).

4.Konsistensi dan jumlah darah abnormal

Biasanya, aliran darah haid akan banyak di hari-hari awal dan terus berkurang di akhir periode. Tapi jika konsistensi darah menstruasi dirasa tidak normal seperti lebih banyak dan lebih lama dari biasanya, itu bisa jadi gejala kondisi menoragia, lho.

5.Darah menggumpal

Ketika menstruasi, normal jika darah yang keluar tak hanya berbentuk cairan saja tapi juga gumpalan kecil. Tapi jika gumpalan darah yang keluar berukuran besar dan sering keluar, bahkan ketika siklus sudah mau berakhir, bisa jadi itu adalah gejala penyakit lain seperti fibroid, endometriosis, atau adenomiosis.

Sudah tahu kan, apa saja tanda tanda akan haid yang normal dan tidak normal? Sekarang, kamu bisa lebih waspada jika merasa mengalami gejala yang aneh atau bahkan sudah mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

Sebaiknya Charm Girls langsung berkonsultasi ke dokter jika mengalami ciri-ciri menstruasi tidak normal seperti di atas, ya. Biar ketahuan apa penyebabnya dan bisa langsung ditangani secara tepat agar kondisi tidak makin parah.

Ketika menstruasi datang, pastikan juga kamu punya pembalut yang mampu membantumu menjalani hari dengan lebih maksimal. Seperti pembalut Charm Extra Dry Slim dengan inovasi baru extra dry sheet yang mampu menyerap gumpalan kental seketika.

Nggak perlu lagi khawatir merasa lembab gara-gara cairan tertinggal di permukaan. Saat hari-hari banyak pun, dijamin bakal tetap kering. Apalagi permukaannya lembut dan halus, bebas lembab yang bikin kamu nyaman tetap bisa aktif sepanjang hari!

Ada tiga varian yang bisa kamu temukan di semua supermarket terdekat, yakni Wing 23 cm, Wing Long 25 cm bebas bocor belakang, dan Night 29 cm untuk malam hari. Jadi, nggak perlu khawatir lembab lagi sepanjang hari.

tanda tanda akan haid
Komentar (32)
A

Pp
Puput permata sari
Ok
a year ago
Balas
Ap
Atri pujiningsih
Ok
a year ago
Balas
An
Anonymous
Thanks mincha
a year ago
Balas
floating-icon