Kembali

Edukasi

Keluar ASI tapi Tidak Hamil? Kenapa ya?

Keluar ASI tapi Tidak Hamil? Kenapa ya?


Biasanya, air susu ibu atau ASI akan diproduksi ketika seorang wanita sedang hamil dan menyusui. ASI adalah sumber gizi utama bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat.

Walaupun begitu, banyak terjadi kasus keluar air susu dari payudara tetapi Wanita tersebut sedang tidak hamil. Kok bisa? Apakah itu terkait dengan masa subur setelah melahirkan atau masa ovulasi? Mari kita bahas.

Ternyata, hal itu tidaklah aneh, lho. Keluar ASI tapi tidak hamil bisa terjadi pada semua wanita, termasuk pada kita-kita yang masih remaja ini, Charm Girls. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa juga terjadi pada pria dan bayi baru lahir!

Kondisi ini dikenal sebagai galaktorea. Keluar air susu tapi tidak hamil tidaklah sama dengan ASI yang dihasilkan saat sedang menyusui, lho.  Tapi berkaitan dengan faktor hormonal dan kondisi medis lainnya.

Mengapa air susu keluar tapi tidak hamil?

Keluar ASI tanpa hamil bukanlah tidak mungkin. Kamu bisa saja mengalaminya bahkan ketika belum pernah hamil atau tidak sedang menjalani program hamil.

Beberapa gejala yang menandakan galaktorea pada remaja di antaranya;

  • Salah satu atau kedua payudara memproduksi ASI.
  • Jaringan payudara membesar.
  • Mual.
  • Jerawat.
  • Siklus haid tidak teratur. 
  • Sakit kepala.
  • Gangguan penglihatan.
  • Gairah seksual menurun.
  • Pertumbuhan rambut tidak normal.

Lantas, apa penyebab ASI keluar tapi tidak hamil? Sebenarnya cukup sulit mengetahui apa penyebab pastinya, Charm Girls. Tapi ada beberapa faktor yang bisa memicunya. Berikut beberapa di antaranya:

1.Hormon tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang ternyata bisa menyebabkan keluar asi sebelum hamil, Charm Girls. khususnya jika kadar hormon bernama prolaktin melonjak tajam. 

Hormon prolaktin dihasilkan dan diatur oleh kelenjar pituitari, kelenjar kecil di dasar otak. Keberadaan gangguan seperti tumor non-kanker atau gangguan hipofisis lainnya, bisa jadi penyebab keluar ASI tapi tidak hamil.

Selain itu, meningkatnya hormon tersebut juga bisa karena pengaruh obat hingga stimulasi berlebihan pada puting payudara.

2.Kadar estrogen tinggi

Ternyata, kadar hormon estrogen yang tinggi atau tidak seimbang tidak hanya bisa terjadi pada wanita dewasa atau remaja, lho. Tapi juga bisa terjadi pada bayi baru lahir!

Nah, itulah yang menyebabkan keluar air susu pada bayi baru lahir. Ada beberapa faktor yang bisa jadi pemicu, di antaranya paparan zat kimia atau hormon tertentu ketika bayi masih berada di dalam rahim.

3.Efek samping obat

Apakah kamu sedang mengonsumsi obat tertentu? Ternyata hal itu bisa jadi salah satu penyebab galaktorea loh, Charm Girls. Obat apa saja?

Misalnya, obat antipsikotik, antidepresan, pil KB, obat untuk heartburn, beberapa jenis obat pereda nyeri, obat pengendali tekanan darah, dan obat tertentu yang mengandung hormon.

4.Konsumsi zat psikoaktif

Selain obat-obatan dokter, kalau kamu mengonsumsi zat psikoaktif alia narkoba seperti ganja atau kokain, itu sangat bisa memicu laktai meski kamu nggak hamil.

5.Stimulasi payudara

Stimulasi payudara juga bisa memicu keluar air susu dari payudara, lho. Stimulasi tuh seperti apa, sih?

Misalnya, merangsang payudara saat berhubungan intim, terlalu sering memeriksa payudara sendiri (sadari), atau terjadi gesekan pakaian ke puting payudara. 

6.Kondisi medis lainnya

Nah, kalau faktor yang satu ini, kamu wajib waspada. Soalnya, galaktorea memang bisa jadi tanda atau gejala beberapa kondisi medis lain yang cukup mengkhawatirkan. Misalnya, masalah kelenjar tiroid, penyakit lever atau ginjal, tumor atau penyakit pada hipotalamus, hingga adanya trauma atau cedera pada jaringan payudara. 

Hati-hati buat para remaja atau wanita muda pekerja nih, stres kronis juga bisa jadi penyebab puting keluar cairan putih atau ASI, lho.

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Galaktorea

Lantas, adakah cara mengatasi keluar ASI tapi tidak hamil?

Ada kok, Charm Girls. Pada umumnya, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghindari kemungkinan terjadinya galaktorea. Mulai dari menghindari penggunaan bra atau pakaian yang sering menyentuh puting secara intens, jangan terlalu sering merangsang payudara, dan coba menghilangkan stres dengan cara yang sehat.

Tapi kalau cairan yang keluar dari puting tidak nampak seperti ASI atau terlihat jernih, melainkan berdarah atau kuning. Nah, ini yang berbahaya.

Jika payudara nyeri dan keluar cairan yang bukan air susu, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter. Soalnya, itu bisa jadi salah satu tanda kanker payudara, lho.

Tapi intinya, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter saja jika mengalami keluar ASI tapi tidak hamil. Soalnya perlu diketahui dengan pasti apa penyebab galaktorea yang kamu alami agar penanganannya bisa tepat.

Kalau sudah menangani masalah payudaramu, Charm Girls jangan sampai lupa menggunakan pembalut yang nyaman saat menstruasi datang, ya. Sebagai cewek aktif, kamu tentunya harus siap menghadapi hari walaupun haid lagi banyak-banyaknya. 

Salah satu yang bisa kamu andalkan adalah pembalut Charm Cooling Fresh yang punya sensasi dingin menyegarkan berkat ekstrak daun mint yang juga bisa mengurangi rasa gerah dan lembab yang sering terjadi sepanjang hari.

Kamu tak perlu lagi khawatir bocor, karena pori serap extra-nya bisa mencegah bocor meski sedang banyak-banyaknya. Ketebalan yang pas dan tidak mengganjal juga membuatmu nyaman maksimal. Nggak bikin iritasi!

Charm Cooling Fresh tersedia dalam tiga varian, yakni Wing 23 cm, Non-Wing 23 cm, dan Wing 26 cm. Untuk malam hari, kamu bisa mencoba Charm Cooling Fresh Night dengan panjang 29 cm, 35 cm, dan 42 cm yang bisa cegah bocor dan gerah malam hari secara maksimal.

keluar air susu
Komentar (25)
A

Pp
Puput permata sari
Ok
17 days ago
Balas
Ap
Atri pujiningsih
Ok
17 days ago
Balas
An
Anonymous
Thanks mincha
17 days ago
Balas
floating-icon