Kembali

Edukasi

Cari tahu yuk, apa penyebab keringat berlebihan!

Cari tahu yuk, apa penyebab keringat berlebihan!


Keringat merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar keringat yang terletak di bawah kulit. Cairan ini berfungsi untuk menyejukkan tubuh saat suhu tubuh naik, terutama saat kita sedang beraktivitas atau di bawah sinar matahari yang terik. Keringat yang keluar dari tubuh terdiri dari air dan zat-zat kecil seperti natrium, kalium, dan garam lainnya. Bau yang tidak sedap yang terkadang tercium dari keringat biasanya disebabkan oleh bakteri yang hidup di permukaan kulit. 

Meskipun keringat merupakan proses alami tubuh yang sangat penting, terlalu banyak keringat yang keluar dapat menandakan kondisi tertentu. Apa penyebab keringat berlebihan? Sebelumnya kita perlu tahu kalau keringat tubuh terbagi menjadi dua jenis, yaitu keringat ekstrakrin dan keringat endokrin. Nah, keringat ekstrakrin merupakan keringat yang keluar dari kelenjar keringat yang terletak di permukaan kulit. Sedangkan keringat endokrin merupakan keringat yang diproduksi oleh kelenjar keringat yang terletak di dalam tubuh, seperti kelenjar adrenal.

Keringat yang dikeluarkan oleh tubuh ketika seseorang berkeringat berlebihan adalah keringat ekstrakrin. Keringat ekstrakrin merupakan keringat yang diproduksi oleh kelenjar keringat yang terletak di permukaan kulit, dan biasanya terdiri dari air dan garam-garam kecil seperti natrium dan kalium. Keringat ekstrakrin merupakan keringat yang paling banyak keluar dari tubuh, dan biasanya akan keluar dengan lebih banyak jumlah ketika seseorang sedang beraktivitas atau di bawah sinar matahari yang terik.

Kita memang hidup di lingkungan dengan cuaca dan iklim tropis yang memicu tubuh kita untuk berkeringat. Charm Girls juga pasti setuju kalau cuaca lagi panas mudah banget untuk kita berkeringat ketika sedang beraktivitas biasa. Tapi, ternyata seseorang bisa juga loh sering keringat berlebihan. Kira-kira kenapa ya? Cari tahu lebih lanjut, yuk!

Keringat berlebihan, kenapa ya?

Seseorang berkeringat dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pertama, bisa karena suhu atau cuaca panas. Saat suhu lingkungan naik, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak keringat untuk menyejukkan tubuh. Jika suhu lingkungan terlalu tinggi, tubuh mungkin akan mengeluarkan lebih banyak keringat daripada biasanya, yang dapat menyebabkan keringat berlebihan. Lalu yang kedua, aktivitas seseorang dapat menjadi alasan kenapa keringat berlebihan. Saat seseorang melakukan aktivitas fisik yang tinggi, tubuh akan memproduksi lebih banyak panas, sehingga tubuh akan mengeluarkan lebih banyak keringat untuk menyejukkannya.

Jadi nggak kaget jikalau Charm Girls yang suka dengan aktivitas outdoor memproduksi keringat tubuh berlebih. Bukan hanya aktivitas fisik tapi ternyata beban psikologis juga dapat memicu tubuh untuk berkeringat lebih. Saat seseorang sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut kortisol, yang dapat menyebabkan tubuh berkeringat lebih banyak. Nah, kalau kamu lagi sering keringat berlebihan, yuk kilas balik kira-kira hari ini apakah ada hal yang jadi beban pikiran?

Tetapi ternyata keringat berlebihan dapat dikarenakan oleh kondisi medis tertentu, loh. Seperti hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder. Hiperhidrosis primer merupakan kondisi di mana salah satu bagian tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan. Seperti di telapak tangan atau kaki, leher, ketiak atau di wajah. Hiperhidrosis primer dicurigai terjadi karena faktor genetik atau turunan. 

Hiperhidrosis sekunder, atau yang lebih dikenal dengan hiperhidrosis umum, adalah kondisi di mana seseorang mengalami keringat berlebih dari satu area atau seluruh tubuhnya. Penderita hiperhidrosis umum juga bisa mengalami keringat saat sedang tidur. Penyebab hiperhidrosis umum biasanya adalah kondisi medis tertentu, seperti obesitas, diabetes, hipertiroidisme, atau penyakit jantung. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat daripada biasanya.

Cara mengatasi keringat berlebihan

Terus-terusan keringat berlebihan bisa memberikan dampak di kehidupan seseorang. Mungkin akan banyak cewek yang jadi nggak pede karena selalu khawatir dengan bau badan. Buat kamu yang lagi galau mencari cara untuk mengatasi keringat yang berlebihan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti:

1.Menggunakan antiperspiran dan deodoran

Antiperspiran dapat membantu mengurangi produksi keringat dan mencegah bau yang tidak sedap. Deodoran dapat membantu menghilangkan bau yang tidak sedap yang disebabkan oleh keringat, meskipun tidak mempengaruhi produksi keringat itu sendiri. Pilih antiperspiran dan deodoran yang sesuai dengan jenis kulitmu dan gunakan sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan.

2.Memakai pakaian dari bahan yang menyerap keringat

Pakailah pakaian yang terbuat dari bahan seperti katun atau linen yang dapat menyerap keringat dan membantu menjaga tubuh tetap kering. Penting juga bagi kamu untuk rajin mengganti pakaian yang sudah basah dengan keringat ke pakaian kering yang bersih.

3.Menghindari makanan yang memicu produksi keringat

Beberapa makanan seperti cabe, merica, dan makanan yang pedas dapat memicu produksi keringat. Hindari atau batasi konsumsi makanan tersebut jika keringat berlebihan merupakan masalah yang sering kamu alami.

4.Menjaga kebersihan tubuh

Merawat diri juga penting untuk menjaga kebersihan kulit kita setelah berkeringat banyak. Rajin mandi minimal 2 kali sehari dan menggunakan produk kebersihan yang tepat bagi kulit kamu akan meminimalisir risiko badan menjadi kotor dan mengeluarkan bau tak sedap karena bakteri. 

Perlu ke dokter nggak, ya?

Berkeringat adalah hal yang normal apalagi jika cuaca sehari-hari lagi panas-panasnya atau kamu aktif olahraga. Tapi jika penyebab dari keringat berlebihan adalah karena kondisi medis seperti hiperhidrosis sekunder yang dikarenakan gangguan kesehatan tubuh. Konsultasikan kondisi mu ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

sering keringat berlebihan
kenapa keringat berlebihan
Komentar (21)
A

An
Anonymous
Thanks mincha
17 days ago
Balas
An
Anonymous
Makasih infonya
16 days ago
Balas
An
Anonymous
Suka banget sama artikel ini
16 days ago
Balas
floating-icon