Kembali

Girl's Life

Berikut dampak negatif stres? Yuk cari tahu

Berikut dampak negatif stres? Yuk cari tahu


Charm Girls pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “stres” efek banyak pikiran, kelelahan atau banyak tekanan karena kuliah dan pekerjaan. Kondisi ini memang kerap kali terdengar dari seorang teman yang sedang merasakannya atau bahkan dirasakan oleh diri sendiri. Namun, stres bukan hanya sekadar kondisi yang menggambarkan keadaan tertekan, carut-marut dan lelah atau marah saja. Mengenal stres secara mendalam jadi upaya juga untuk lebih memahami kesehatan mental.

Stres adalah reaksi fisik dan emosional yang dialami orang ketika mereka menghadapi tantangan dalam hidup. Saat sedang stres, tubuh akan bereaksi dengan melepaskan hormon yang menghasilkan respons "melawan atau lari". Detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah akan naik, otot menjadi tegang, dan seseorang lebih banyak berkeringat. Dampak berpikir negatif dapat berakibat stres. Overthinking juga jadi salah satu akibat pikiran yang mempengaruhi kesehatan

Stres sesekali adalah mekanisme koping yang normal. Namun, efek negatif stres tidak main-main, stres jangka panjang atau disebut juga stres kronis dapat berkontribusi atau memperburuk berbagai masalah kesehatan:

  • Gangguan pencernaan
  • Sakit kepala
  • Gangguan tidur
  • Sakit
  • Obesitas
  • Melemahnya imun tubuh
  • Gula darah yang tinggi
  • Tekanan darah tinggi
  • Serangan jantung
  • Terlambat haid
  • Stres dapat memperburuk asma 
  • Dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan penyakit mental lainnya. 

Stres bisa bersifat jangka pendek atau jangka panjang. Keduanya dapat menyebabkan berbagai gejala, tetapi stres kronis bisa berdampak serius pada tubuh dari waktu ke waktu dan memiliki efek kesehatan jangka panjang loh Charm Girls.

Tanda bahwa seseorang mengalami stres

Stres tidak selalu mudah dikenali, tetapi ada beberapa cara untuk mengidentifikasi tanda bahwa mungkin Charm Girls mengalami terlalu banyak tekanan. Kadang-kadang stres bisa datang dari sumber yang jelas, tetapi kadang-kadang bahkan tekanan kecil sehari-hari dari pekerjaan, sekolah, keluarga, dan teman dapat merusak pikiran dan tubuh loh.

Ada sejumlah tanda atau dampak negatif stres yang bisa kamu kenali:

  • Perubahan suasana hati
  • Telapak tangan lembab atau berkeringat
  • Gairah seks menurun
  • Diare
  • Sulit tidur
  • Masalah pencernaan
  • Pusing
  • Merasa cemas
  • Sakit kepala
  • Energi rendah
  • Otot tegang terutama di leher dan bahu
  • Sakit dan nyeri fisik
  • Detak jantung cepat
  • Gemetaran

Sinyal lain yang menandakan seseorang stres adalah tanda-tanda psikologis seperti kesulitan berkonsentrasi, khawatir, gelisah, dan kesulitan mengingat.

Kemudian tanda emosional seperti marah, kesal, murung, atau frustrasi. Tanda fisik seperti tekanan darah tinggi, perubahan berat badan, sering masuk angin atau infeksi, serta perubahan siklus menstruasi dan libido dan perilaku seperti perawatan diri yang buruk, tidak punya waktu untuk hal-hal yang sukai, atau memilih konsumsi obat-obatan dan alkohol untuk mengatasinya

Cara atasi stres

Charm Girls, perlu dipahami bahwa tak ada obat untuk menyembuhkan stres. Tapi ada cara untuk meredakannya yakni dengan relaksasi. Berbeda dengan respons stres, respons relaksasi memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan konsumsi oksigen dan kadar hormon stres.

1.Latihan meditasi

Meditasi yang masuk dalam kategori pengobatan komplementer dan alternatif dapat membantu mengurangi gejala stres, termasuk kecemasan dan depresi, dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Charm Girls juga bisa lakukan akupunktur, mencoba  aromaterapi, pijat, dan yoga.

2.Psikoterapi

Beberapa bentuk terapi yang mungkin sangat membantu dalam mengatasi gejala stres termasuk terapi perilaku kognitif (CBT) dan pengurangan stres berbasis mindfulness (MBSR). 

CBT berfokus untuk membantu seseorang mengidentifikasi dan mengubah pola berpikir negatif, sementara MBSR memanfaatkan meditasi dan mindfulness untuk membantu mengurangi tingkat stres.

3.Pengobatan

Obat terkadang diresepkan  oleh dokter untuk mengatasi beberapa gejala spesifik yang terkait dengan stres. Obat-obatan tersebut mungkin termasuk obat tidur, antasida, antidepresan, dan obat anti-kecemasan.

4.Belajar mengenali tanda-tanda kelelahan

Tingkat stres yang tinggi dapat menempatkan pada risiko kelelahan yang tinggi. Kelelahan dapat membuat merasa lelah dan apatis dengan pekerjaan. 

Ketika Charm Girls mulai merasakan gejala kelelahan emosional, itu pertanda bahwa perlu menemukan cara untuk mengatasi stres.

5.Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik memiliki dampak besar pada otak dan tubuh. Joging atau olahraga ringan dapat mengurangi stres dan memperbaiki banyak gejala yang terkait dengan penyakit mental.

6.Beri waktu untuk diri sendiri atau me time

Mengatasi stres perlu dilakukan untuk merawat kesehatan mental, jangan lupa masukkan aktivitas perawatan diri secara teratur ke dalam kehidupan sehari-hari karena sangat penting untuk manajemen stres. Coba pergi ke salon untuk creambath, pijat, atau menonton bioskop, karaoke serta menonton konser bisa jadi pilihan memulihkan diri dari stres. 

Pahami kesehatan mental dan kenali apakah seseorang butuh bantuan.

Jika Charm Girls tengah berjuang untuk mengatasi kesehatan mental, atau jika gejala stres tidak kunjung hilang, mungkin inilah saatnya untuk berbicara dengan seorang profesional.

Jika sedang dalam kesulitan atau berpikir untuk menyakiti diri sendiri segera cari layanan cegah bunuh diri atau psikolog. 

Jika Charm Girls atau ada seseorang yang dikenal memiliki penyakit mental, berjuang secara emosional, atau mengkhawatirkan kesehatan mentalnya, ada cara untuk mendapatkan bantuan mulai dari:

  1. Yayasan Pulih
  2. Ikatan Psikolog Klinis Indonesia
  3. Human Inisiative
  4. Himpunan Psikologi Indonesia
  5. Aplikasi psikolog yang ada di smartphone
  6. Layanan psikolog gratis di media sosial

Jangan lupa untuk menyayangi diri sendiri dengan menjaga kesehatan mental ya Charm Girls, jangan merasa sendiri juga dalam menghadapi kondisi-kondisi yang membuat diri tertekan. Yuk semangat, istirahat sejenak dan berikan waktu untuk dirimu sendiri.

Efek banyak pikiran
Dampak berpikir negatif
Pikiran mempengaruhi kesehatan
Komentar (258)
A

Cm
Cut mutia
Jadi selama ini aku stres. Makasih untuk sarannya Cha
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
bermanfaat ya kak
21 days ago
An
Anonymous
semangat ka
18 days ago
An
Anonymous
Nice info
a month ago
Balas
An
Anonymous
sip
21 days ago
An
Anonymous
3
18 days ago
An
Anonymous
Makasih Infonya cha
a month ago
Balas
An
Anonymous
iya
21 days ago
An
Anonymous
4
18 days ago
floating-icon