Kembali

Girl's Life

Minum Kunyit Saat Haid Bisa Redakan Nyeri, Ini Caranya

Minum Kunyit Saat Haid Bisa Redakan Nyeri, Ini Caranya


Salah satu gejala haid yang paling umum adalah nyeri perut. Tingkat nyeri haid pada tiap orang pun bisa berbeda-beda. Beberapa wanita merasakan nyeri ringan yang bisa segera hilang, sedangkan yang lainnya merasakan nyeri haid parah sampai hanya bisa berdiam diri di rumah.

Ketika kram atau nyeri perut datang, banyak perempuan mengandalkan obat-obatan pereda nyeri, seperti ibuprofen dan aspirin. Padahal, ada beragam bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan nyeri haid, salah satunya kunyit.

Apakah minum kunyit benar efektif untuk menghilangkan rasa sakit saat haid? Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahan herbal penuh manfaat ini!

Manfaat minum kunyit saat haid

Menstruasi biasanya disertai dengan gejala pegal-pegal, nyeri di perut dan pinggang, bahkan perubahan suasana hati. Oleh karena itu, nggak heran jika wanita yang sedang haid mengurangi aktivitas supaya pegal dan rasa sakitnya berkurang.

Nah, terkadang, obat-obatan menjadi jalan utama untuk meredakan nyeri haid. Namun, sebenarnya, bahan herbal seperti kunyit juga memiliki segudang manfaat untuk wanita yang sedang haid, lho.

Untuk itu, yuk cari tahu apa saja manfaat mengonsumsi kunyit saat haid!

1. Mengatasi kram perut

Secara medis, kram atau nyeri haid disebut sebagai dismenore. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon prostaglandin di dalam tubuh. Bagi sebagian perempuan, kehadiran dismenore bisa begitu parah sehingga menjadi masalah yang serius.

Seperti masalah medis lainnya, dismenore juga bisa diatasi dengan pengobatan herbal rumahan, salah satunya dengan menggunakan kunyit. Ini karena zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit mampu menghambat produksi prostaglandin dalam tubuh.

2. Memperlancar darah haid

Darah haid yang nggak lancar juga merupakan salah satu masalah haid. Terlebih, kondisi ini biasanya disertai dengan nyeri perut. Nah, untuk mengatasi kedua masalah tersebut, kamu bisa meminum jamu yang terbuat dari rebusan kunyit.

Sejak dulu, kunyit memang terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kunyit juga dipercaya memiliki efek seperti estrogen yang mampu melancarkan haid. Inilah mengapa orang-orang zaman dulu gemar minum jamu kunyit saat haid..

3. Meredakan perut kembung

Saat haid, nggak jarang perempuan merasakan kembung di perut. Hal ini terjadi karena jaringan tubuh menahan terlalu banyak air dan garam. Kunyit dipercaya bisa membantu mengeluarkan zat-zat sisa di dalam tubuh, termasuk cairan penyebab kembung.

4. Meredakan stres fisik dan emosional saat haid

Saat haid, hormon dalam tubuh mengalami banyak perubahan. Hal ini bisa membuatmu jadi lebih stres dan sensitif dari biasanya. Namun, siapa sangka, stres saat haid bisa diredakan hanya dengan mengonsumsi kunyit.

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang membantu menyeimbangkan zat kimia pada otak. Emosi dan stres akibat perubahan hormon pun akan lebih terkendali. Selain itu, kunyit dianggap sebagai antioksidan kuat yang mampu menetralkan stres pada sel-sel tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kadar hormon yang nggak stabil saat haid bisa memengaruhi kekebalan tubuhmu. Akibatnya, tubuh jadi lebih cepat terserang penyakit. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan berbagai bahan herbal yang baik untuk imun tubuh, salah satunya kunyit.

Banyak peneliti telah membuktikan bahwa kandungan kurkumin yang ada pada kunyit membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengkonsumsinya pun mudah. Kamu bisa meminum air rebusan kunyit atau mencampurkannya ke dalam makanan.

Cara mengonsumsi kunyit saat haid

Cara mengonsumsi kunyit cukup simpel. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa ruas kunyit dan air. Parutlah kunyit tersebut, lalu rebus di dalam air hingga mendidih. Biarkan selama 10 menit sampai air rebusan cukup dingin untuk disaring.

Setelah itu, saring air rebusan kunyit ke dalam wadah yang bersih. Jangan lupa untuk meminumnya selama menstruasi berlangsung untuk mendapatkan hasil yang optimal, ya!

Bolehkah semua perempuan minum jamu saat haid?

Sejak dahulu, banyak orang menggunakan kunyit sebagai obat alami. Khasiat kunyit berasal dari kandungan kurkumin yang memiliki efek antiradang yang kuat. Zat ini dapat meredakan nyeri haid dengan mengurangi peradangan di dalam tubuhmu.

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi jamu kunyit saat haid sebenarnya masih menjadi perdebatan. Kemampuan kunyit dalam meredakan nyeri takut membuat wanita jadi ketergantungan. Faktanya, kunyit aman diminum saat haid maupun tidak.

Mengonsumsi jamu kunyit lebih banyak dari biasanya juga nggak menimbulkan efek samping. Pasalnya, kunyit merupakan rempah alami yang sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa kunyit nggak boleh dikonsumsi banyak-banyak oleh beberapa orang dengan kondisi berikut.

  • Sedang hamil atau menyusui.
  • Memiliki penyakit batu ginjal.
  • Memiliki riwayat batu empedu.
  • Diabetes.
  • Alergi terhadap rempah (kunyit, jahe, dan lainnya).

Nah, jika kamu memiliki salah satu kondisi di atas dan tetap ingin mengonsumsi kunyit, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Bahan alami sekalipun dapat menimbulkan dampak negatif kalau dikonsumsi secara berlebihan atau sembarangan. Jadi, konsumsilah dalam batasan yang aman supaya kamu bisa meraup manfaatnya.

bolehkah minum jamu saat haid
Komentar (173)
A

An
Anonymous
Makasih infonya
a month ago
Balas
An
Anonymous
Bermanfaat banget
a month ago
Balas
An
Anonymous
Ya
25 days ago
An
Anonymous
Ya
25 days ago
An
Anonymous
Ya
25 days ago
An
Anonymous
Ya
25 days ago
Fy
Fitri yanti agustina
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Yq
4 days ago
An
Anonymous
Ya
4 days ago
An
Anonymous
Ya
4 days ago
An
Anonymous
Ya
4 days ago
floating-icon