Kembali

Edukasi

Kenali pubertas pada anak, apa saja ya?

Kenali pubertas pada anak, apa saja ya?


Setiap anak-anak akan melewati masa pubertas sebelum menuju remaja, tidak jarang banyak anak yang bertanya-tanya apa itu pubertas dan bagaimana mempersiapkan diri untuk memasuki masa pubertas yang kerap diwarnai perubahan fisik dan perubahan hormon pada remaja.

Charm Girls yang saat ini akan memasuki masa remaja perlu paham bahwa pubertas adalah waktu dalam kehidupan anak ketika bertransisi menjadi dewasa. Hormon khusus akan diproduksi dan dilepaskan, nantinya bakal memicu tanda-tanda pubertas. Saat menuju dewasa di akhir proses, anak yang sedang pubertas akan mencapai kematangan seksual.

Pubertas adalah saat tubuh anak mulai berkembang dan berubah saat mereka bertransisi jadi dewasa, akan ada perubahan fisik untuk mencapai kematangan seksual dan mampu bereproduksi. Tahapan pubertas mengikuti jalur yang pasti dengan perkembangan perubahan fisik. 

Patut jadi catatan, saat masuk masa puber, perubahan emosional mungkin saja tidak berkembang sama cepatnya dengan perubahan fisik ya Charm Girls. Perubahan fisik dan emosional saat pubertas dimulai dan berakhir pada usia yang berbeda untuk setiap anak, jadi jangan bandingkan diri dengan teman yang mungkin lebih cepat atau lebih lambat alami pubertas ya Charm Girls, karena setiap orang punya fase dan prosesnya masing-masing.

Anak perempuan umumnya mulai alami pubertas sekitar dua tahun lebih awal daripada anak laki-laki yang memulainya antara usia 9 dan 14 tahun. Pubertas untuk anak perempuan biasanya dimulai antara usia 8 dan 13 tahun. 

Tahapan pubertas pada anak perempuan dan ciri-cirinya

Saat anak perempuan mengalami pubertas, ada beberapa tahap yang dilewatinya, total ada lima tahapan pubertas bagi anak perempuan.

1.Tahap pertama pubertas pada anak adalah prapubertas. Pada tahap ini anak perempuan belum mengalami perubahan yang terlihat pada dirinya.

2.Tahap kedua adalah saat perubahan fisik dimulai, yakni antara usia 8 dan 13 tahun, anak perempuan biasanya mengalami perubahan ciri tubuh mulai dari:

  • Payudara yang mulai tumbuh
  • Areola (area berpigmen di sekitar puting) membesar.
  • Rambut di kemaluan mulai muncul
  • Tinggi badan bertambah bertahap

3. Tahap tiga, perubahan fisik semakin cepat saat usia 9 dan 14, mulai dari:

  • Payudara mereka terus bertumbuh
  • Rambut ketiak mulai tumbuh, dan rambut kemaluan terus tumbuh. 
  • Rambut kemaluan kasar, keriting dan berbentuk segitiga.
  • Percepatan pertumbuhan lebih dari 7.62 sentimeter per tahun.
  • Kulit mereka menjadi lebih berminyak, dan jerawat berkembang.

4.Pada tahap keempat, pubertas mencapai langkah penuh, yakni antara usia 10 dan 15 tahun, dengan ciri sebagai berikut:

  • Payudara mereka terus tumbuh, dan puting mereka mulai menonjol.
  • Rambut kemaluan masih berbentuk segitiga, dan rambut semakin lebat
  • Pertumbuhan dapat berlanjut setiap tahunnya.
  • Masalah dengan jerawat.
  • Periode (menstruasi) biasanya dimulai sekitar usia 12 (biasanya sekitar usia yang sama dengan periode ibu dan saudara perempuan mereka dimulai). 
  • Beberapa gadis yang mengalami gangguan makan cenderung terlambat menstruasi.

5.Tahap lima atau tahap terakhir. 

Pada tahap ini anak perempuan akan mencapai kedewasaan fisik. Rambut kemaluan semakin panjang dan dan beberapa anak perempuan mungkin memiliki garis rambut sampai ke pusar mereka. Sebagian besar anak perempuan mencapai tinggi puncaknya pada usia 16 tahun, namun beberapa mungkin terus tumbuh hingga usia 20 tahun.

Hal yang harus dipersiapkan saat anak pubertas

Saat mengalami pubertas ada beberapa hal yang harus orangtua dan anak perhatikan bahkan persiapkan. 

  • Emosi

Hampir seluruh anak perempuan mengalami perubahan emosional selama masa pubertas. Beberapa remaja perempuan alami perubahan emosional yang lebih berpengaruh daripada yang lain karena perubahan hormon pada remaja yakni siklus estrogen dan progesteron melalui tubuh.

Kombinasi tekanan sosial dan sekolah serta kemurungan dapat sebabkan emosi dan konflik dengan orang tua. Mungkin orangtua akan mengira anaknya menjadi pembangkang atau nakal, namun kondisi emosional berperan besar dalam hal ini.

Jika Charm Girls merasakan ini jangan salahkan diri terlalu dalam dan pahami bahwa ini adalah kondisi emosional saat pubertas yang harus dikendalikan agar tidak menjadi kebiasaan dan berdampak buruk kedepannya.

Sedangkan orangtua atau wali sebaiknya bisa memberinya ruang aman untuk remaja bisa merasakan semua perasaannya atau membagikan emosinya.

  • Fisik

Remaja perempuan juga akan mengalami perubahan fisik seperti tumbuhnya payudara, sebaiknya segera ganti pakaian dalam dari kaos biasa menjadi miniset dan bertahap menggunakan bra. Celana dalam juga harus sering diganti dan bersih.

Perhatikan juga perubahan hormon pada remaja yang mungkin akan memiliki ketertarikan dengan lawan jenis. Pahami batasan dan edukasi tentang seksual.

  • Menstruasi

Kemudian berkaitan dengan menstruasi, sangat penting agar remaja perempuan bisa dipersiapkan dan dididik tentang pembalut, sanitasi dan kondisi saat menstruasi seperti nyeri agar bisa mempersiapkan diri.

Remaja perempuan penting untuk mempersiapkan pembalut dan celana dalam cadangan di sekolah jika terjadi keadaan darurat. 

Temui dokter Anda jika menstruasi jarang, terlalu sering, aliran sangat deras, atau menstruasi menyakitkan.

Charm Girls bisa menggunakan CHARM Body Fit Extra Maxi wing atau non wing 23 sentimeter tak perlu lagi khawatir bocor, karena Charm Extra Maxi, dengan teknologi bantalan elastis yang selalu kembali ke bentuk semula. Anti kerut, anti bocor. Membuatmu bisa tetap aktif dan percaya diri jalani aktivitasmu sepanjang hari. Ada juga pilihan CHARM Extra Dry Slim dengan ukuran 23 atau 25 sentimeter serta versi night 29 sentimeter. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan CHARM extra comfort dengan ukuran 23 dan 26 sentimeter baik yang bersayap maupun tidak sesuai kebutuhan remaja perempuan yang sedang pubertas.

Pubertas remaja perempuan terjadi sangat awal atau terlambat

Charm Girls, perlu dipahami tidak semua orang akan mengalami pubertas pada waktu yang bersamaan. Ada yang mengalami pubertas dini, namun ada juga yang pubertasnya tertunda,

Pubertas sebelum waktunya (awal) bisa jadi tanda bahaya jika ada beberapa hal yang menandakan perkembangan yang tidak biasa pada anak perempuan, yakni:

  • Menunjukkan tanda-tanda pubertas sebelum ulang tahun ke-8.
  • Perubahan tubuh yang berlangsung sangat cepat.
  • Perubahan tubuh yang terjadi “tidak teratur”, seperti mulai menstruasi sebelum payudara berkembang.
  • Putusnya hubungan utama antara pertumbuhan rambut kemaluan dan perkembangan payudara, contohnya adalah seperti tidak ada rambut kemaluan tetapi payudara berkembang penuh, atau sebaliknya.
Perubahan hormon pada remaja
Komentar (97)
A

Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
sip
a month ago
An
Anonymous
Oouhh seperti itu ciri-ciri pubertas pada anak
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
saya juga baru tau lho
a month ago
An
Anonymous
Okay Cha
a month ago
Balas
An
Anonymous
ok
a month ago
floating-icon