Kembali

Edukasi

Apa itu Mastalgia? yuk cari tahu!

Apa itu Mastalgia? yuk cari tahu!


Charm Girls, pernahkah kalian merasakan nyeri di payudara jelang masuk masa menstruasi? Mastalgia adalah istilah untuk nyeri payudara, ada dua jenis utama dari mastalgia yang pertama adalah nyeri payudara siklus atau rasa sakit payudara berkaitan dengan  tanda-tanda menstruasi. Serta nyeri payudara non siklik, yang rasa sakitnya bisa berasal dari payudara, atau mungkin berasal dari tempat lain, seperti otot atau persendian terdekat, dan mungkin terasa di payudara.

Gejala mastalgia tergantung pada penyebabnya dan bisa meliputi kelembutan payudara, rasa sakit yang parah dan seperti terbakar hingga sesak pada jaringan payudara. Mastalgia adalah kondisi yang sangat umum, terutama di antara perempuan berusia 30 hingga 50 tahun. Kondisi ini memengaruhi sekitar 70 persen perempuan selama hidup mereka.

Charm Girls, mastalgia bisa menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga rasa sakit yang parah pada beberapa kasus.  Perempuan dengan nyeri payudara cenderung takut mereka terkena kanker payudara, namun nyeri payudara disebut jarang dikaitkan dengan kanker payudara dan seharusnya tidak dianggap sebagai gejala dari kanker payudara.

Serba-serbi nyeri payudara siklis dan nonsiklik

Nah di atas tadi sudah dijelaskan secara singkat apa mastalgia yang bertipe siklis dan non siklis. Berikut adalah penjelasan rincinya

1.Nyeri payudara siklis

Mastalgia dengan tipe jenis nyeri payudara siklis adalah hal yang paling paling umum dengan siklus atau tanda-tanda menstruasi serta kerap berkaitan dengan hormonal. Beberapa perempuan mulai merasakan nyeri di payudaranya saat jelang waktu ovulasi dan akan berlanjut hingga siklus awal menstruasi.

Toleransi nyerinya dapat berbeda-beda, ada yang tidak ada rasa sakitnya sama sekali hingga sangat parah hingga perempuan tidak bisa menggunakan pakaian yang ketat atau tidak bisa alami kontal seperti tersentuh atau tersenggol. Rasa sakitnya bisa dirasakan di satu bagian payudara saja atau bahkan bisa memancar hingga ke area ketiak.

Penelitian menjelaskan bahwa nyeri payudara dapat meningkat atau berubah polanya dengan perubahan hormon yang terjadi selama masa stres. Beberapa penyedia layanan kesehatan juga meminta perempuan menjelaskan letak nyeri payudaranya untuk mengetahui apakah nyeri itu bersifat siklus (berulang) atau tidak. 

Pengobatan untuk nyeri payudara siklis

Perawatan untuk nyeri payudara siklis bergantung pada gejala, usia, dan kesehatan umum, serta bisa tergantung pada seberapa parah kondisinya. Perawatan sangat bervariasi dan mungkin bisa dilakukan adalah dengan menghindari mengkonsumsi kafein dan lebih memilih mengkonsumsi vitamin E, serta lakukan diet rendah lemak.

2.Nyeri payudara nonsiklik

Setelah penjelasan soal mastalgia siklik, kini Charm Girls bisa lebih memahami juga nyeri payudara nonsiklik. Kondisi ini jarang terjadi dan terasa berbeda dari mastalgia siklis serta tidak berbeda dengan siklus menstruasi. Umumnya, rasa sakit hadir sepanjang waktu dan hanya di satu lokasi tertentu.

Salah satu penyebab nyeri payudara nonsiklik adalah trauma, atau pukulan pada payudara. Bisa juga berupa nyeri rematik di rongga dada dan di leher, yang menjalar hingga ke payudara.

3.Pengobatan untuk nyeri payudara nonsiklik

Sebenarnya lebih sulit untuk menemukan pengobatan terbaik untuk nyeri payudara nonsiklik, karena cukup rumit untuk tahu dengan pasti dari mana rasa sakit itu berasal. Selain itu, rasa sakitnya bukan karena hormonal. 

Perawatannya juga bakal tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan umum, serta akan tergantung pada seberapa parah kondisinya. Penyedia layanan kesehatan akan memeriksa fisik dan mungkin bisa lakukan prosedur mammogram atau X-Ray di bagian payudara. 

Diagnosa mastalgia

Dengan penjelasan terkait dua penyebab mastalgia di atas, pada akhirnya diagnosis mastalgia paling sering dibuat berdasarkan gejala dan pemeriksaan payudara secara fisik ya Charm Girls, meski studi lanjutan bisa dilakukan untuk evaluasi kelainan yang dicatat selama pemeriksaan fisik. Meski tadi dijelaskan kemungkinan mastalgia jadi gejala penyakit kanker payudara cukup rendah, tetapi penting untuk menyaring perempuan yang punya risiko itu.

Perawatan di rumah

Banyak pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk mengurangi nyeri siklik dan nonsiklik, terkadang dengan hasil yang baik. Berikut hal-hal yang bisa Charm Girls lakukan:

1.Mengenakan bra yang pas

Dengan cara ini Charm Girls bisa  membantu menahan payudara yang nyeri dan mencegahnya menjadi tidak nyaman atau seperti ditarik.

2.Redakan stres

Stres yang meningkat dapat mempengaruhi kadar hormon dan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan di payudara.

3.Berolahraga yuk

Nah Charm Girls, yuk coba untuk tidak selalu rebahan, mastalgia bisa diatasi di rumah dengan melakukan aktivitas fisik yang menurunkan estrogen, tetapi sulit untuk mengetahui dari penelitian apakah itu benar-benar menurunkan mastalgia.

4.Kurangi kafein dan konsumsi makanan rendah 

Charm Girls sementara bisa coba mengontrol konsumsi kafein dan memilih makanan rendah lemak, bukan hanya berkaitan dengan mastalgia, dua cara ini juga baik untuk kesehatan dan tubuh serta pikiran.

5.Bra yang tepat tentukan kenyamanan

Mengenakan bra yang pas dan mendukung, karena ukuran dan bentuk payudara berubah seiring waktu. Jadi, pastikan Charm Girls secara rutin memasang ukuran bra yang tepat

6.Mengonsumsi suplemen 

Charm Girls bisa rutin mengkonsumsi vitamin E dan multivitamin lainnya. Mengonsumsi suplemen magnesium.

Mastalgia adalah
Komentar (14)
A

Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Thanks infonya
a month ago
Balas
nu
nurwijayanti
ok
a month ago
Balas
floating-icon