Kembali

Girl's Life

Apa Penyebab Mual Saat Haid?

Apa Penyebab Mual Saat Haid?


Setiap kali siklus haid datang, baik sebelum dan/atau saat menstruasi terjadi, kamu mungkin akan mengalami berbagai gejala yang menyertainya.

Beberapa keluhan umum yang sering dialami wanita adalah pusing dan/atau sakit kepala, perut kembung, kram perut, diare, kelelahan, mood swing, atau bahkan mual. 

Yap, pusing dan mual saat haid sebenarnya normal, Charm Girls. Kondisi tersebut tak berbahaya. Tapi memang bisa cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi kalau rasa mual tersebut sampai memicu muntah saat haid.

Lantas, apa yang jadi penyebab mual saat haid dan apakah kita bisa mengatasinya?

Hormon prostaglandin juga bisa jadi salah satu alasan kenapa mual saat haid. Ketika siklus haid dimulai, tubuh kita akan melepaskan hormon prostaglandin yang berfungsi untuk merangsang otot rahim agar berkontraksi dan membantu mengeluarkan darah.

Nah, hormon ini ternyata bisa masuk ke aliran darah yang kemudian menyebabkan kamu merasakan mual sebelum haid atau ketika menstruasi terjadi. Bahkan tak cuma rasa mual saja yang bisa terasa, tapi juga sampai muntah, diare, hingga kliyengan saat haid.

Selain itu, perubahan hormon juga mungkin menjadi penyebab mual saat haid lainnya. Charm Girls tahu kan, kalau selama pre-menstrual syndrome (PMS) serta menstruasi itu sendiri tubuh kita mengalami fluktuasi hormon yang drastis?

Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh ini bisa memengaruhi reaksi kimia di otak dan menyebabkan mual dan pusing saat haid. 

Tak sampai di sana, fluktuasi hormon juga bisa membuat lambung memproduksi asam klorida berlebihan yang jadi alasan kenapa mual saat haid ditambah gejala perut mulas sampai muntah.

Cara menghilangkan mual saat haid

Sayangnya, mual dan muntah saat haid hari pertama dan seterusnya memang nggak bisa dicegah. Tapi kamu bisa mengatasinya, kok. Untuk mengatasi rasa mual sebelum haid atau selama menstruasi, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan di rumah.

1.Konsumsi teh herbal dan air jahe

Selain air putih, Charm Girls juga bisa minum teh herbal seperti kamomil dan peppermint untuk menghangatkan tubuh. Air jahe hangat juga bisa jadi pilihan. Semua itu bisa meredakan rasa mual yang dirasakan, lho.

Air jahe khususnya sudah lama dikenal bisa mengatasi penyebab mual saat haid hingga meringankan kondisi perut ketika sedang menstruasi.

2.Makan dengan porsi kecil tapi sering

Selain konsumsi makanan sehat, kamu mungkin bisa makan dengan porsi kecil tapi sering ketika menstruasi. Hindari makan berlebihan karena malah bisa membuatmu mudah mual

Coba juga makan makanan bertekstur lembut seperti pisang, oatmeal, biskuit, roti, atau sereal. Hindari makanan berbau terlalu menyengat.

3.Jangan makan sebelum tidur

Makan makanan yang terlalu berat dan berlemak juga malah bisa memperparah rasa mual, lho. Kalau memang kamu ingin makan sebelum tidur, mungkin bisa coba jus buah, susu hangat, atau yoghurt saja untuk mencegah muntah saat haid.

4.Olahraga ringan

Ini juga penting, Charm Girls. Seperti yang diketahui, olahraga ringan sangat baik dilakukan untuk meredakan gejala menstruasi seperti kram perut, badan lemas, hingga sakit kepala. Ternyata, cara ini juga bisa mengatasi mual saat haid karena melancarkan peredaran darah.

Kamu mungkin bisa coba jalan-jalan ringan, jogging, hingga yoga yang bisa dilakukan di dalam atau sekitar rumah.

Oh ya, jangan lupa gunakan pembalut yang tepat ketika berolahraga selama menstruasi agar nggak bocor, ya. Salah satu pilihan adalah pembalut Charm Body Fit Extra Maxi, nih.

Dengan pembalut satu ini, kamu nggak perlu khawatir bocor karena Charm Body Fit Extra Maxi punya teknologi bantalan elastis yang selalu kembali ke bentuk semula. Anti kerut, anti bocor.

Teknologi double block line-nya pun bisa mencegah pembalut bocor yang membuatmu lebih bebas beraktivitas sehari-hari. Permukaannya juga lembut di kulit. Pastikan kamu tetap nyaman beraktivitas dengan percaya diri tanpa takut lecet di kulit. 

Charm Body Fit Extra Maxi tersedia dalam dua varian, yakni Wing 23 cm dan Non-Wing 23 cm yang bisa kamu dapatkan di semua supermarket. Untuk varian Wing punya teknologi sayap pelindung yang bisa mencegah pembalutmu bergeser. Jadi makin aman dan nyaman, deh!

5.Konsumsi suplemen

Sebelum mengonsumsi obat antimual, kamu juga bisa coba suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin E, kalsium, asam folat, dan magnesium untuk meredakannya. Selain itu, jangan lupa istirahat yang cukup, ya! 

Nah, itu tadi adalah penjelasan lengkap tentang penyebab mual saat haid. Kalau kamu memang merasakan gejala tersebut, bisa coba beberapa cara mengatasi mual di atas, ya.

Semoga bisa membantu. Tapi kalau memang gejalanya semakin parah, membuat tubuh lemas sampai muntah saat haid yang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Walaupun dianggap normal, tapi kalau sudah di luar batas bukan tidak mungkin rasa mual ini jadi gejala dari kondisi lainnya.

kenapa mual saat haid
muntah saat haid
Komentar (17)
A

Avatar Profile Image
Anisa
nice
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Terimakasih banyak atas informasinya Cha
a month ago
Balas
floating-icon