Kembali

Girl's Life

Tips Cara Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian

Tips Cara Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian


Namanya bocor saat sedang menstruasi, terkadang memang sulit dicegah, Charm Girls. Apalagi kalau kamu mengalami kondisi medis bernama menorrhagia

Buat yang belum tahu, menorrhagia adalah kondisi ketika terjadi perdarahan haid dalam jumlah yang lebih banyak serta durasi yang lebih panjang daripada siklus menstruasi yang normal.

Karena jumlah darah yang keluar jadi begitu banyak, kebocoran pun seringkali tak dapat dihindari. Hal itu tentunya bikin sebal khususnya gara-gara noda darah yang menempel pada baju. Apalagi kalau sudah mengering, susah banget dihilangkan!

Tapi sebenarnya, noda tersebut bukanlah masalah besar asalkan kamu tahu bagaimana cara menghilangkan noda darah pada pakaian. Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini, ya. 

Kamu bisa melakukannya untuk noda darah yang baru mau pun sebagai cara menghilangkan noda darah yang sudah kering. Tips berikut ini bisa juga kamu coba untuk menghilangkan noda keputihan di celana dalam, lho.

  1. Gunakan air dingin

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah menggunakan air dingin untuk mencucinya, jangan air panas. Penggunaan air panas sebagai cara menghilangkan noda darah pada pakaian dan seprai justru bisa membuat protein yang terkandung di dalamnya jadi lebih menempel. Noda bakal lebih sulit dihilangkan!

Kamu bisa merenggangkan pakaian dalam, celana tidur, atau seprai yang terkena darah dan alirkan air dingin langsung pada noda. Jangan langsung direndam biar darah nggak menyebar ke seluruh pakaian.

Selain itu, coba juga rendam pakaian dalam air dingin selama beberapa lama setelah noda cukup luntur. Nantinya, air dingin akan perlahan menyamarkan noda dengan cukup efektif.

Setelah itu lanjutkan pencucian seperti biasa. Hilangkan dulu noda yang tersisa dengan sedikit sabun tangan atau sabun cair di mesin cuci.

1.Pakai larutan garam

Kalau noda darah masih tersisa pada kain, kamu bisa lakukan cara menghilangkan noda darah yang sudah lama ini. Charm Girls bisa menggunakan larutan garam atau bahkan menggosokkan garam langsung pada bekas noda.

Kamu bisa mencampurkannya dengan sedikit air hingga jadi pasta, lalu oleskan langsung pada bagian yang terkena noda. Gosok dengan sikat gigi perlahan hingga noda terangkat sepenuhnya.

2.Pakai jus lemon

Pilihan lain, kamu bisa coba pakai jus lemon sebagai cara menghilangkan noda darah kering pada kasur. Seperti diketahui, air lemon adalah salah satu bahan dapur yang sering dimanfaatkan sebagai alternatif pembersih alat-alat rumah tangga berkat kandungan hidrogen peroksida di dalamnya.

Selain pakai jus lemon saja, kamu juga bisa mencampurkannya lebih dulu dengan garam atau baking soda biar lebih efektif. Tapi hati-hati ya, karena penggunaan jus lemon juga berpotensi melunturkan warna pada pakaian. Selain itu, cara ini juga kurang efektif untuk baju berwarna putih.

3.Pakai baking soda

Kalau nggak punya lemon, kamu juga bisa memanfaatkan bubuk baking soda saja sebagai zat pembersih noda darah pada kain yang membandel. Campurkan dua bagian baking soda dengan satu bagian air dingin untuk menghasilkan tekstur seperti pasta.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke bagian yang bernoda. Diamkan selama 30 menit. Jika belum luntur juga, kamu bisa menyikat sisa noda dengan psata baking soda tersebut sebelum mencucinya seperti biasa.

4.Pakai pelunak daging atau cuka

Kamu mungkin merasa aneh, kenapa pelunak daging bisa jadi cara menghilangkan noda darah yang sudah lama? 

Ternyata, pelunak daging bisa memecah serat dalam darah. Paling efektif kalau kamu menggunakannya pada kain tebal seperti jins. 

Kalau kamu kesulitan mendapatkan pelunak daging, cuka bisa jadi pilihan lainnya. Cuka mengandung asam asetat yang bisa melembutkan serat darah.

Rendam kain di air dingin selama satu jam. Lalu gosokkan satu sendok pelunak daging pada noda. Kalau kamu pakai cuka, rendam pakaian bernoda dalam larutan air yang sudah dicampur dengan cuka. Rendam 30 menit, lalu bersihkan. Lanjutkan proses pencucian seperti biasa.

5.Gunakan produk penghilang noda

Sudah melakukan semua cara di atas tapi noda darah masih tersisa sedikit lagi? Jangan merasa frustrasi dulu, karena kamu bisa menghilangkannya dengan produk penghilang noda yang biasa ada di pasaran.

Ada banyak produk penghilang noda yang sangat efektif. Sebaiknya pilih produk yang mengandung pemutih beroksigen atau pembersih enzimatik sebagai cara menghilangkan noda darah yang sudah lama.

Tips terakhir dalam cara menghilangkan darah haid di pakaian, adalah untuk membersihkannya secepat mungkin. Jika kamu bangun tidur dan melihat ada noda darah pada seprai, usahakan untuk langsung membersihkannya.

Jangan dibiarkan terlalu lama karena noda darah yang mengering bakal lebih membandel dan sulit dibersihkan. Selain itu, pastikan juga noda sudah benar-benar bersih sebelum mencucinya seperti biasa di mesin cuci.

Noda darah mungkin agak sulit dihilangkan. Kalau sekali percobaan belum cukup, kamu bisa mengulang cara-cara di atas dan menggunakan beberapa bahan di atas agar noda hilang lebih cepat.

Nah, biar Charm Girls nggak repot harus melakukan cara menghilangkan noda darah pada pakaian di atas, ada baiknya mencegah kebocoran selama siklus haid khususnya di malam hari. Biar seprai kamu nggak jadi korban!

Kalau menstruasi lagi banyak-banyaknya, wajib banget menggunakan pembalut yang nggak cuma nyaman tapi juga mampu menampung aliran darah terbanyak sekali pun sepanjang malam. 

Misalnya pembalut Charm Sleep Protect+ Panties, pembalut berbentuk celana dari Charm yang bisa mencegah bocor dengan perlindungan penuh dari segala sisi. 

Pembalut celana Charm ini punya daya serap dua kali pembalut malam dengan panjang 42 cm, artinya aman banget! Nggak perlu lagi khawatir bocor belakang atau samping selama tidur.

Bentuknya yang seperti celana mudah dipakai bak memakai celana dalam dengan bahan lembut yang nggak bikin iritasi. Sama sekali nggak berasa kayak pakai pembalut!

Tunggu apa lagi? Kamu bisa mendapatkan Charm Sleep Protect+ di semua supermarket terdekat.

cara menghilangkan noda darah yang sudah lama
Komentar (29)
A

An
Anonymous
nice info
a month ago
Balas
An
Anonymous
nice info
a month ago
Balas
An
Anonymous
nice info
a month ago
Balas
floating-icon