Kembali

Edukasi

Pernah Merasakan Vertigo Saat Haid? Cari Tahu yuk, Penyebabnya!

Pernah Merasakan Vertigo Saat Haid? Cari Tahu yuk, Penyebabnya!


Sakit kepala atau pusing ketika haid adalah salah satu keluhan normal yang bisa terjadi ketika PMS datang atau siklus haid sudah dimulai. 

Tapi tak jarang, ada wanita yang mengalami sakit kepala ekstrem bahkan sampai mengarah ke vertigo saat haid, lho. Apakah kamu pernah mengalaminya juga?

Vertigo adalah rasa pusing ekstrem yang membuat penderitanya mengalami sensasi seakan dirinya atau lingkungan sekitarnya berputar. Perlu diketahui, kalau vertigo bukanlah suatu penyakit tapi gejala dari penyakit atau kondisi lain, Charm Girls.

Gejala utama vertigo adalah sensasi berputar yang biasanya dipicu oleh gerakan atau perubahan posisi kepala. Selain itu, ada juga gejala lain seperti mual, muntah, gerakan bola mata tidak normal, hingga tinnitus atau telinga berdenging.

Kalau keluhan sakit kepala sebelum dan sesudah haid bisa dianggap normal, lain halnya dengan vertigo. Kondisi tersebut justru bisa jadi terkait dengan penyakit meniere, lho.

Penyebab Vertigo Saat Haid

Meniere bisa jadi salah satu penyebab pusing saat haid, Charm Girls. Tapi, apa itu penyakit meniere?

Penyakit meniere adalah suatu kelainan pada telinga bagian dalam di mana terdapat sejumlah cairan yang tidak normal. Gejalanya adalah vertigo, tinnitus, tuli yang hilang timbul, dan tekanan pada telinga bagian dalam.

Sederhananya begini, ada cairan endolimfa di telinga bagian dalam yang punya dua fungsi, yakni mengubah getaran dari gelombang suara jadi sinyal yang akan disampaikan ke otak untuk menjaga keseimbangan kita. 

Nah, penderita penyakit meniere mengalami kelainan cairan endolimfa yang menyebabkan gangguan pendengaran dan keseimbangan.

Penyakit ini adalah kondisi yang kronis atau jangka panjang dan bakal diperburuk oleh retensi garam serta periode menstruasi. Makanya salah satu gejala penyakit meniere, yakni vertigo, bisa jadi datang ketika siklus haid tiba.

Bukan cuma itu, dilansir HaloDoc, vertigo saat haid juga bisa terjadi karena adanya peningkatan kadar hormon estrogen, progesteron, dan aldosteron di telinga bagian dalam. Di mana hormon-hormon tersebut punya peran yang sangat penting dalam siklus menstruasi kita.

 Kadar hormon tersebut bakal meningkat menjelang ovulasi, dan turun begitu drastis ketika setelah ovulasi tidak terjadi kehamilan, dengan kata lain kamu mengalami menstruasi. Nah, saat hormon berada di titik terendah itulah yang bisa jadi penyebab pusing saat haid.

Cara Mengatasi Vertigo saat Haid

Lantas, adakah cara mengatasi sakit kepala menjelang haid yang menjurus ke vertigo?

Sebelumnya kamu harus tahu penyebabnya apa, Charm Girls. Apakah karena perubahan hormon atau malah penyakit meniere yang parah.

Kalau penyebab pusing saat haid adalah perubahan hormon, kamu bisa meredakan gejalanya dengan melakukan perubahan gaya hidup. Mulai dari minum air yang cukup, tidur minimal 6-8 jam sehari, latihan fisik atau olahraga rutin, dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Kamu mungkin bisa mencoba beberapa makanan untuk mengatasi sakit kepala saat haid seperti berbagai olahan kedelai (tempe, tahu, susu kedelai), pisang, alpukat, kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan, gandum utuh, dan lainnya.

Kamu juga bisa meredakannya dengan kompres es batu atau konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin untuk meredakan pusing ketika haid. 

Kalau memang kamu sudah terlanjur mengalami gejala vertigo saat haid, usahakan jangan panik dan lakukan beberapa hal yang bisa meredakannya.

Pertama, coba berbaring sejenak di ruangan yang tenang dan gelap untuk meredakan sensasi pusing berputar. Setelah itu, coba duduk perlahan tapi jangan menggerakkan tubuh secara tiba-tiba. Selain itu jangan dulu gunakan komputer, nonton TV, atau menyalakan lampu yang terlalu terang.

Tapi patut diwaspadai, kalau gejala vertigo yang kamu alami makin parah sepanjang periode menstruasi, kamu wajib datang ke dokter, Charm Girls. Soalnya kondisi tersebut bisa menimbulkan beberapa komplikasi atau bahkan kecelakaan yang lebih parah jika dibiarkan, lho.

Kamu bisa saja jatuh dan celaka karena kehilangan keseimbangan akibat vertigo, dan masih banyak lagi. Dengan pergi ke dokter, bisa diketahui apa penyebab pasti hal tersebut. Apakah penyakit meniere, perubahan hormon, atau malah kondisi lain yang tersembunyi.

Kalau sudah terdiagnosis dan mendapat pengobatan yang tepat, kamu pun bisa menjalani siklus haid menstruasi secara normal lagi. Kalau sudah begitu, jangan lupa gunakan pembalut yang mampu membuat kamu tetap aktif sepanjang hari, ya.

Misalnya kayak Charm Cooling Fresh, yang bisa bikin kamu tetap segar meski berkeringat berkat ekstrak daun mint yang bisa mengurangi rasa gerah dan lembab pada area miss V.

Charm Cooling Fresh punya sensasi dingin menyegarkan dan pori serap extra yang bisa menyerap cairan secara maksimal, cegah bocor meski sedang banyak-banyaknya. Ketebalannya juga pas yang membuat kita nyaman maksimal sepanjang hari.

Charm Cooling Fresh tersedia dalam varian Wing 23 cm, Non-Wing 23 cm, dan Wing 26 cm yang lebih panjang untuk cegah bocor. Kamu bisa mendapatkannya di supermarket terdekat.

penyebab pusing saat haid
pusing ketika haid
Komentar (145)
A

An
Anonymous
Wow
a month ago
Balas
An
Anonymous
Yeah
a month ago
An
Anonymous
Yupss
a month ago
An
Anonymous
Oke
a month ago
An
Anonymous
Wah
a month ago
Pp
Puput permata sari
Ok
a month ago
Balas
Ap
Atri pujiningsih
Ok
a month ago
Balas
floating-icon