Kembali

Tentang Menstruasi

Bakteri dan jamur berbahaya mengintaimu pas dapet
Bakteri dan jamur berbahaya mengintaimu pas dapet


Bakteri dan jamur berbahaya yang mengintaimu pas lagi dapet

Charm Girls, pasti semua sudah tahu apa yang disebut dengan masa menstruasi, kan? Masa menstruasi itu lho, ketika ada darah yang keluar dari organ intim karena peluruhan dinding rahim yang menebal dan tidak dibuahi.

Memang terdengar sedikit menyeramkan saat mengetahui akan ada darah yang keluar dari dalam tubuhmu, apalagi masa menstruasi ini akan kamu alami hampir setiap satu bulan sekali, dan kalau ditotal jumlahnya bisa mencapai 6 tahun 9 bulan lho, Charm Girls. Take a deep breathe! Semua anak perempuan sepertimu pasti akan melewati masa menstruasi ini dan hanya di Charm Girl’s Talk, kamu bisa temukan banyak informasi yang bikin hari-hari berdarah lebih mudah!

Baca Juga : Aktif berolahraga walaupun lagi ‘dapet’ - Charm Girl's Talk

Nah, menjaga kebersihan tubuh dan organ intim setiap hari memang sudah jadi kewajibanmu. Tapi, saat masa menstruasi tiba, kamu harus lebih perhatian sama organ intim kamu nih, Charm Girls. Kenapa? Nah, selain nyeri haid, pada periode menstruasi bagian intim itu akan menjadi lebih lembab karena cairan dan pembalut yang membuat kulitmu sedikit susah bernafas.

Sebenarnya di daerah bawah sana memang terdapat banyak bakteri dan jamur. Salah satunya bakteri baik seperti Lactobacillus. Lactobacillus sendiri menghasilkan asam laktat untuk membantu menjaga pH di organ intim kamu, pH yang normal sih biasanya berada di 3.8 hingga 4.5. Nah, tapi, di sana juga ada bakteri dan jamur jahat! Kamu bisa jadi sasaran empuk mereka! Jangan salah. serangan bakteri dan jamur bisa menimbulkan infeksi pada bagian intim! Oh, no!

Yuk, kenali bakteri dan jamur ini, jadi kamu bisa menjauh dari mereka deh. Charm Girls!

Bakteri dan jamur berbahaya mengintaimu pas dapet


1. Chlamydia Trachomatis
Bakteri yang satu ini tidak seindah namanya, Charm Girls. Bakteri ini sih bisa mengganggu laki-laki dan perempuan juga, lho. Pada perempuan, Chlamydia mungkin saja terjadi di organ panggul. Biasanya sih mereka yang terkena bakteri Chlamydia Trachomatis akan mendapatkan gejalanya dalam waktu 1-3 minggu setelah terinfeksi. Gejala yang mungkin saja dirasakan adalah: 

  • Keputihan dengan aroma nggak enak.
  • Rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Kalau sudah terinfeksi mungkin, kamu akan merasa mual, demam, merasa sakit di perut bagian bawah.
     
Bakteri dan jamur berbahaya mengintaimu pas dapet

2. Kandidiasis
Kalau satu ini adalah jamur, Charm Girls! Jamur? Eits, jangan bayangkan ini seperti jamur yang biasa kamu makan, yah! Hehehe. Kandidiasis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans, selain mengganggu organ intim, jamur ini juga bisa ditemukan di kulit dan mulut. Jamur ini pada keadaan normal memang ada di beberapa bagian tubuh, namun kalau Kandidiasis tumbuh tanpa terkontrol dan masuk aliran darah, ginjal, jantung, dan otak, hal ini dapat berbahaya bagi kamu. Nih, beberapa gejala kalau Kandidiasis ini ada di bagian intim kamu:

  • Gatal luar biasa di daerah organ intim.
  • Rasa nyeri dan terbakar saat buang air kecil.
  • Organ intim membengkak.
  • Keputihan menggumpal.
Bakteri dan jamur berbahaya mengintaimu pas dapet

3. Neisseria Gonorrhoeae
Seharusnya, kamu tidak akan bertemu bakteri yang satu ini ya, Charm Girls. Neisseria Gonorrhoeae yang menyebabkan kencing nanah atau gonore ini adalah salah satu penyakit menular seksual. Biasanya sih pada perempuan, tidak akan ada gejalanya. Pintar-pintar menjaga diri karena sudah dewasa, ya, Charm Girls.
 

 

Bakteri dan jamur berbahaya mengintaimu pas dapet

4. Vaginosis Bakterialis
Di sebelumnya sempat disinggung bahwa organ intim juga memiliki bakteri baik. Nah, kalau Vaginosis Bakterialis sendiri adalah situasi saat bakteri baik kalah jumlah dengan bakteri jahat. Sebenarnya, penyebab terganggunya keseimbangan bakteri di dalam organ intim belum diketahui pasti, sih, Charm Girls. Gejala gangguan ini biasanya seperti keputihan dan aroma yang nggak enak dari organ intim saja, sih.
Bersyukurlah, Vaginosis Bakterialis ini pada umumnya bisa diobati sampai kamu sehat! Namun, jangan diabaikan ya. Bisa-bisa nanti menjadi infeksi, lho, Charm Girls.

Bakteri dan jamur berbahaya mengintaimu pas dapet

5. Trichomonas Vaginalis
Nih, yang satu ini semoga kamu tidak mengalaminya ya, Charm Girls. Ada sebuah parasit bernama Trichomonas Vaginalis yang membuatmu memiliki penyakit bernama Trikomoniasis. Kebanyakan yang mengalami Trikomoniasis nggak akan merasakan gejala apapun, lho. Tapi ada juga yang memiliki gejala sebagai berikut: 

  • Keputihan menjadi banyak, berwarna hijau, berbusa dan berbau amis.
  • Bagian organ intim kamu menjadi gatal dengan rasa terbakar dan kemerahan.
  • Nyeri saat buang air kecil.

Wah, bagaimana kalau kamu memiliki gejala-gejala tersebut?
Satu, yang paling pertama yang harus Charm Girls lakukan adalah tetap tenang dan tidak panik! Panik hanya akan bikin mental kamu makin down! Nah, yang kedua, jangan sembarangan minum obat. Mungkin kamu pasti merasa takut, namun minum obat tanpa dosis dan pengawasan bisa membuatmu semakin sakit.

Ketiga, ini yang paling penting, Charm Girls! Segera ceritakan hal ini pada orang tuamu! Ceritakan semua yang kamu rasakan dan ajak mereka untuk bertemu dengan dokter ya, Charm Girls. Supaya kamu bisa mendapatkan pengobatan secepat mungkin sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Komentar (0)
A