Kembali

Edukasi

Apa Itu Hipermenore? Yuk Kupas Tuntas Di Sini!

Apa Itu Hipermenore? Yuk Kupas Tuntas Di Sini!


Khususnya di awal-awal masa menstruasi, biasanya darah yang keluar dari vagina bakalan lebih banyak. Kamu mungkin harus ganti pembalut sekitar minimal 4 kali ganti dalam sehari.

Tapi kalau diperhatikan lagi, kenapa kali ini pendarahannya jauh lebih banyak, ya? Bahkan kamu harus ganti pembalut sampai 1 jam sekali. Duh, hati-hati Charm Girls, bisa jadi kamu sedang menderita yang namanya hipermenore.  Waduh, apa tuh?

Hipermenore atau sering juga disebut menorrhagia adalah kondisi ketika perdarahan haid terjadi dalam jumlah yang jauh lebih banyak atau durasi yang lebih lama dari siklus normal. Dengan kata lain, kamu mengalami menstruasi banyak dan lama bahkan lebih dari 7 hari.

Berbeda dari menometroragia di mana perdarahan terjadi di luar siklus haid, kondisi ini terjadi dalam siklus haid.

Gejala lainnya, kram perut yang sangat menyakitkan, keluarnya gumpalan darah berukuran seperempat dan berwarna merah, merah muda, coklat, atau seperti karat. Selain itu, kamu juga merasa sangat lelah dan sesak napas atau anemia karena kehilangan banyak darah.

Biasanya sih, kondisi ini terjadi sama cewek yang baru pubertas. Tapi bukan nggak mungkin ada juga wanita dalam usia atau menjelang menopause yang mengalaminya, di umur sekitar 40-50 tahun.

Kondisi ini termasuk salah satu gangguan menstruasi, lho. Kalau hipermenorea adalah jumlah volume darah yang keluar melebihi jumlah normal, sementara hipomenorea adalah volume darah yang keluar kurang dari jumlah normal.

Lantas, apa yang menyebabkan terjadinya hipermenorea?

Apa Penyebab Hipermenorea?

Dalam banyak kasus, penyebab menoragia atau hipermenore tidak diketahui. Tapi banyak ahli menyimpulkan beberapa faktor di bawah ini sebagai penyebab haid tidak berhenti selama 2 minggu atau bahkan lebih.

1.Hormon tidak seimbang

Hormon estrogen dan progesteron sangat penting untuk mengatur siklus menstruasi, termasuk juga volume darah yang dikeluarkan. Kalau hormon kita tidak seimbang, bisa jadi kita mengalami menstruasi banyak dan lama.

Beberapa penyebab ketidakseimbangan hormon misalnya, anovulasi, penyakit tiroid, sindrom ovarium polikistik (PCOS), atau berat badan yang melebihi batas ideal.

2.Alat kontrasepsi

Kalau kamu wanita yang sudah aktif secara seksual dan menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), menorrhagia adalah salah satu efek sampingnya yang paling umum.

3.Pertumbuhan non-kanker

Seringkali terjadi pertumbuhan non-kanker jinak di rahim atau pertumbuhan sel-sel di rahim yang tidak semestinya. Misalnya, polip, fibroid rahim atau tumor jinak, dan adenomiosis yakni ketika kelenjar endometrium tertanam di otot rahim.

4.Kanker

Selain pertumbuhan non-kanker, bisa jadi kamu juga mengalami kanker serviks dan kanker rahim, Charm Girls. 

5.Infeksi

Kalau kamu mengalami infeksi pada rahim, termasuk infeksi menular seksual (IMS), bisa juga jadi penyebab hipermenorea. Misalnya, trikomoniasis, gonorea, klamidia, dan endometritis kronis.

6.Konsumsi obat

Kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat anti-inflamasi, anti-koagulan atau penggumpalan darah, obat hormonal macam estrogen dan progestin? Konsumsi obat-obatan tersebut juga bisa jadi penyebab perdarahan menstruasi tidak normal, lho.

Apa bisa dicegah?

Merasa mengalami kondisi ini? Lantas, apa bisa dicegah, ya?

Sayangnya, belum ada ahli yang memberikan cara mencega hipermenore atau menoragia secara tepat. Kamu hanya perlu memperhatikan tanda-tanda dan faktor-faktor yang sudah dijelaskan di atas.

Jika memang kamu merasa memilikinya, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberikan tindakan lebih awal kalau kamu dirasa berisiko mengalami menstruasi berlebihan.

Kamu juga bisa coba tracking siklus menstruasi kamu pakai aplikasi kalender menstruasi biar tahu sudah berapa lama kamu haid dan berapa banyak darah yang keluar.

Selain itu, coba lakukan pola hidup sehat, deh. Mulai dengan tidur yang cukup minimal 6-8 jam sehari, hindari stres atau kelelahan berlebihan, rajin olahraga rutin, makan banyak sayuran dan serat, serta konsumsi air putih minimal 1,5-2 liter per hari.

Haruskah ke Dokter?

Mengalami gejala-gejala di atas? Kira-kira apakah menorrhagia berbahaya atau tidak, ya? Hypermenorrhea adalah kondisi yang bisa jadi berbahaya, Charm Girls. Jadi, kalau kamu mengalami hal-hal yang tadi dijelaskan, ada baiknya kamu langsung datang ke dokter. 

Apalagi kalau gejala yang kamu rasakan sudah sangat membatasi aktivitas sehari-hari. misalnya, kamu sampai nggak bisa bangun dari tempat tidur saking lemasnya, nyeri perut yang hebat, pusing dan pingsan, sesak napas, atau pembalut harus diganti bahkan lebih dari sekali setiap jamnya.

Hipermenorea/menoragia tanpa penanganan juga bisa menimbulkan komplikasi lainnya, lho. Mulai dari anemia karena kehilangan darah hingga dismenore atau nyeri haid parah yang juga membutuhkan penanganan medis.

Nantinya, dokter bakal memeriksa anamnesis atau riwayat kesehatan kamu. Lalu, kamu bakal diperiksa secara fisik dan uji laboratorium. Dokter juga mungkin melakukan pemeriksaan berupa sonohysterography, pap smear, histeroskopi, ultrasonografi panggul, hingga biopsi endometrium (EMB).

Jika benar kamu menderita kondisi ini, dokter akan memberikan pengobatan hipermenore yang sesuai. Mulai dari konsumsi obat menorrhagia atau bahkan operasi!

Jadi, jangan lupa untuk langsung memeriksakan diri ke dokter kalau kamu merasa memiliki faktor yang bisa menyebabkan hipermenorea atau gangguan menstruasi lain seperti metroragia (haid tidak teratur), oligomenorea (perdarahan ringan dan tidak normal), hipomenorea, polimenorea (siklus kurang dari 21 hari), dan lainnya. Biar tetap sehat dan bisa beraktivitas maksimal setiap hari!

Nah, kalau sudah terkendali, Charm Girls nggak boleh lupa juga untuk selalu menggunakan pembalut yang nyaman dan pasti bisa menampung darah sebanyak apa pun. Seperti Charm Sleep Protect+ Panties!

Pembalut berbentuk celana yang bisa cegah bocor dengan perlindungan penuh dari segala sisi. Daya serapnya sampai 2x pembalut malam panjang 42 cm, lho. Nggak perlu khawatir bocor di tengah malam, atau harus bangun gara-gara pembalut kepenuhan.

Apalagi, pakainya juga gampang serasa memakai celana dalam biasa aja. Bahannya juga selembut kain, jadi nyaman digunakan semalaman, deh. Charm Sleep Protect+ Panties bisa kamu dapatkan di berbagai supermarket atau minimarket terdekat, ya!

menorrhagia adalah
menstruasi banyak dan lama
Komentar (62)
A

An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
floating-icon