Kembali

Edukasi

Yuk cari tahu cara mengatasi gatal di kemaluan karena keputihan!

Yuk cari tahu cara mengatasi gatal di kemaluan karena keputihan!


Rasa gatal di organ intim bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, gatal karena keringat, tidak mencuci area kemaluan dengan bersih, atau karena belum mengganti pakaian dalam. Nggak cuma merasa tidak nyaman seharian saja. Tapi kamu juga bisa terganggu dan nggak pede ketika harus keluar rumah karena rasa gatal di area intim. Gatal pada organ reproduksi wanita penyebabnya antara lain adalah jamur, bakteri atau keputihan.

Keputihan umumnya tidak menimbulkan keluhan lain. Tapi di beberapa kasus keputihan bisa menyebabkan rasa gatal. Tentunya kamu akan mikirin cara mengatasi gatal di kemaluan karena keputihan menjadi fokus utama jika kamu memiliki keluhan ini. Untuk tahu cara tepatnya, terlebih dahulu kita perlu mendeteksi permasalahan awalnya. Keputihan pada wanita bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah:

Penyebab keputihan pada wanita

Keputihan merupakan kondisi di mana kemaluan wanita mengeluarkan cairan berwarna bening atau keputihan. Keputihan tidak dianggap mengkhawatirkan dan normal ketika tidak ada keluhan lainnya. Keputihan normal bahkan bisa bermanfaat sebagai cara organ reproduksi wanita membersihkan dirinya sendiri. Keputihan akan muncul di hari-hari fase ovulasi, ketika olahraga dan ketika sedang memakai kontrasepsi.

Meskipun begitu, keputihan bisa menjadi gangguan dan tanda penyakit. Penyebab keputihan setiap hari bisa dikarenakan ada infeksi jamur dan bakteri. Keputihan yang tidak normal bisa terjadi karena terdapat lebih banyak bakteri buruk daripada bakteri baik yang menghuni area kemaluan wanita. Hal ini dapat ditemukan pada wanita yang memiliki infeksi bakteri. Kondisi ini biasa disebut sebagai Vaginosis Bakterialis. Keputihan yang muncul karena kondisi ini biasanya berwarna keabu-abuan atau kehijauan. Ada sensasi rasa gatal dan juga panas pada organ intim.

Kemungkinan lain yang menyebabkan gatal pada keputihan adalah infeksi jamur atau candidiasis. Infeksi jamur pada organ reproduksi dapat menyebabkan keputihan dan rasa gatal membakar. Infeksi bakteri dan jamur pada miss V punya faktor risiko untuk muncul jika seseorang dilanda stres, sedang memakai pil KB, memiliki sistem imun yang rendah. Namun, ada faktor-faktor kebersihan yang juga dapat menjadi penyebab. Seperti jika memakai pakaian dalam yang terlalu ketat dan membuat area intim lembab. Sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur. 

Penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia dan trikomoniasis tidak jarang menimbulkan permasalahan rasa gatal dan keputihan. Gejala lain yang muncul adalah keputihan berwarna kehijauan dan memiliki bau tidak sedap. Kondisi ini ada di tahap serius ketika menimbulkan rasa nyeri seperti terbakar ketika buang air kecil. 

Cara mengatasi gatal karena keputihan, gimana ya?

Setelah membahas penyebab gatal karena keputihan kini hal yang penting untuk diketahui adalah cara mengatasi keputihan gatal. Jika dibiarkan, rasa gatal pada keputihan bisa berujung ke penyakit atau gangguan yang lebih serius. Tidak hanya itu, keseharian seseorang akan mengalami banyak hambatan. Pikiran menjadi nggak bisa fokus dan nggak merasa percaya diri karena keputihan yang mengganggu, adanya hanya menambah beban pikiran saja. Aduh, gawat dong kalau begitu, iya nggak Charm Girls?

Terus, bagaimana ya cara mengatasinya? Don’t worry Charm Girls. Ada beberapa hal yang bisa diikuti untuk mengatasi keputihan yang gatal. Hal paling utama yang patut kamu lakukan sehari-hari adalah menjaga kebersihan area kemaluan. Selalu cuci bersih area intim dengan air bersih yang mengalir. Baik ketika mandi atau juga setelah buang air. Cara tepat untuk membersihkan organ intim adalah dengan membasuhnya dari depan ke belakang. Hal ini untuk menghindari bakteri dari area anus untuk terbawa ke area vagina. 

Tapi, yang perlu diingat adalah kamu tidak perlu mencuci bagian reproduksi wanita dengan sabun pembersih. Pemakaian sabun pembersih yang berlebihan dapat menyebabkan pH di dalam organ reproduksi menjadi tidak stabil. Ini dapat menambah risiko munculnya keputihan pada vagina. Menjaga kebersihan vagina juga dapat dilakukan dengan mengganti pakaian dalam secara rutin. Usahakan dalam sehari mengganti pakaian dalam minimal 2 kali. Ketika kita aktif berkegiatan seharian, hal ini tidak memungkiri adanya penumpukan keringat dan bakteri pada celana dalam.

Membiarkan memakai pakaian dalam yang kotor dan lembab terlalu lama dapat memperparah kondisi keputihan. Rutin ganti pakaian dalam dan selalu gunakan pakaian dalam berbahan katun yang tidak sempit. Hal ini berguna untuk membiarkan pori-pori di daerah kemaluan agar dapat bernafas dan tidak lembab karena keringat. Ketika kamu sudah menjaga kebersihan tubuh luar, kamu dapat memaksimalkan upaya dengan menjaga kesehatan.

Mengonsumsi asupan yang kaya akan probiotik serta antioksidan juga baik untuk tubuh dan kesehatan organ reproduksi. Makanan seperti yoghurt dapat membantu produksi bakteri baik. Perbanyak minum air putih untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah langkah yang bagus untuk dilakukan. Menjaga kesehatan mental juga jangan dilupakan untuk dilakukan, kelola stress yang baik dapat membantu masa penyembuhan dari keputihan. 

Kamu perlu ke dokter kalau..

Kalau Charm Girls sudah mengikuti langkah-langkah di atas tapi masih memiliki keraguan dan pertanyaan. Jangan malu dan sungkan untuk konsultasikan kepada dokter. Kamu nggak perlu tunggu kondisi yang parah untuk pergi ke dokter. Jika dirasa gejala yang kamu rasakan sudah cukup mengganggu, tidak ada salahnya meminta rujukan dari dokter untuk menyembuhkan keputihan.

Melakukan konsultasi dengan dokter dapat memberikan akses kepada kita untuk mendapatkan rujukan obat-obatan. Penanganan secara medis dapat melegakan hati juga karena dokter pasti akan merujuk obat-obatan yang tepat dan masa penyembuhan dapat disupervisi dengan baik. Umumnya dokter akan merujuk pasien untuk mengonsumsi obat antijamur jika penyebab keputihan gatal adalah karena infeksi jamur. Atau antibiotik jika disebabkan oleh infeksi bakteri pada area kemaluan. 

Tubuh kita pasti terganggu jika ada penyakit yang sedang mengganggu Begitu pun dengan keputihan, jangan dianggap remeh ketika sudah menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Atasi dengan penjelasan di atas tapi alangkah baiknya jika Charm Girls dapat mencegah gangguan ini dengan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim.

Cara mengatasi keputihan gatal
Komentar (129)
A

Fi
Fiqtoriyah
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
okokokook
a month ago
An
Anonymous
okokokook
a month ago
An
Anonymous
okokokook
a month ago
An
Anonymous
okokokook
a month ago
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
sip
a month ago
Fi
Fiqtoriyah
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
ya
a month ago
Fi
Fiqtoriyah
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
sip
a month ago
WW
WIWIN WINDARTI O P
Sip
a month ago
floating-icon