Kembali

Edukasi

Kebiasaan cara pakai pembalut kamu sudah benar belum? Cek dulu yuk

Kebiasaan cara pakai pembalut kamu sudah benar belum? Cek dulu yuk


Pembalut menjadi produk yang paling sering perempuan pakai ketika dirinya sedang mengalami haid. Pembalut adalah alat yang dipakai perempuan untuk menampung darah haid. Pembalut berbentuk persegi panjang dengan bantalan kapas yang berfungsi menyerap dan menampung darah haid. Sebagai pemakaian luar, cara pakai pembalut adalah dengan merekatkan bagian belakang pembalut pada celana dalam wanita. 

Selain fungsi utamanya untuk menampung darah haid. Pembalut juga dapat dipakai oleh wanita yang melalui masa nifas pasca persalinan. Atau juga wanita yang telah melewati prosedur operasi organ reproduksi. Bagi remaja perempuan yang baru pertama kali mengalami haid pasti masih bingung dengan cara pemakaian pembalut. Kalau pengalaman Charm Girls sendiri, gimana?

Nah, Charm Girls pasti setuju kalau kenyamanan adalah hal nomor satu yang diinginkan ketika memakai pembalut. Kamu tahu nggak kalau cara pemakaian pembalut itu punya pengaruh terhadap kenyamanan? Wajar banget untuk para remaja perempuan yang baru-baru mengalami menstruasi untuk salah dalam cara memakai pembalut. Karena produk ini dipakai pada organ intim, cara pakai yang salah dapat berujung ke ketidaknyamanan dan kondisi miss V yang kurang higienis. Eh, yang salah tuh kayak gimana ya? Berikut adalah beginners error yang mungkin masih sering dilakukan. 

Cara pakai pembalut yang salah, apa aja tuh?

Aktivitas sehari-hari akan terganggu dan makin nggak produktif kalau Charm Girls merasa nggak nyaman ketika memakai pembalut. Padahal ada segudang tugas dan aktivitas yang mengharuskan kita untuk fokus, eh tapi malah jadi cemas dan takut bocor. Wajar banget kok, kalau suasana hati ikut bete jika lagi beraktivitas dan ternyata bocor. Atau selama di sekolah dan kampus bawaannya nggak nyaman sama pembalut yang kita pakai. 

Bisa jadi nih Charm Girls, hal-hal tersebut kamu rasakan karena cara memakai pembalut yang belum benar. Nih, beberapa hal yang kamu perlu hindari dalam memakai pembalut:

1.Tidak rajin mengganti pembalut

Memang kesibukan kadang membuat kita lupa waktu. Tapi nih, Charm Girls untuk mengganti pembalut secara rutin penting banget loh untuk menjaga kebersihan organ intim selama haid. Pembalut dianjurkan untuk diganti tiap 3 sampai 4 jam sekali, ini juga ideal dilakukan ketika aliran darah haid kamu sedang deras dan banyak. Biasanya di hari kedua dan ketiga kamu perlu rajin-rajin mengganti pembalut per-hari-nya.

Nggak hanya ketika aliran darah haid sedang deras. Kamu juga masih perlu rajin mengganti pembalut di hari-hari terakhir menstruasi. Kenapa? Karena ini berhubungan dengan kebersihan area vagina. Dengan membiarkan pembalut dipakai secara terlalu lama atau di atas 6 jam, banyak bakteri yang dapat tumbuh dan hidup di area organ intim. Kamu juga perlu hati-hati dengan kondisi vagina yang lembab karena jarang mengganti pembalut. Pemakaian pembalut yang terlalu lama juga dapat menyebabkan bocor karena pembalut sudah terlalu “penuh” dan tidak bisa menyerap lebih banyak darah lagi.

2.Memakai pembalut yang tidak disimpan dengan benar

Penyimpanan pembalut penting diperhatikan agar pembalut tidak tercemar oleh bakteri dari luar. Umumnya pembalut akan dilapisi oleh bungkus tertutup yang melindungi pembalut agar tetap bersih. Kalau kamu lalai dalam menyimpan pembalut seperti, kamu simpan di dalam tas terlalu lama atau plastik pembungkus pembalut robek. Bisa saja pembalut yang akan kamu pakai sudah tercemar oleh debu dan bakteri.

Kamu bisa mulai teliti lebih lagi dalam penyimpanan pembalut. Simpan lah pembalut di tempat yang bersih dan terlindungi dari benda-benda di sekitarnya. Buat kamu yang suka berpergian, kamu dapat menyimpan pembalut di pouch kecil yang bersih. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti persediaan pembalut yang kamu bawa travelling tiap 1 sampai 2 minggu sekali. Ingat untuk selalu cermati ya apakah bungkus pembalut yang akan kamu pakai masih utuh dan tidak rusak. 

3.Salah memilih pembalut

Pemilihan pembalut yang salah bisa banget mempengaruhi aktivitas kamu sehari-hari. Kamu si sporty dan yang aktif bergerak punya risiko lebih untuk bocor jika tidak memilih pembalut yang tepat dengan kegiatan kamu. Penting banget untuk kamu memakai pembalut dengan daya serap yang tinggi serta fleksibel untuk mengikuti gerak mu sepanjang hari. Nah, Charm Girls bisa pakai Charm Body Fit atau varian Charm Extra Comfort. Dengan bantalan yang lembut dan pas serta wings agar pembalut kamu nggak geser-geser. Charm Girls bisa menjalani hari dengan nyaman dan percaya diri.

Eits, jangan lupa kamu juga perlu memilih pembalut malam yang tepat. Siapa bilang kenyamanan hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu berkegiatan saja? Justru istirahat dan tidur yang nyenyak akan berefek baik ke suasana hati kamu di esok hari. Hindari menggunakan pembalut yang tipis dengan daya serap yang rendah ketika kamu hendak istirahat di malam hari. Charm Girls bisa memakai Charm Safe Night atau Charm Extra Dry karena daya serapnya yang tinggi serta desain khusus yang fleksibel dan dapat mengikuti lekuk tubuh. 

4.Cara memakai pembalut yang salah

Buat para pemula, penting nih untuk menyimak ini. Umumnya pembalut memiliki dua sisi, satu sisi dengan kapas lembut sebagai penyerap darah haid dan sisi satu lagi yang memiliki lem/perekat. Kamu juga perlu memperhatikan cara membuka bungkus pembalut ketika ingin mengganti pembalut dan merekatkan yang baru ke celana dalam. Lakukan dengan hati-hati tanpa merusak atau mencemari pembalut baru yang bersih. Ingat untuk selalu cuci tangan yang bersih ya sebelum membuka pembalut yang baru. Pastikan juga posisi pembalut sudah pas di celana dalam dan telah menempel benar. Hal ini dilakukan untuk menghindari agar pembalut tidak “bergeser” selama dipakai.

Kamu nggak perlu lagi repot khawatir akan kebiasaan cara pakai pembalut yang salah. Penjelasan di atas bisa kamu jadikan acuan dalam memakai pembalut dengan benar. Karena kenyamanan dan kebersihan kamu penting dijaga ketika masa menstruasi.

Cara memakai pembalut
Komentar (79)
A

An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Oke
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
Ya
a month ago
An
Anonymous
♥️
a month ago
An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
♥️
a month ago
An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
♥️
a month ago
floating-icon