Kembali

Girl's Life

Berikut Manfaat Bersepeda Bagi Wanita, yuk Cari Tahu!

Berikut Manfaat Bersepeda Bagi Wanita, yuk Cari Tahu!


Hobi bersepeda bisa jadi opsi aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan secara rutin. Seperti yang diketahui, manfaat olahraga kardiovaskular seperti bersepeda tak perlu diragukan lagi. Tak cuma buat pria saja, tapi juga untuk para wanita.

Manfaat bersepeda bagi wanita sangatlah banyak. Mulai dari menjaga kesehatan fisik kita dengan berat badan yang stabil, melatih kekuatan otot kaki, meredakan gejala menstruasi, hingga menjaga kesehatan mental kita, lho.

Buat Charm Girls yang masih ragu apakah bersepeda baik bagi wanita atau tidak, wajib tahu beberapa manfaat bersepeda bagi wanita berikut ini!

1.Menjaga berat badan

Siapa yang selama ini kesulitan menjaga berat badan? Kamu mungkin bisa mempertimbangkan punya hobi bersepeda. Soalnya, bersepeda rutin apalagi dengan intensitas tinggi, bisa membantu menurunkan kadar lemak di tubuh. Berat badan pun akan selalu ideal.

Manfaat bersepeda untuk diet sangatlah nyata. Karena olahraga ini akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, sehingga tubuh kita akan lebih efektif membakar kalori bahkan ketika sedang beristirahat. 

2.Mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes

Karena mampu menjaga berat badan ideal, tubuh pun akan terjaga dari risiko obesitas. Bersepeda bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan membentuk otot. 

Seperti yang diketahui, obesitas adalah pintu masuk bagi penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Dengan bersepeda teratur, jantung pun bakal memompa darah lebih optimal dan efektif yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3.Meredakan gejala menstruasi

Manfaat bersepeda bagi wanita selanjutnya adalah bisa meredakan gejala menstruasi. Yap, otot yang kaku dan kram bisa lebih rileks dan rasa nyeri saat haid yang sangat mengganggu itu pun bakal berkurang.

Bersepeda juga baik untuk wanita yang memasuki masa menopause karena bisa meredakan banyak gejalanya.

Oh ya, bagi kamu yang lagi menstruasi dan mau bersepeda, nggak usah khawatir bocor dengan menggunakan pembalut yang tepat. Pembalut Charm Body Fit bisa jadi pilihan.

Kamu nggak perlu khawatir bocor karena Charm Extra Maxi sudah punya teknologi bantalan elastis yang selalu kembali ke bentuk semula. Anti kerut, anti bocor. Kamu jadi bisa tetap aktif dan percaya diri bersepeda di jarak terjauh sekalipun.

Teknologi double block line dan sayap pelindungnya juga mencegah kebocoran dari belakang atau pun samping. Bebas bergerak sepanjang hari, deh! Permukaannya juga lembut. Jadi nggak perlu khawatir iritasi atau lecet dipakai olahraga seharian.

3.Meningkatkan asupan vitamin D

Makan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Kamu tak cuma bisa makan makanan sehat dan konsumsi suplemen saja, tapi juga bisa bersepeda untuk meningkatkan asupan vitamin D.

Khususnya bagi wanita yang suka bersepeda di luar rumah di pagi hari, asupan vitamin D dari sinar matahari pagi antara pukul 09.00 - 11.00 sangatlah maksimal.

4.Memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan

Kita harus menjaga posisi tubuh tetap stabil dan sepeda tetap berdiri lurus selama bersepeda. Itu tak cuma membuat postur tubuh kita jadi lebih ideal, tapi juga keseimbangan tubuh yang lebih baik.

Nah, kalau kamu rutin melakukannya, tubuh kita akan otomatis lebih mudah menjaga keseimbangan. Apalagi seiring bertambah usia, keseimbangan tubuh jadi sangat penting untuk menghindari cedera di keseharian.

5.Menguatkan otot badan dan kaki

Buat yang penasaran dan bertanya-tanya apakah bersepeda bisa mengecilkan perut buncit, jawabannya iya! Soalnya, olahraga ini bisa melatih kekuatan otot badan, termasuk perut dan punggung. Jika posisi bersepeda kita benar, otomatis perut buncit pun bisa teratasi.

Tak cuma baik untuk badan, tapi manfaat bersepeda bagi wanita lainnya adalah menjaga kekuatan otot kaki dan persendian. Bersepeda akan membuat tubuh bagian bawah, yakni otot betis, paha, dan lainnya jadi lebih kuat karena harus mengayuh pedal.

6.Menguatkan persendian

Bersepeda secara rutin juga bisa mengurangi tekanan pada sendi bagian lutut dan menguatkannya. Nantinya, hal ini bisa bermanfaat di usia tua. Risiko nyeri sendi pun akan berkurang.

7.Menjaga kesehatan mental

Ternyata, hobi bersepeda juga bisa membantu meredakan stres, depresi, hingga gangguan kecemasan, lho. Aktivitas olahraga ini bisa memicu diproduksinya endorfin alias hormon kebahagiaan yang bisa menurunkan kadar stres. Kesehatan mental pun lebih terjaga.

8.Baik untuk penderita kanker

Hobi bersepeda juga ternyata sangat baik dilakukan oleh para penderita kanker. Apalagi yang mengalami tubuh lemas akibat efek dari pengobatan. Olahraga satu ini bisa meningkatkan kesehatan dan juga kualitas hidup.

Bahkan, manfaat bersepeda bagi wanita juga berlaku untuk mencegah kanker payudara. Menurut studi oleh National Cancer Institute, wanita yang aktif secara fisik memiliki risiko 12% lebih rendah terkena kanker payudara.

9.Baik untuk ibu hamil

Terakhir, buat ibu hamil jangan melupakan hobi bersepedanya, nih. Wanita hamil memang tidak boleh melakukan jenis latihan yang berat dan berisiko. Tapi aktivitas bersepeda yang ringan bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap aktif selama kehamilan.

Bersepeda secara rutin bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular yang mendukung kesehatan kehamilan serta bisa membantu proses persalinan nantinya. Tak perlu terlalu jauh dan berat. Kamu juga bisa menggunakan sepeda statis biar lebih aman. 

Jangan lupa konsultasikan dulu pada doktermu tentang manfaat bersepeda bagi wanita yang satu ini. Selamat mencoba dan membuktikannya sendiri!

hobi bersepeda
Komentar (112)
A

An
Anonymous
Bermanfaat sekali infonya
9 days ago
Balas
An
Anonymous
ok
9 days ago
Balas
An
Anonymous
ok
9 days ago
Balas
floating-icon