Kembali

Girl's Life

Posisi tidur yang baik saat haid, apa saja?

Posisi tidur yang baik saat haid, apa saja?


Kram menstruasi membuat tidur malam jadi tidak nyaman karena fluktuasi hormon dalam tubuh. Usaha untuk mengatasi haid saat tidur bisa dilakukan dengan menggunakan Charm pembalut celana yakni Charm Sleep Protect+ Panties yang dapat mencegah bocor,  namun selain itu posisi tidur juga ternyata mempengaruhi proses haid, salah satunya adalah meredakan kram menstruasi. 

Tidak sedikit perempuan merasa lebih sulit tidur saat menstruasi. Pada artikel ini, akan dijelaskan bagaimana posisi tidur yang berbeda dapat meredakan kram dan membantu Charm Girls tidur lebih nyenyak selama menstruasi.

Posisi tidur yang baik saat haid

Posisi tidur apa yang terbaik untuk nyeri haid adalah dengan tidur dalam posisi yang tepat bisa mengurangi tekanan pada otot perut. Tidur telentang atau miring dapat membantu.

1. Posisi janin atau fetal

posisi tidur untuk nyeri haid dengan posisi janin direkomendasikan untuk mengurangi kram menstruasi. Posisi ini mirip dengan posisi saat janin berada di dalam rahim, di sisi Charm Girls jika tidur seperti ini adalah dengan lutut terselip di dada.

Posisi tidur yang baik saat haid seperti ini bisa mengurangi tekanan pada otot perut. Tekanan yang tidak perlu pada otot perut dapat menyebabkan rasa sakit dan kram ekstra selama menstruasi.

2. Posisi pemulihan

Posisi ini biasanya digunakan untuk membantu memasukkan lebih banyak oksigen ke saluran udara sambil menunggu layanan darurat tiba. Charm Girls bisa berbaring miring dengan kaki bagian bawah lurus dan kaki bagian atas ditekuk ke arah perut dapat memberikan pelepasan perut yang sama seperti posisi janin, serta meningkatkan kapasitas pernapasan. Posisi ini memungkinkan seseorang mengambil lebih banyak oksigen dan bisa tingkatkan kualitas tidur.

3. Child pose

Charm Girls bisa lakukan ini sebelum tidur untuk relaksasi dan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Posisi child’s pose adalah salah satu gerakan yoga yang berfungsi untuk memberikan waktu istirahat. Posisi ini mengurangi rasa nyeri di tulang belakang dan meredakan rasa kram di perut.

Untuk melakukan posisi child’s pose, mulailah dengan pose berlutut, tekuk tubuh ke arah depan, lalu letakkan lengan sejajar di samping kaki atau di depan kepala. Kemudian atur nafas untuk menenangkan diri.

Posisi tidur yang dihindari saat haid

Di atas sudah dijelaskan soal posisi tidur yang baik saat haid. Namun, ada juga sejumlah posisi tidur yang harus dihindari saat haid yakni tidur dengan posisi telungkup.

Posisi telentang juga tidak direkomendasikan selama menstruasi, karena tekanan berlebih pada perut berpotensi menyebabkan rahim berkontraksi lebih banyak, mengeluarkan lapisan rahim lebih cepat, mengakibatkan pendarahan yang lebih berat saat tidur malam hari.

Pada akhirnya, Cham Girls perlu mendengarkan tubuh sendiri. Jika Charm Girls mendapati diri tidur dalam keadaan gelisah membolak-balikan badan tetaplah dalam posisi yang membuat merasa tidak nyaman selama beberapa detik lebih lama dan lihat bagian tubuh mana yang meminta perhatian. Rasa sakit adalah respons tubuh yang sangat cerdas, memberi tahu bahwa ada sesuatu yang perlu diubah.

Selain memperhatikan posisi tidur yang baik saat haid, ada berbagai faktor lain yang dapat membantu kualitas tidur lebih baik saat haid dan mengurangi rasa kram.

Pertama adalah mengatur tidur agar terasa nyaman. Misalnya mengatur suhu ruangan, menggunakan botol atau bantal panas, minum secangkir teh jahe atau coklat hangat.

Kemudian, banyak perempuan mengalami gejala mood negatif pada hari-hari menjelang menstruasi loh Charm Girls. Jika stres membuat kamu terjaga di malam hari, cobalah mendengarkan musik yang menenangkan atau mesin derau putih, atau mungkin bersantai dengan mandi air hangat dan menggunakan minyak esensial sebelum tidur.

Pertahankan kebersihan tidur yang baik ya Charm Girls, jika kamu mengalami kesulitan tidur selama menstruasi, biasakan untuk menjaga kebersihan tidur yang baik. Bisa juga gunakan kacamata penghalang cahaya biru atau kurangi waktu layar sebelum tidur, buat rutinitas malam hari, dan usahakan untuk menjaga waktu tidur yang konsisten.

Charm Girls juga bisa membuat buku harian tidur jika merasa khawatir soal siklus menstruasi yang memengaruhi tidur ini. Kamu dapat melacak bagaimana perubahan gejala mungkin terkait dengan kualitas istirahat malam. Setelahnya, jika memang sangat mengganggu apalagi disertai dengan kram yang bahkan bisa membuat aktivitas terganggu total, Charm Girls sebaiknya segera temui dokter ya.

Terakhir, untuk menjaga kenyamanan kamu bisa menggunakan Charm pembalut celana yakni CHARM Sleep Protect+ Panties. Charm Girls bisa mencegah bocor dengan perlindungan penuh dari segala sisi, daya serapnya dua kali pembalut malam jika dibandingkan dengan pembalut malam panjang 42 sentimeter. Bukan hanya itu, desain dan bahannya seperti celana dalam.

Dengan menggunakan Charm pembalut celana, perlindungan penuh dari segala sisi, bebas gerak tanpa khawatir bocor karena pembalut tidak bergeser. Kamu juga bakal tetap merasa menawan karena desain yang menarik dan bahan selembut kain sehingga nyaman digunakan semalaman.

Posisi tidur saat menstruasi
Komentar (16)
A

Fy
Fitri yanti agustina
Ok
9 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
9 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
9 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
9 days ago
An
Anonymous
Ok
9 days ago
An
Anonymous
Ok
9 days ago
An
Anonymous
Ok
9 days ago
floating-icon