Kembali

Girl's Life

Mitos dan Fakta Seputar Manfaat Tidur Tanpa Bra

Mitos dan Fakta Seputar Manfaat Tidur Tanpa Bra


Girls, kamu tipe orang yang tidur dengan bra atau tanpa bra, nih? Banyak orang mengatakan kalau tidur dengan bra bisa menghambat pertumbuhan payudara, bahkan menyebabkan kanker payudara. Sebenarnya, itu mitos atau fakta, sih?

Pada dasarnya, nggak ada dampak negatif untuk kamu yang gemar tidur menggunakan bra. Akan tetapi, para ahli mengatakan kalau tidur tanpa pakaian ketat, terutama bra, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Artikel ini mungkin bisa membantu Charm Girls yang masih ragu akan manfaat tidur tanpa bra. Yuk, simak bersama untuk mengetahui lebih lanjut manfaat tidur tanpa bra bagi kesehatan tubuh dan mental, serta mitos dan fakta yang beredar tentang ini!

Manfaat tidur tanpa bra bagi kesehatan 

Sejak dulu, sebagian perempuan diajarkan untuk melepas bra sebelum tidur agar terhindar dari penyakit. Sementara yang lainnya diajarkan untuk mengenakan bra saat tidur agar bentuk payudara tetap indah. Jadi, mana yang lebih baik, ya?

Girls, meski ada banyak alasan dan perdebatan mengenai manfaat melepas bra saat tidur, kamu bisa memilih mana yang nyaman untukmu. Namun, para ahli mengatakan kalau tidur tanpa bra memiliki manfaat yang lebih besar daripada kerugiannya.

Berikut merupakan manfaat tidur tanpa bra yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu.

1. Tidur tanpa bra memperlancar sirkulasi darah

Pakaian ketat memang nggak direkomendasikan untuk dipakai saat tidur. Pasalnya, ketika kamu berbaring, saluran pernapasan bagian atas akan menyempit. Penyempitan tersebut membuat udara jadi lebih sulit mencapai paru-paru.

Nah, beberapa bagian bra memang didesain ketat dan menekan tubuhmu. Bayangkan apabila bra dipakai semalaman penuh, sirkulasi darah  dan udara pun akan terganggu. Hal itu bisa menyebabkan pusing dan kram otot. Oleh karena itu, para ahli mengatakan tidur tanpa bra lebih baik karena bisa memperlancar sirkulasi darah.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Ternyata, tidur tanpa bra bisa meningkatkan kualitas tidurmu, Charm Girls. Bra dipakai dengan melilitkan talinya di sekitar tulang rusuk. Jika bra dikenakan semalaman, tulang rusukmu tentu nggak bisa mengembang sepenuhnya dengan bebas. Makanya, kamu disarankan untuk melepas bra sebelum tidur agar tidur terasa lebih nyenyak.

3. Mencegah iritasi kulit

Kamu pasti tahu kalau beberapa bra memiliki pengait, tali, atau kawat yang berbahan kasar. Kalau bahan-bahan yang kasar ini terlalu sering bergesekan dengan kulit, kamu bisa mengalami iritasi.

Ketika tidur, kamu nggak akan menyadari pergerakan dan pergesekan bra dengan kulit. Meskipun iritasi yang disebabkan oleh bra nggak tergolong parah, ini bisa menimbulkan rasa nggak nyaman. Maka dari itu, melepas bra sebelum tidur merupakan pilihan yang baik. 

4. Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah perubahan warna kulit akibat tingginya jumlah melanin (pigmen pemberi warna) pada bagian tubuh tertentu. Gesekan terus-menerus antara bra dengan kulit bisa merangsang produksi melanin yang lebih banyak lagi. Akibatnya, muncul bintik-bintik hitam serta perubahan warna kulit yang nggak merata.

Nah, bra yang super ketat bisa menyebabkan perubahan warna kulit permanen. Untuk mencegah hal ini, kamu dapat mempertimbangkan untuk melepas bra terlebih dahulu sebelum tidur.

5. Mencegah infeksi jamur

Jamur senang berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembap. Nah, bra yang dikenakan seharian atau semalaman bisa menjadi tempat yang ideal untuk jamur. Itu sebabnya, kamu dianjurkan melepas bra saat tidur untuk mencegah infeksi jamur.

6. Mempertahankan fungsi payudara

Penelitian menunjukkan kalau mengenakan bra saat tidur bisa berdampak negatif pada sistem limfatik. Ini merupakan sistem yang mengedarkan cairan getah bening di seluruh tubuh. 

Agar sistem limfatik nggak terganggu, sebaiknya lepas bra sebelum tertidur. Dengan begitu, kamu pun jadi terhindar dari risiko peradangan kronis pada payudara, Charm Girls!

Mitos dan fakta yang beredar tentang tidur tanpa bra

Setelah mengetahui berbagai manfaat melepas bra sebelum tidur, mungkin sekarang kamu jadi ingin mencobanya. Namun, ternyata banyak pula yang masih ragu karena takut akan beberapa mitos berikut.

1. Meningkatkan risiko kanker payudara

Banyak yang percaya kalau kanker payudara berasal dari bra. Pemakaian bra diyakini dapat membatasi aliran getah bening sehingga menyebabkan penumpukan racun pada payudara. Namun, ternyata itu hanya mitos, ya, Girls!

2. Bikin payudara kendur

Katanya, tidur tanpa bra bisa bikin payudara jadi kendur atau melorot. Ketakutan ini pun membuat banyak perempuan ogah melepas bra saat tidur agar bentuk payudaranya tetap indah. Hal ini memang benar adanya dan mungkin bisa terjadi.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa payudara memang akan kendur akibat pertambahan usia dan gravitasi. Keduanya tentu nggak bisa dihindari. Jadi, sekalipun kamu memakai bra saat tidur, kendurnya payudara bisa tetap terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Masalah peredaran darah

Ternyata, masalah sirkulasi darah pada payudara bisa disebabkan oleh bra yang terlalu ketat. Meski begitu, Charm Girls yang gemar mengenakan bra saat tidur nggak perlu khawatir. Kamu bisa memilih bra yang lembut dan nggak terlalu ketat.

Nah, itu dia ulasan mengenai manfaat, mitos, dan fakta mengenai tidur tanpa bra. Bisa disimpulkan bahwa tidur tanpa bra memang lebih sehat. Namun, pilihan untuk memakai atau melepas bra saat tidur tetap tergantung dengan kenyamananmu.

manfaat melepas bra saat tidur
Komentar (15)
A

An
Anonymous
Good info
10 days ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
10 days ago
Balas
Cm
Cut mutia
Makasih ilmunya
10 days ago
Balas
floating-icon