Kembali

Girl's Life

Apakah Boleh Terapi Akupresur Saat Sedang Haid?

Apakah Boleh Terapi Akupresur Saat Sedang Haid?


Nyeri saat haid adalah hal normal yang harus kita rasakan selama tamu bulanan datang. Jika rasa nyeri masih dalam tahap wajar dan tidak ada keluhan lain yang mengarah pada dismenore, kamu tak perlu khawatir. 

Apalagi sekarang ada banyak cara untuk meringankan rasa sakit ketika menstruasi. Kamu tak melulu harus mengonsumsi obat nyeri haid paling ampuh atau konsumsi makanan pereda nyeri haid saja, karena ada alternatif lain untuk cara mengatasi nyeri saat haid yakni terapi akupresur.

Akupresur adalah teknik pengobatan tradisional dari China. Menurut prinsip pengobatan tradisional China, ada sebuah jalur energi yang tidak terlihat dalam tubuh yang disebut meridian. Ada sekitar 14 meridian yang menghubungkan organ tubuh dengan bagian tubuh lain.

Sekilas namanya mirip dengan akupuntur. Tapi keduanya berbeda ya, Charm Girls. Perbedaan akupuntur dan akupresur terletak pada cara pengobatannya.

Teknik akupresur dilakukan dengan cara memberikan tekanan di bagian tubuh tertentu, yakni 14 meridian tersebut,  menggunakan siku, tangan, atau alat bantu khusus.Sementara terapi akupuntur menggunakan bantuan jarum.

Tapi, apakah cara ini cukup aman dilakukan ketika kita sedang menstruasi? Kita bahas bersama, yuk!

Manfaat Terapi Akupresur

Sebelumnya, Charm Girls wajib tahu dulu kalau manfaat terapi akupresur secara umum ada banyak banget. Seperti meredakan rasa sakit, mual, meredakan stres, sakit pilek, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Sementara akupresur saat nyeri haid sangat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang kita alami selama periode PMS maupun menstruasi datang. Misalnya, gejala nyeri saat haid seperti kram perut bagian bawah, sakit kepala, sakit pinggang, perut kembung, dan lainnya.

Seperti diketahui, penyebab nyeri haid adalah kontraksi pada rahim yang menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Hal itu juga menyebabkan pelepasan senyawa prostaglandin dari jaringan rahim yang bakal menimbulkan nyeri haid pada area sekitar alat reproduksi wanita, yakni perut, punggung, atau pinggang.

Nah, di sinilah terapi akupresur berperan. Teknik pengobatan ini berfungsi untuk merangsang aliran darah, sistem limfatik, serta hormon dalam tubuh. Tak itu saja, manfaat akupresur juga membuat otot-otot tubuh khususnya yang ada di perut jadi lebih rileks sehingga nyeri menstruasi terasa lebih ringan.

Bahkan menurut ahli fertilitas dan pendiri Seeds of Innocence Dr. Gauri Agarwal, akupresur pada beberapa bagian titik tubuh bisa membuat nyeri haid lebih ringan hanya dalam waktu 2 jam saja!

Dilansir KlikDokter, kamu bisa coba memijat antara ibu jari dan telunjuk, limpa, serta sekitar lipatan lutut untuk meredakan nyeri saat haid hari pertama. Pijat bagian tersebut secara perlahan selama beberapa menit. Jangan lupa tarik napas dalam-dalam dan secara perlahan.

Apakah Aman Dilakukan Saat Haid?

Sekarang pertanyaannya, apakah akupresur aman dilakukan saat haid? Dilansir Detik dari jurnal penelitian Metode Akupresur untuk Meredakan Nyeri Haid, pengaruh akupresur terhadap dismenore memang ada.

Akupresur bisa meredakan rasa sakit pada tubuh. Entah nyeri saat haid atau pun rasa sakit yang disebabkan hal lain. Sejauh ini juga tak ada masalah yang ditimbulkan dari terapi akupresur yang dilakukan wanita ketika sedang menstruasi.

Pada dasarnya, ini adalah pengobatan tradisional yang sudah turun temurun dilakukan, dipercaya dari generasi ke generasi sehingga dirasa sudah cukup aman.

Namun, ada baiknya kalau kamu mengunjungi ahli akupresur profesional agar pengobatan lebih terjaga. Kamu juga bisa konsultasikan lebih dulu pada dokter tentang apakah terapi ini aman untuk dilakukan atau tidak untuk kondisimu. 

Apalagi terapi alternatif ini juga bisa jadi sangat sakit bagi beberapa orang. Selain itu, bisa jadi titik yang ditekan bakal jadi memar, bengkak, atau nyeri. 

Selain melakukan terapi akupresur, kamu juga nggak boleh lupa menggunakan pembalut terbaik untuk membuat hari-harimu lebih nyaman. Kalau lagi banyak-banyaknya, pembalut Charm Extra Dry Slim paling pas buat nemenin kamu.

Dengan inovasi baru extra dry sheet yang lembut dan nyaman, cairan sebanyak apa pun bakal bisa terserap dengan cepat. Apalagi, inovasi tersebut juga mampu menyerap gumpalan kental seketika tanpa tertinggal di permukaan, lho. Alhasil, bebas lembab, tetap kering, dan kamu bisa nyaman jalani aktivitas padat seharian!

Ada tiga varian yang tersedia, yakni Wing 23 cm dan Wing Long 25 cm buat aliran yang deras banget. Sementara di malam hari, jangan lupa pakai yang varian Night 29 cm biar tidurnya tenang, ya!

nyeri saat haid
Komentar (5)
A

Ci
Citra
Ok
2 days ago
Balas
An
Anonymous
Makasih infonya
2 days ago
Balas
An
Anonymous
Bermanfaat banget
2 days ago
Balas
floating-icon