Kembali

Girl's Life

Cek Siklus Menstruasi dengan Aplikasi Datang Bulan. Efektif Gak, ya?

Cek Siklus Menstruasi dengan Aplikasi Datang Bulan. Efektif Gak, ya?


Sekarang, kamu tak perlu lagi mengingat atau mencatat periode menstruasi secara manual karena sudah ada aplikasi datang bulan yang bisa diunduh dan digunakan di smartphone kita. Kini kamu bisa memprediksi tanggal datang bulan secara tepat, nggak perlu khawatir kelupaan!

Seperti diketahui, siklus haid pada wanita kan berbeda-beda. Jadi, Charm Girls tak bisa mengandalkan kesamaan tanggal dengan ibu, saudara, atau teman. Makanya, melacak siklus dengan kalender menstruasi online cukup bisa jadi andalan.

Aplikasi menstruasi biasanya punya fitur kalender untuk memprediksi tanggal menstruasi. Beberapa juga bisa sekaligus mencatat suasana hati, jumlah darah yang keluar, aktivitas fisik kita, durasi dan kualitas tidur, konsumsi air, dan masih banyak lagi.

Kegunaan Aplikasi Menstruasi dan Masa Subur

Berkat fitur-fitur canggihnya, ada banyak kegunaan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi menstruasi akurat. Apa saja, ya?

1.Tahu tanggal PMS

Pre-menstrual syndrome (PMS) adalah periode di mana perempuan bakal merasakan gejala-gejala fisik dan emosional sebelum menstruasi. Misalnya, nyeri payudara, mood swing, dan lainnya.

Nah, kalau menggunakan aplikasi menstruasi Indonesia kamu bisa memprediksi kapan PMS datang dan bisa menyiapkan diri menghadapinya. Misalnya, sudah siap sedia obat kram perut atau bawa pembalut kemana-mana agar kalau tiba-tiba haid, kamu jadi nggak perlu panik bocor!

2.Mendeteksi masalah menstruasi

Manfaat mencatat siklus haid adalah, kamu bisa mencari tahu apakah ada masalah atau tidak. Coba perhatikan dalam beberapa bulan, apakah tanggal menstruasimu sesuai prediksi? Atau malah lebih cepat atau terlambat? Apakah periode menstruasimu terlalu panjang atau malah terlalu pendek?

Jika dirasa tidak normal, kamu bisa mengetahui masalah tersebut lebih cepat dan langsung berkonsultasi dengan dokter untuk menanganinya.

3.Tahu masa subur untuk merencanakan kehamilan

Bagi yang sedang merencanakan kehamilan, mencatat siklus dengan aplikasi menstruasi terbaik bisa sangat membantu, lho. Kamu bisa mengetahui kapan kira-kira masa subur berlangsung, yakni biasanya di hari ke 12-14 setelah haid hari pertama.

Selain itu, buat kamu yang ingin mencegah kehamilan juga bisa memanfaatkan kalkulator menstruasi ini sebagai KB alami dengan tidak berhubungan intim selama masa subur.

4.Mempersiapkan agenda khusus

Misalnya, Charm Girls ingin liburan ke alam bebas, ikut perlombaan, atau menunaikan ibadah haji/umrah, tentunya kamu ingin semua itu tak terganggu dengan kehadiran tamu bulanan, kan?

Dengan aplikasi period tracker, kamu bisa mempersiapkan pembalut, pakaian dalam ekstra, hingga obat-obatan tertentu yang bisa mencegah rasa tidak nyaman selama haid muncul. Kamu bahkan bisa siap-siap dengan menunda menstruasi jika diperlukan dan diizinkan dokter, lho.

Cara Menggunakan Aplikasi Kalender Menstruasi

Nah, buat kamu yang sudah tertarik banget menggunakan aplikasi menstruasi remaja tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya, sebenarnya tidaklah sulit, kok.

Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi menstruasi gratis di Play Store atau App Store. Kini sudah ada banyak pilihan, masing-masing memiliki fitur terbaik untuk membantu kamu melewati siklus bulanan ini, Charm Girls. 

Beberapa aplikasi yang cukup populer misalnya; Clue, Flo Period & Evolution, Eve Tracker App by Glow, Cycles, Period Diary, dan masih banyak lagi. Walaupun berbeda, tapi cara menggunakannya relatif sama, kok. 

Setelah mengunduh aplikasi datang bulan gratis tersebut, kamu akan diminta untuk sign-up atau membuat akun. Jika sudah selesai, kamu bisa langsung memasukkan data kesehatan dan rekam jejak siklus menstruasi.

Rekam jejak tersebut diperlukan agar aplikasi kalender haid gratis ini bisa memberikan prediksi yang akurat. Beberapa data yang biasanya diperlukan adalah;

  • Default cycle: rentang waktu rata-rata berakhirnya siklus menstruasi ke menstruasi berikutnya.
  • Period length: lama periode menstruasi dalam satu siklus.
  • Default ovulation: siklus ovulasi hormonal.

Jika tidak ingat datanya, tak masalah. Kamu bisa mengisinya secara default saja, nanti sistem akan menyesuaikan.

Kalau sudah mengisi data, kamu hanya perlu menandai siklus menstruasi secara rutin. Cukup tandai kapan hari pertama dan hari terakhir datang bulan. Kalau ada fiturnya, kamu bisa juga memasukkan suasana hati yang kamu rasakan pada hari itu, serta volume darah yang keluar.

Nantinya, aplikasi datang bulan tersebut bakal menghitung otomatis kapan tanggal menstruasi kamu di siklus berikutnya. Biasanya juga ada fitur yang memberikan notifikasi jika siklus haid sebentar lagi tiba.

Setelahnya, Charm Girls juga bisa menganalisis siklus menstruasi dari grafik yang tersedia. Periksa apakah siklus teratur atau tidak setiap bulannya, dan apakah ada indikasi gangguan kesehatan reproduksi atau tidak. Biasanya, aplikasi tersebut juga sudah menyediakan informasi dan analisis mereka secara lengkap.

Kalau data siklus haid kamu kurang sesuai dengan saat pertama kali mengaturnya, kamu masih bisa mengubahnya agar prediksi jadi lebih akurat!

Pakai Aplikasi Kalender Datang Bulan, Efektif atau Tidak?

Setiap aplikasi haid dan hamil, tentunya punya sistem yang cukup tepat untuk memprediksi siklus menstruasi atau masa subur kamu.

Walaupun sudah dicatat otomatis di aplikasi, kamu juga wajib tahu rekam jejak tubuhmu sendiri dalam beberapa bulan belakangan. Dengan begitu, aplikasi yang digunakan bisa memprediksi secara lebih akurat.

Selain itu, kamu juga harus paham masa menstruasi dan siklus haid bulananmu. Umumnya, siklus terjadi rata-rata setiap 25-35 hari sekali. Sementara masa menstruasi yang normal adalah sebulan sekali dengan total 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun kalender. Biasanya, lama menstruasi akan berlangsung 3-7 hari.

Tak itu saja, kamu juga bisa pilih aplikasi yang sudah memiliki review dan rating tinggi dari pengguna, serta pihak profesional seperti dokter. Kamu bisa tanya pada doktermu apakah ada aplikasi yang direkomendasikan.

Sudah pakai aplikasi menstruasi Indonesia? Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan pembalut terbaik setiap kali tanggal haid mau datang, ya.

Salah satu yang paling bisa diandalkan untuk jaga-jaga seharian adalah pantyliner Charm yang punya banyak varian. Kamu bisa pilih pantyliner Charm Cooling Fresh, Charm Long & Wide, Charm Comfort Slim, atau Charm Double Fresh.

Semuanya punya lembaran yang tipis banget, tapi bisa menyerap cairan dengan sempurna. Cocok kalau kamu banyak aktivitas, tapi mau jaga-jaga kalau-kalau si tamu bulanan datang. 

Pantyliner Charm juga bisa banget jadi andalan di hari-hari terakhir menstruasi, lho. Khususnya ketika flek coklat masih tersisa, dan kamu sudah nggak nyaman pakai pembalut yang terlalu tebal. Dengan aplikasi datang bulan dan pembalut Charm, kamu pasti bisa menaklukan segalanya!

aplikasi menstruasi
Komentar (90)
A

Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Ok
11 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
10 days ago
An
Anonymous
Ok
10 days ago
An
Anonymous
Ok
10 days ago
An
Anonymous
Ok
10 days ago
An
Anonymous
Ok
11 days ago
Balas
An
Anonymous
Ok
11 days ago
Balas
An
Anonymous
U
11 days ago
An
Anonymous
Y
11 days ago
An
Anonymous
Y
11 days ago
An
Anonymous
Y
11 days ago
floating-icon