Kembali

Girl's Life

Seberapa penting menjaga alat reproduksi perempuan ya?

Seberapa penting menjaga alat reproduksi perempuan ya?


Alat reproduksi perempuan atau biasa dikenal sebagai miss V adalah organ tubuh yang penting sekali dijaga kebersihan dan kesehatan nya. Tapi sebelum membahas lebih jauh lagi, yuk kita kenali dulu apa itu alat reproduksi perempuan. Organ reproduksi perempuan terdiri atas vulva, klitoris, vagina, rahim, tuba falopi dan ovarium. Alat reproduksi perempuan memiliki banyak peran, yaitu sebagai organ seksual, haid, pembuahan sel telur, kehamilan dan proses persalinan. 

Terus, masing-masing bagian ini peran nya apa ya? Vulva adalah bagian reproduksi wanita yang menjaga dan melindungi vagina bagian dalam. Vulva terdiri dari labia mayora, labia minora dan klitoris. Nah, klitoris adalah organ yang terletak di atas vulva dan biasa nya ditutupi oleh lapisan kulit, pada klitoris terdapat ribuan syaraf. Sedangkan, pada organ reproduksi perempuan bagian dalam terdapat vagina sebagai liang yang menyambungkan mulut rahim dengan vulva.

Setelah Charm Girls kenal alat reproduksi wanita dan bagaimana organ tersebut memiliki peran yang penting di kehidupan kita. Kita perlu membahas penting nya menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan. Organ reproduksi merupakan organ intim yang mungkin sering dilupakan kebersihan nya dan kesehatan nya karena ada di area tertutup. Tapi jangan salah loh, organ reproduksi yang sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Nyatanya, banyak perempuan pernah mengalami ketidaknyamanan di daerah intim nya dikarenakan infeksi vagina. Aduh, kok bisa muncul ya? Infeksi vagina dan gangguan lain nya dapat muncul karena area alat reproduksi perempuan yang kurang higienis atau bersih. Hal ini memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menimbulkan iritasi di daerah vulva dan membuat pH vagina (nilai kadar asam vagina) menjadi tidak seimbang. 

Ketidakseimbangan pH vagina juga berperan dalam pemunculan gangguan pada vagina. Iritasi atau gangguan yang biasa nya muncul adalah seperti infeksi jamur vagina atau vaginitis, vaginosis bakteri, keputihan, gonore dan klamidia. Penting sekali bagi kamu untuk menjaga kadar pH mu agar selalu imbang, karena pH vagina punya peran penting untuk menjaga bakteri baik dalam vagina.

Karena abai dalam menjaga kebersihan alat reproduksi perempuan dapat berujung ke kesehatan organ reproduksi yang terganggu. Ingat ya, kesehatan alat reproduksi sama penting nya dengan menjaga kesehatan organ lain di tubuh kita. Terus, bagaimana sih cara menjaga kesehatan nya? Yuk, kita simak bersama.

Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita ada berbagai macam cara nya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti

1.Membersihkan organ reproduksi dengan rutin

Mencuci area intim sangat lah penting dilakukan dalam menjaga kebersihan nya, terutama setelah buang air. Kamu bisa mencuci organ intim dengan air bersih yang mengalir dan sesekali boleh menggunakan sabun yang tidak ber-parfum dan tidak mengandung alkohol serta antiseptik. Sering memakai sabun di area organ intim tidak disarankan karena dapat membunuh bakteri baik di dalam vagina.

Cara membasuh organ reproduksi juga perlu kamu perhatikan nih, Charm Girls. Ingat untuk selalu membasuh dari depan ke arah belakang (area anus). Hal ini dilakukan untuk menghindari kuman dan bakteri dari daerah anus berpindah ke bagian reproduksi wanita.

2.Jaga area alat reproduksi untuk tetap kering

Hal ini ngga kalah pentingnya dengan mencuci organ intim kamu. Setelah membasuh area intim, ada baik nya jika kamu menggunakan handuk atau tisu kering untuk mengeringkan alat reproduksi perempuan. Perhatikan selalu agar area vagina tidak basah karena air atau keringat.

Kamu juga disarankan untuk memakai pakaian dalam dan celana yang tidak ketat serta berbahan katun. Kenapa? Agar area kewanitaan mu tidak lembab dan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Ingat juga ya, untuk selalu mengganti pakaian dalam secara reguler dengan pakaian dalam bersih yang kering. 

3.Makanan yang sehat

Asupan makanan yang bergizi memiliki manfaat baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita. Kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin, probiotik, lemak baik, zinc dan protein yang seimbang. Makanan-makanan seperti yoghurt, sayuran dan buah-buahan dapat membantu menjaga keseimbangan pH vagina mu.

Kamu juga perlu untuk selalu tetap terhidrasi. Dengan minum 8 gelas air tiap hari nya, niscaya tubuh kamu akan tetap sehat dan akan berpengaruh positif terhadap kesehatan bagian reproduksi wanita. Sering-sering minum air putih, ya!

4.Gunakan pembalut yang tepat

Ngga jarang kita sering merasa risih di area intim ketika masa haid. Jangan dicuekin ya, karena hal ini berpengaruh terhadap kesehatan alat reproduksi wanita. Memilih dan menggunakan pembalut yang tepat akan membantu kamu untuk memiliki area intim yang sehat. Serta menjaga kenyamanan kamu selama haid.

Produk-produk pembalut dari Charm seperti Charm Extra Comfort dan Charm Extra Dry adalah sahabat yang cocok menemani kamu di masa haid. Pembalut dari Charm dipercaya tidak akan menimbulkan iritasi serta sangat nyaman untuk dipakai sehari-hari. Kamu jadi nggak perlu khawatir deh karena dijamin anti lembab dan anti bocor. Charm Girls so pasti akan jatuh cinta dari pemakaian pertama.

Penjelasan di atas bisa kamu lakukan sebagai rangkaian self care untuk menjaga alat reproduksi kewanitaan agar terhindar dari penyakit dan gangguan. Masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan alat reproduksi perempuan, antara lain seperti olahraga dan mengelola stress. Selalu dijaga pola hidup sehat nya, ya Charm Girls!

Kesehatan bagian reproduksi wanita tidak kalah penting untuk dijaga
alasan nya adalah agar terhindar dari infeksi dan penyakit yang mengganggu
Komentar (34)
A

An
Anonymous
Ok
4 days ago
Balas
An
Anonymous
ok
3 days ago
An
Anonymous
Ok
4 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Hesti Noviyanti
sip
3 days ago
An
Anonymous
Ok
4 days ago
Balas
An
Anonymous
hmmm
3 days ago
floating-icon