Kembali

Girl's Life

Berikut efek begadang bagi wajah. Apa saja ya?

Berikut efek begadang bagi wajah. Apa saja ya?


Terlalu sering begadang hingga menyebabkan kurang tidur ternyata punya banyak efek pada tubuh manusia, penyakit akibat begadang juga bisa timbul. Efek begadang bagi wajah juga akan terasa jika kamu tidak mengubah kualitas tidur loh Charm Girls.

Pengertian begadang menurut KBBI adalah kebiasaan terjaga sampai larut malam dan tidur sampai pagi. Begadang itu kerap dikaitkan dengan insomnia, namun dua hal ini ternyata berbeda Charm Girls.

Jangan karena kita asik scroll video-video viral, kualitas tidur jadi terganggu, atau karena masalah  tugas di sekolah yang menumpuk Charm Girls jadi memaksakan untuk tidak tidur hingga matahari terbit.

Kebiasaan begadang adalah salah satu kebiasaan yang buruk bagi tubuh. Efek begadang bagi wajah juga akan terasa karena diri kamu butuh istirahat setelah melakukan berbagai aktivitas di siang harinya.

Dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan begadang ternyata sangat banyak. Mulai dari kualitas tidur dan pola tidur jadi terganggu. Tidur adalah kebutuhan dasar bagi manusia, dan untuk itu kualitas tidur harus jadi perhatian. Jumlah waktu tidur juga berbeda tergantung usia:

  • Lansia (65+ tahun) = 7-8 jam
  • Dewasa (18-64 tahun) = 7-9 jam
  • Remaja (14-17 tahun) = 8-10 jam
  • Anak sekolah (6-13 tahun) = 9-11 jam
  • Anak-anak pra sekolah (3-5 tahun) = 10-13 jam
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam
  • Bayi (4-11 bulan) = 12-15 jam
  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam

Efek begadang bagi wajah

Charm Girls, kebiasaan begadang membuat tubuh jadi tidak punya cukup waktu untuk meregenerasi sel yang ada termasuk sek kulit wajah, akhirnya efek begadang bagi wajah. 

Kurang tidur bagi wajah bisa membuat penampilan seseorang terlihat kurang sehat dan tampak lesu, tak jarang orang yang kurang tidur menerima berbagai pertanyaan seperti “Kok lesu banget, kurang tidur ya”. Berikut adalah beberapa efek begadang bagi wajah.

1. Muncul lingkaran hitam dekat mata

Lingkaran hitam di sekitar mata atau mata panda kerap dikaitkan dengan kelelahan dan kurang tidur. Jika seseorang sering begadang kulit akan kehilangan elastisitas dan kekenyalannya, termasuk area kulit di bawah mata. Matan panta akhirnya muncul sebagai imbas dari kurang tidur.

Kondisi ini akan mempengaruhi penampilan loh Charm Girls. Salah satu penyebab munculnya mata panda juga karena konsumsi makanan asin atau garam sebelum tidur.

2. Jerawat di wajah

Kebiasaan begadang juga bisa membuat wajah berjerawat. Kurang tidur justru akan memperparah kondisi wajah seseorang yang sedang berjerawat. 

Stres yang melanda juga terkadang membuat seseorang kurang tidur, akhirnya jumlah hormon kortisol meningkat di dalam tubuh. Jika hormon ini terlalu tinggi maka tubuh akan rentan pada peradangan dan tidak bisa melawan sistem kekebalan tubuh.

3. Wajah terlihat tua

Kebiasaan begadang memberi efek wajah tampak lebih tua. Karena saat tidur tubuh akan memproduksi kolagen yang bisa mencegah tubuh dari tanda-tanda penuaan dini, dengan menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit sekaligus menghalangi adanya pembentukan kerutan di wajah. 

4. Wajah tampak lebih kusam

Efek begadang bagi wajah adalah membuat wajah jadi lebih kusam, tubuh tidak bisa beristirahat dengan optimal dan proses regenerasi sel-sel kulit mati jadi tidak bisa berjalan secara optimal/

Sel kulit mata yang rusak karena paparan sinar matahari atau kotoran jadi menumpuk, wajah akan tampak tidak cerah dan kulit jadi tidak merata, hingga akan muncul garis-garis halus di wajah.

Kondisi ini berbeda-beda pada setiap orang. Semakin tua usia seseorang maka akan terlihat jelas efek dari begadang pada wajah.

Cara atasi efek begadang bagi wajah

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir efek begadang bagi wajah, namun yang paling terpenting adalah untuk berupaya mengurangi kebiasaan begadang jika memang sedang tidak ada urusan yang mendesak.

  • Minum air yang banyak akan membantu tubuh dan wajah terhidrasi, sehingga jika kurang tidur wajah masih terlihat lebih segar.
  • Gunakan sendok dingin yang sudah diletakkan di freezer untuk mengatasi mata sembab, mata panda atau kantung mata.
  • Perbaiki pola tidur dengan waktu yang sesuai
  • Perawatan kulit yang baik dan benar dapat membantu wajah untuk regenerasi kulit.

Penyakit akibat begadang

Namun Charm Girls, selain memiliki efek pada wajah, begadang juga bisa berpengaruh signifikan loh pada tubuh. Penyakit akibat begadang bisa muncul karena tubuh kurang beristirahat.

1.Penurunan hormon hingga risiko obesitas

Leptin dan ghrelin punya fungsi untuk mengatur rasa lapar dan kenyang di tubuh manusia. Jika seseorang kurang tidur maka kadar hormon leptin bisa menurut dan tubuh akan merasa lapar, makan jadi berlebih dan berisiko obesitas.

2.Jadi pelupa

Saat tidur otak akan mengalami proses regenerasi sel yang berguna untuk perkuat ingatan. Proses ini juga bakal pindahkan memori ingatan ke bagian otak yang punya fungsi sebagai penyimpanan memori jangka panjang. Jika terlalu sering begadang maka semua proses tersebut akan terhambat dan meningkatkan rasa kantuk, Charm Girls jadi berpotensi pelupa dan sulit konsentrasi.

3.Menurunkan kemampuan seseorang berpikir

Kebiasan begadang bisa mengurangi daya nalar loh Charm Girls, kemampuan memecahkan masalah dan juga konsentrasi.

Kebiasaan begadang
Penyakit akibat begadang
Komentar (15)
A

Avatar Profile Image
Anisa
bner sih....aku sering banget begadang
11 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Fita wahyuni
Sering banget ni
11 days ago
Balas
An
Anonymous
Betul sekali penjelasan nya cha
11 days ago
Balas
floating-icon