Kembali

Girl's Life

Apa saja ya makanan sehat untuk jerawat?

Apa saja ya makanan sehat untuk jerawat?


Ketika PMS atau masa haid jerawat mudah sekali muncul di wajah kita, karena ada faktor hormonal yang menyebabkan kulit kita memproduksi sebum berlebih. Pasti nya itu bikin mood Charm Girls semakin memburuk, bukan? Tapi kamu tau ga kalo ada faktor lain yang bisa mempengaruhi timbul nya jerawat? Yups, makanan. Sebagai sumber gizi utama untuk tubuh kita, makanan sangat lah penting peran nya untuk kesehatan kulit dan wajah, loh

Konsumsi makanan tertentu dapat mempengaruhi hormon di tubuh. Oleh karena itu penting banget untuk kamu mengkonsumsi makanan sehat untuk jerawat agar ga semakin-makin breakout nya. Peningkatan sebum di wajah dan konsumsi makanan berlemak memiliki hubungan yang cukup erat. Makanan berlemak dapat memicu unsur komedogenik dan inflamotogenik.

Tentunya, ngga melulu jerawat timbul karena makanan. Didukung dengan faktor genetik, hormonal dan gaya hidup dapat mempengaruhi kondisi breakout mu. Tapi dengan menjaga pola makan yang sehat untuk kesehatan wajah juga ngga rugi, kan? Simak yuk makanan apa aja yang perlu kamu konsumsi dan hindari supaya jerawat ga kian bermunculan.

Berikut adalah list makanan yang perlu kamu kurangi konsumsi nya secara berlebih untuk menghindari kulit wajah kamu agar tidak menjadi lahan tumbuh nya jerawat.

1.Dairy atau olahan susu

Makanan olahan susu banyak sekali ragamnya seperti susu, keju dan yoghurt. Makanan-makanan tersebut sering kali kita konsumsi sehari-hari karena mengandung kadar kalsium yang tinggi.

Tapi, ternyata olahan susu juga dapat memicu pertumbuhan jerawat, loh. Kok bisa ya? Di dalam olahan susu ada kandungan asam amino yang dapat memicu produksi sebum pada kelenjar minyak kulit kita. Ditemukan bahwa makanan olahan susu atau dairy food dapat memicu sekresi insulin dan produksi hormon IGF-1, hormon ini berperan penting dalam timbul nya jerawat di wajah.

2.Makanan berminyak

Gorengan dan makanan cepat saji mungkin adalah makanan yang kita gemar konsumsi untuk mengisi perut. Selain rasanya yang memang enak makanan-makanan ini juga relatif murah. Sayang nya, kamu perlu nge-rem kadar konsumsi gorengan mu, nih.

Gorengan dan makanan cepat saji memang sudah langganan untuk menjadi pantangan bagi kesehatan tubuh. Karena kadar garam dan lemak nya yang tinggi, makanan berminyak seperti gorengan dan makanan cepat saji dapat memicu jerawat berlebih di wajah kamu. 

3.Makanan manis

Terkadang ketika dilanda PMS, pengen nya pasti makan yang manis-manis agar suasana hati jadi lebih happy. Makanan mengandung gula juga diketahui membuat kita lebih ber-energi. Loh, kok tapi kenapa kita harus kurangi konsumsi nya ya?

Makanan dengan gula tambahan dipercaya dapat memicu tubuh kita untuk memproduksi insulin berlebih dan akhir nya mendorong tingkatan kadar hormon IGF-1, seperti makanan dengan olahan susu. Hal ini juga dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebih dan memperparah kondisi jerawat di wajah kamu.

4.Whey Protein

Charm Girls yang aktif gemar olahraga pasti udah ngga asing lagi dengan whey protein. Mengonsumsi Whey Protein memang dibutuhkan untuk memenuhi asupan protein dan untuk pertumbuhan massa otot. 

Namun, hal yang kamu perlu ketahui adalah whey protein juga ada andilnya dalam merangsang timbul nya jerawat. Whey protein hadir sebagai sumber yang kaya akan asam amino leusin dan glutamine. Hal ini menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit serta membelah dengan cepat. Hal ini dapat memicu timbul nya jerawat di permukaan wajah.

Makanan-makanan pemicu pertumbuhan jerawat sudah kita bahas. Sekarang kamu juga perlu tahu makanan anti jerawat yang tentu nya kaya dengan nutrisi dan sehat untuk kulit dan wajah kamu.

1.Makanan yang mengandung Omega 3

Omega 3 adalah asam lemak yang memiliki banyak manfaat nya bagi tubuh. Salah satu nya adalah untuk kesehatan kulit dan wajah. Kamu bisa menemukan Omega 3 di dalam kandungan ikan laut dan telur. 

Omega 3 dipercaya dapat menurunkan efek inflamasi pada kulit. Sehingga omega 3 dapat meredakan gejala jerawat dan mencegah pertumbuhan jerawat di area kulit yang lain. Kamu bisa konsumsi salmon, telur omega 3 dan chia seeds untuk merawat kesehatan kulit kamu.

2.Makanan yang kaya akan vitamin A

Makanan-makanan seperti wortel dan ubi jalar dapat membantu kamu melawan jerawat, loh. Beberapa penelitian menemukan rendah nya kadar vitamin A dalam tubuh dapat meningkatkan pertumbuhan jerawat.

Ubi jalar dan wortel mengandung kadar vitamin A yang berasal dari beta karoten yang membantu kulit wajah untuk meredakan peradangan. Selain itu, ubi jalar juga bisa membantu meratakan warna kulit kamu dan juga bisa menjadi makanan yang ramah bagi kamu yang sedang diet.

3.Makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi

Antioksidan memiliki peran sebagai zat kimia yang menetralkan toxin atau racun dalam tubuh. Antioksidan bisa kamu temukan di makanan-makanan seperti lemon, teh hijau, brokoli dan kale. 

Antioksidan dapat berfungsi dalam membantu kulit melawan jerawat karena efek anti inflamasi nya serta memicu regenerasi kulit. Sehingga, sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan dan juga mengandung banyak vitamin menjadi makanan yang bagus untuk jerawat.

4.Makanan rendah glikemik

Makanan yang mengandung kandungan glikemik yang rendah seperti biji-bijian punya hubungan dengan kadar gula di tubuh kita. Biji-bijian memiliki kadar gula sederhana yang rendah dan itu merendahkan potensi break out jerawat di wajah.

Sedangkan, lawan dari makanan rendah glikemik seperti nasi putih, tepung dan gula dianggap menjadi pemicu risiko peradangan jerawat pada kulit. Biji-bijian dan kacang-kacangan bisa jadi makanan pelengkap untuk salad atau sup supaya kamu bisa konsumsi lebih sering untuk  wajah yang bebas dari jerawat.

Nah, Charm Girls menarik juga ya belajar mengenai kandungan-kandungan dalam makanan yang bisa menimbulkan jerawat dan membantu menghilangkan jerawat. Jangan lupa juga untuk tidur yang cukup, olahraga dan jaga kebersihan tubuh kamu untuk kulit yang lebih sehat dan glowing!

Makanan yang bagus untuk jerawat
makanan anti jerawat
Komentar (159)
A

Pp
Puput permata sari
Ok
12 days ago
Balas
KS
Kumala Sari
Ok
12 days ago
Balas
Ap
Atri pujiningsih
Ok
12 days ago
Balas
floating-icon