Kembali

Girl's Life

Cara Mengatasi Haid Jika Tidak Ada Pembalut? Bagaimana ya?

Cara Mengatasi Haid Jika Tidak Ada Pembalut? Bagaimana ya?


Walaupun sudah berusaha mengingat-ingat tanggal dimulainya siklus menstruasi atau bahkan mencatatnya di aplikasi kalender khusus, gak jarang si tamu bulanan bisa saja datang tanpa permisi.

Entah lebih cepat atau lebih lambat, darah haid bisa tiba-tiba keluar tanpa kita duga sebelumnya. Charm Girls pernah mengalaminya?

Kalau hal itu terjadi ketika kita lagi di rumah atau di sekolah dengan akses ke pembalut yang cukup mudah, mungkin itu gak jadi masalah. Nah, kalau kita lagi di tempat yang gak menyediakan pembalut sama sekali? 

Kira-kira ada gak ya, cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut? Ada dong! Charm Girls gak perlu lagi panik dan khawatir darah bocor, karena ada beberapa alternatif benda yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti pembalut saat kondisi darurat.

1.Kertas toilet

Kamu lagi gak menyimpan pembalut di tas? Teman pun gak ada yang membawanya? Kamu bisa pergi ke kamar mandi umum. Lalu cari kertas toilet yang biasanya ada di area cuci tangan itu. Kamu bisa mengatasi haid pakai tisu karena daya serapnya cukup bagus, lho.

Ambil kertas toilet dalam jumlah banyak, lalu lipat sampai mencapai ketebalan yang diinginkan. Buat lapisan yang cukup tebal jika memang aliran darah dirasa sudah cukup banyak. Letakkan di tempat pembalut biasanya, deh.

2. Kapas

Mungkin kita memang tidak akan membawa kapas kemana pun kita pergi. Namun, siapa tahu kamu membawanya, benda yang satu ini bisa juga digunakan sebagai cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut.

Bentuk kapas jadi berbentuk persegi panjang, lalu bungkus dengan kertas toilet. Kalau tidak ada, bungkus dobel dengan gulungan tisu jenis lain atau bisa juga dengan kain bersih. Lalu gunakan sebagai bantalan penahan aliran darah.

Hindari menggunakan kapas langsung tanpa dilapisi tisu toilet atau kain lainnya, karena serabut-serabut pada kapas bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada area vagina.

Kapas seperti ini biasanya bisa bertahan sekitar 1-2 jam karena daya serapnya yang cukup bagus. Cukup untuk memberi kamu waktu mencari pembalut. 

3. Lap

Sebelum menggunakannya sebagai pengganti pembalut, pastikan dulu lap tersebut bersih ya, Charm Girls. Selain itu, pastikan juga lap bisa menyerap cairan dengan baik. Lipat lap bersih menjadi bentuk persegi panjang. Lalu tempatkan di tempat kamu biasa memasang pembalut di celana dalam. 

Kamu bisa juga mengikat bantalan lap tersebut dengan tisu toilet panjang supaya tidak mudah bergeser ketika beraktivitas.

Ini memang bukan solusi permanen karena lap tidak akan bisa bertahan lama dan menyerap banyak cairan. Jadi, gunakan waktu tersebut untuk mencari pembalut, menstrual cup, atau tampon.

4. Waslap

Buat cewek-cewek aktif yang mudah berkeringat, mungkin bakal rutin membawa waslap untuk menyeka keringat. Nah, kalau kondisi darurat kayak gini terjadi, kamu bisa memanfaatkan waslap untuk pembalut pengganti.

Charm Girls cukup lipat waslap jadi persegi panjang lalu tempatkan di tempat pembalut biasa dipasang di celana dalam. Cegah kebocoran di hari pertama haid dengan menambahkan lembaran plastik di bawah kain waslap.

5. Kaus kaki

Tak perlu panik lagi ketika lupa bawa pembalut, karena kamu bisa memanfaatkan kaus kaki sebagai bantalan penyerap darah haid. Kaus kaki punya daya serap cairan, terutama keringat, yang sangat baik. Kamu bisa juga memanfaatkannya untuk menyerap darah haid.

Lapisi kaus kaki dengan kertas toilet atau tisu agar tidak mudah bergeser di celana dalam. Ini juga bisa mengurangi rasa gatal ketika memakai kaus kaki sebagai pembalut. Itu bisa jadi cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut yang mudah dan praktis, Charm Girls.

Menstruasi dan sakit perut bagian bawah

Seperti yang kita tahu, menstruasi adalah momen yang cukup menakutkan bagi para remaja. Apalagi buat yang baru beberapa kali mengalaminya. Selain adanya aliran darah yang mungkin terasa aneh, kita juga harus berhadapan sama yang namanya nyeri perut saat menstruasi.

Saat haid sakit perut bagian bawah sebenarnya normal kok, tapi memang mengganggu banget, tuh! Kondisi bernama dismenore ini memang bisa bikin gak nyaman, apalagi kalau rasa sakitnya lagi terasa parah. Bisa sampai mengganggu rutinitas, lho.

Memangnya kenapa saat haid sakit perut bagian bawah, sih? Itu semua disebabkan adanya perubahan material kimia alami bernama prostaglandin dalam tubuh. 

Material tersebut dibuat di lapisan rahim dan memiliki efek seperti hormon yang menyebabkan otot dan pembuluh darah rahim berkontraksi sehingga menyebabkan rasa nyeri yang kuat.

Itulah kenapa saat haid perut bagian bawah sakit bukannya di bagian lain. Bahkan saking parahnya, rasa nyeri tersebut bahkan bisa menjalar sampai ke punggung bawah dan paha, lho.

Memang deh, sulitnya jadi wanita tuh harus berhadapan sama hal-hal seperti ini rutin setiap bulan. Makanya, walaupun sudah ada cara mengatasi menstruasi jika tidak ada pembalut, sebaiknya Charm Girls tetap siap sedia membawa pembalut, tampon, atau menstrual cup kemana pun.

Salah satu pilihan yang gak ribet sih, kamu bisa coba bawa Pantyliner Double Fresh dari Charm. Pantyliner yang satu ini lapisannya tipis banget, jadi kamu bisa membawanya dengan mudah karena bisa diselipkan gitu aja di tas terkecil sekali pun. Ukurannya hanya 140 mm aja!

Tapi jangan ragukan kemampuannya. Pembalut ini bisa menyerap cairan dengan sempurna, jadi bisa banget diandalkan sebagai pengganti pembalut yang sebenarnya untuk sementara waktu.

Selain itu, pantyliner ini punya 2 lapisan sekaligus, lho. Kamu bisa langsung membuka lembar atas untuk ganti ke lembar baru. Praktis banget kalau lagi ribet ganti pembalut. Gak perlu takut kalau tiba-tiba menstruasi tapi gak punya pembalut, pakai Pantyliner Double Fresh aja!

cara mengatasi haid saat tidak ada pembalut
Komentar (501)
A

An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Weah
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Yeah
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
Lohyeah
a month ago
An
Anonymous
Sip
a month ago
floating-icon